Uniku resmi telah diluncurkan buku hasil karya dosen-dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual UNIKU yang berjudul “Seni, Desain, dan Media dalam Perspektif Komunikasi Visual”.

DKV Uniku Rilis Buku “Seni” Komunikasi Visual

SiwinduMedia.com – Buku hasil Karya dosen-osen Uniku Program Studi Desain Komunikasi Visual UNIKU yang berjudul “Seni, Desain, dan Media dalam Perspektif Komunikasi Visual” resmi diluncurkan, Buku yang ditulis oleh Azhar Natsir Ahdiyat, Elin Herlina, Jerry Dounald Rahajaan, Rika Nugraha, Sigit Setya Kusuma, dan Yulyanto ini diluncurkan bersamaan dengan dibukanya rangkaian acara DKVEST Volume ke-4, Kamis (20/07/2023).

Buku yang berisi berbagai penelitian ilmiah yang membahas lingkup keilmuan seni, desain, media, dan komunikasi.Tidak hanya itu penulis juga menuangkan tentang bidang ilmu seni, desain, dan media. Pemikiran tersebut diperoleh melalui eksplorasi gagasan, ide, kreativitas, metode, dan cara berpikir para penulis yang berorientasi pada rasionalitas akan proses dan hasil.

Konteks seni, desain, dan media yang dimaksud pada buku ini dijelaskan oleh salah satu penulisnya, Azhar N. Ahdiyat, M.Ds., “…tertuang dalam bentuk kajian, penciptaan dan atau perancangan beragam artifak budaya dengan berbagai tema khusus, meliputi folklore, cultural studies, fotografi, ilustrasi, seni gambar, desain grafis, kriya, multimedia, dan komunikasi.” ungkapnya.

Baca Juga:  Media Jadi Tangan Kanan, Uniku Ajak Diskusi Para Wartawan

Lanjutnya, menyoal tentang perspektif komunikasi visual, lanjut Azhar bahwa “beragam konteks pembahasan tersebut coba para penulis wujudkan sebagai upaya penyatuan berbagai latar belakang keilmuan yang berbeda ke dalam sebuah perspektif, yakni komunikasi visual”katanya.

Buku ini diterbitkan secara resmi oleh Deepublish, sebuah perusahaan penerbit buku yang terletak di Yogyakarta. Hampir seluruh tulisan yang ada di dalam buku tersebut telah terpublikasikan sebelumnya yang kemudian dihimpun menjadi sebuah buku.

Dengan diluncurkannya buku ini, menjadi sebuah penanda bahwa buku ini merupakan buku perdana yang ditulis bersama-sama oleh para dosen DKV Uniku yang nantinya diharapkan akan terus berlanjut.

“Buku ini memang jadi semangat kami untuk nantinya melanjutkan penulisan buku-buku selanjutnya, baik ditulis bersama-sama maupun secara individu oleh dosen DKV Uniku, harapan kami ini menjadi titik tolak awal kiprah para dosen sehingga menjadi manfaat yang berharga baik bagi mahasiswa kami maupun lembaga program studi, fakultas, dan universitas,” ucap Jerry Dounald Rahajaan, Kepala Prodi DKV Uniku.

Selain itu, dalam momuntum ini juga akhirnya ditambahkan dua konten acara yakni Finex 3 (Final Exhibition atau Pameran Karya Skripsi Mahasiswa DKV) dan peluncuran buku yang telah dibahas tadi.

Baca Juga:  Moment Idul Adha 1444 H, UNIKU kurban 1 ekor sapi dan 6 kambing

“Kita melihat momentum bersatunya unsur mahasiswa, dosen, dan alumni dalam satu rangkaian acara, sehingga pada acara DKVEST Vol.4 ini kami bersinergi dengan himpunan mahasiswa untuk menyelenggarakan acara tersebut dalam satu kesatuan.” Ucap Sekretaris Prodi DKV, Sigit Setya Kusuma,

Wakil Rektor III, Dr. Novi Satria Pradja, memberikan sambutan yang sekaligus membuka acara secara resmi, mengatakan bahwa, pada kali ke-empat dirinya menghadiri acara DKVEST ini dan sangat mengapresiasi semangat dari mahasiswa-mahasiswi DKV yang terus menyelenggarakan acara seperti ini dengan tetap berinovasi dan berkreasi.

“Di satu sisi juga rekan-rekan mahasiswa khususnya di Fakultas Ilmu Komputer terus berprestasi di berbagai ajang kemahasiswaan, hal tersebut sangat membantu Uniku untuk semakin maju dan berkembang. Saya harap ini terus berlanjut dan semakin banyak lagi kegaiatan maupun prestasi yang dihasilkan oleh teman-teman di FKOM. Insyaallah, sarana dan prasarana untuk menunjang hal-hal itu akan kami upayakan ke depannya,” harapnya

Cek Juga

Mahasiswa Unisa Berbagi Ilmu Pengolahan Ubi Jalar di Desa Nanggerang

Mahasiswa Unisa Berbagi Ilmu Pengolahan Ubi Jalar di Desa Nanggerang

SiwinduMedia.com – Kegiatan seminar sebagai salah satu bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, kembali digelar Himpunan …