38 Peserta UKW Lolos Uji dan Dinyatakan Wartawan Kompeten
Sesi foto bersama peserta UKW Angkatan 64 dan 65 Tahun 2023 dengan Jajaran Pengurus PWI Jawa Barat, di Ballroom Hotel Aston Cirebon, Kamis (20/7/2023). Foto: Purnomo Widodo/Siwindumedia.com

38 Peserta UKW Lolos Uji dan Dinyatakan Wartawan Kompeten

SiwinduMedia.com – Sesuai Peraturan Dewan Pers Nomor 1 tahun 2010, yang diperbarui dengan Peraturan Dewan Pers, Nomor 4, tahun 2017, tentang Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW).

Ada enam tujuan utama SKW yaitu meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi penghasil karya intelektual, menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan, dan menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.

Untuk mewujudkan SKW buat para jurnalis atau wartawan tersebut, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, menyelenggarakan road show Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 64 dan 65, tahun 2023.

Road show UKW Angkatan 64 dan 65, tahun 2023, atas inisiasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk program 1000 peserta UKW se-Jabar. Acara yang berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis (19-20/7/2023), di Ballroom Hotel Aston Cirebon.

Wartawan dari berbagai media yang ada di wilayah III Cirebon, bahkan dari luar kota pun banyak yang ikut mendaftar menjadi peserta UKW. Dari jenjang Muda, dan Madya. Untuk jenjang Utama di UKW Cirebon ini tidak ada peserta yang mengikuti. Peserta yang tercatat mendaftar sebanyak 61 orang, mengundurkan diri 8 orang. Total wartawan yang mengikuti ujian seleksi menjadi 53 orang.

Baca Juga:  3 Mahasiswa Uniku Ikuti Mobility Program ke Universiti Utara Malaysia

Dalam kegiatan yang dibuka langsung Gubernur Jabar, Ridwan Kamil tersebut, Pengurus PWI Jabar sekaligus memberi penghargaan kepada pria yang akrab disapa Kang Emil ini. Yakni penghargaan Darma Saharsa Utama, sebagai inisiator program 1.000 peserta UKW di Jabar.

Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat dalam sambutannya, mengapresiasi program 1.000 peserta UKW se-Jabar. Menurutnya, road show program 1.000 peserta UKW justru saat ini banyak ditiru daerah lain. Hal itu tentunya tidak lepas dari peran penting dan bantuan Gubernur Ridwan Kamil yang selama ini memang dikenal dekat dengan kalangan media.

“Pak gubernur sudah menunjukan hal yang esensial. Dia sangat peduli dengan kualitas wartawan. Akhirnya provinsi Jabar mau membantu program ini, dan wartawan yang mau ikut UKW bisa mengikuti secara gratis,” kata Hilman.

Proses ujian masing-masing jenjang akan dilaksanakan selama dua hari. Para peserta harus menyelesaikan 10 jenis ujian, dengan target standar nilai kelulusan yang harus dicapai masing-masing jenis ujian, yaitu minimal harus 70.

Akhirnya sekitar pukul 13.00 WIB, diwakili oleh AnggotaKomisi Kompetensi PWI Pusat, Wawan Djuwarna mengumumkan hasil ujian. Dimana dari jumlah 53 orang peserta, 38 orang yang dinyatakan kompeten atau lulus. Sisanya 15 orang dinyatakan tidak kompeten atau tidak lulus.

Baca Juga:  Resmi! Iwan Bule Jadi Wakil Dewan Pembina DPP Gerindra Gantikan Sandiaga Uno

“Persentasi kelulusan UKW Cirebon sekitar 71,69%, dan sampai saat ini baru UKW di Karawang saja yang mencapai kelulusan sampai 100%,” ujar Wawan.

Ditengah acara penutupan, panitia meminta perwakilan dari peserta untuk memberikan testimoni nya selama mengikuti UKW. Deri Yusvira Sudrajat dari media Dialog Indonesia, ditunjuk sebagai perwakilan dari peserta jenjang Muda. Menyampaikan bahwa, dengan mengikuti UKW ini bisa mendapat pengalaman baru dan ilmu baru.

“Kita jadi tau aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik, terutama mengenai kode etik jurnalistik yang harus kita pegang  sebagai seorang jurnalis,” ucap Deri.

Sementara untuk perwakilan jenjang Madya, dipilih Nur Via Pahlawanita dari media Radar Cirebon.
“Banyak sekali ilmu yang didapat dalam UKW ini, terima kasih untuk PWI Kota/Kabupaten Cirebon dan PWI Jabar yang sudah memfasilitasi adanya event ini,” kata perempuan berhijab ini.

“Untuk yang sudah kompeten, jangan berpuas diri dulu, dan untuk rekan-rekan yang belum kompeten, jangan rendah diri, terus semangat, masih ada kesempatan untuk mengikuti UKW-UKW selanjutnya,” sambung Via.

Baca Juga:  Tolak Pakai Jaket PSI, Gibran Sebut Dirinya Masih Ber-KTA PDI Perjuangan

Di sesi sambutan terakhir, Tantan Sulthon Bukhawan, Sekretaris PWI Jawa Barat, berpesan jangan sampai wartawan itu tidak tahu apa itu kode etik jurnalistik dan undang-undang pers. Karena kedua hal tersebut, merupakan pedoman untuk wartawan dalam menjalankan profesinya.

“Untuk peserta yang dinyatakan tidak kompeten atau belum lulus. Jangan berkecil hati, jangan rendah diri, tetap semangat dan terus belajar. Masih banyak kesempatan untuk mengikuti UKW kembali,” tuturnya.

Untuk road show UKW selanjutnya akan lanjut di Kota Ciamis, lalu Sukabumi, kata Tantan sekaligus menutup rangkaian acara road show UKW PWI Jabar Angkatan 64 dan 65, tahun 2023 di Kota Cirebon.

Cek Juga

Warga Desa Kaduagung Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan

Warga Desa Kaduagung Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan

SiwinduMedia.com – Dukungan kepada H Yanuar Prihatin untuk menjadi Bupati Kuningan 2024-2029 terus berdatangan. Kali …