Viral! Diduga Rem Blong, Truk Seruduk Pesta Pernikahan di Gedung Kesenian Balikpapan
Sebuah truk nomor polisi AG 8806 UB menubruk Gedung Kesenian Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (22/7/2023) pukul 15.40 Wita. (Foto: Tangkapan layar)

Viral! Diduga Rem Blong, Truk Seruduk Pesta Pernikahan di Gedung Kesenian Balikpapan

Siwindumedia.com – Sebuah truk bermuatan kardus menyeruduk gedung kesenian yang tengah digunakan untuk acara pernikahan di Balikpapan, Sabtu (22/7/2023). Tepatnya di Gedung Kesenian, di kawasan Jalan Syarifudin Yoes, Kelurahan Sepinggan Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan, sekitar pukul 15.45 Wita.

Berdasarkan informasi yang beredar, mobil truk mengalami rem blong. Dinding gedung nyaris ambruk lantaran jebol tertabrak bagian depan truk. Keluarga pengantin tampak panik dan sedih lantaran acara pernikahan kedua mempelai terpaksa berhenti. Para tamu juga berlarian menyelamatkan diri.

Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Ropiyani, mengatakan dari hasil olah TKP yang telah dilakukan jajarannya, penyebab kecelakaan itu terjadi karena rem tangan truk blong dan sopir memasang posisi gigi tiga. Akibatnya, engine break yang bisa digunakan untuk mengurangi kecepatan tidak berfungsi.

Awalnya, sebelum kecelakaan itu, kernet truk itu memasang ganjal pada roda belakang truk itu. Namun, karena ganjal itu tidak terpasang sempurna, truk meluncur bebas sejauh 120 meter ke arah gedung kesenian yang tengah menggelar resepsi pernikahan.

“Sehingga tiba-tiba longsor langsung menabrak ke gedung kesenian. Gedung kesenian ini ada kegiatan acara resepsi pernikahan dan kebetulan acaranya ini sudah hampir selesai, tetapi masih banyak anggota keluarga dari kedua mempelai. Terjadinya truk ini meluncur sekitar 120 meter dari atas ke bawah kurang lebih tadi sudah dilakukan olah TKP. Waktu lagi parkir habis memindahkan barang,” kata Ropiyani kepada awak media di lokasi kecelakaan, Sabtu (22/7/2023).

Kompol Ropiyani menuturkan kronologi kecelakaan itu. Dikatakan, kecelakaan truk menabrak gedung resepsi pernikahan ini bermula saat truk bernomor polisi AG 8806 UB itu melakukan bongkar muatan di ujung jalan untuk kedua kalinya. Kemudian, saat truk itu akan parkir, rem tangan truk itu ternyata blong alias tidak berfungsi yang mengakibatkan truk itu meluncur bebas ke arah gedung kesenian.

Padahal, saat itu di dalam gedung kesenian, tengah berlangsung resepsi pernikahan pasangan Lulu Luqyana dan Muhammad Hibaturrachman.

“Pada hari Sabtu pukul 15.33 Wita, di gedung kesenian ternyata sopir truk ini memang sudah dua kali melakukan kegiatan untuk barang muatan itu plastik, dan karton, plastik sama kardus gitu yang rencana akan dibawa ke Jawa. Kemudian dia parkir di situ muatannya sudah ditaruh di truk. Rem tangannya itu tidak berfungsi,” kata Ropiyani.

Kendati tak ada korban jiwa dalam musibah kecelakaan itu, kerugian materiel ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Cek Juga

Pengelolaan Parkir di Cilimus Disoal, Dishub Diminta Bijak

Pengelolaan Parkir di Cilimus Disoal, Dishub Diminta Bijak

SejuSiwinduMedia.com – 4 perintis lahan parkir di sejumlah titik wilayah Cilimus, meminta Dinas Perhubungan (Dishub) …