DPD Korps Alumni KNPI Kuningan Resmi Dilantik, Dian: Siap Berkontribusi untuk Daerah
Sesi foto bersama setelah pelantikan jajaran pengurus DPD Korps Alumni KNPI Kabupaten Kuningan, periode 2023-2026, Selasa (18/7/2023). Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

DPD Korps Alumni KNPI Kuningan Resmi Dilantik, Dian: Siap Berkontribusi untuk Daerah

SiwinduMedia.com – Dewan Pimpinan Daerah Korps Alumni Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD Korps Alumni KNPI) Kabupaten Kuningan masa bhakti 2023-2026 resmi dilantik.
Bertempat di Rumah Makan Ma Ni’oh Jalan Ir Soekarno, Selasa (18/7/2023) sekitar pukul 14.30 WIB.

Pelantikan dilakukan oleh Perwakilan DPD Korps Alumni KNPI Jawa Barat, Husni F Mubarok, berdasarkan Surat Keputusan Nomor: SK-001/A.1/DPD-KA-Jabar-KNPI/VII/2023. Tentang Reposisi dan Restrukturisasi Susunan Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah Korps Alumni KNPI Kabupaten Kuningan masa bhakti 2023-2026.

Surat Keputusan tersebut ditandatangani oleh Ketua DPD Korps Alumni KNPI Provinsi Jawa Barat, H Dian Rahadian SH MH, dan Sekretaris Dr Abdy Yuhana SH MH.

Adapun Susunan kepengurusan DPD Korps Alumni KNPI terdiri dari Dewan Kehormatan yang dipimpin oleh H Momon Rochmana MM, sebagai Dewan Penasehat adalah Bupati Kuningan, dan selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah yaitu Dr Dian Rachmat Yanuar MSi, Wakil Ketua I Masuri Spd, Sekretaris Uus Yusuf SE, Bendahara Abidin Spd Msi, dan beberapa Koordinator Cabang.

Dr Dian Rachmat Yanuar MSi, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa DPD Korps Alumni KNPI adalah wadah silaturahmi pemersatu para pengurus mantan KNPI yang punya dedikasi untuk terus menjaga NKRI, Pancasila, Kebinekaan, Persatuan, dan Kesatuan Bangsa.

Baca Juga:  Pemberdayaan Generasi Muda Desa Meraih Peluang Agribisnis, Dalam Upaya Menjawab Tantangan Food Security dan Pasar Bebas Berbasis Teknologi 4.0

Tahun 2024 akan kita jelang pesta demokrasi, tentu saja alur politik ini akan bergerak bebas yang akan menghasilkan output positif dan negatif.

“Tugas kita adalah menjaga kondusifitas Kuningan, karena menurut survei Badan Intelijen Negara yang dirilis pada tahun 2022 awal, sebanyak 85% generasi muda kita sudah terpapar paham radikalisme. Ada penelitian juga dari guru besar IAIN Bandung, kurang lebih 28% termasuk guru nya juga sudah terpapar faham radikalisme,” jelas Dian.

Kemajuan era digitalisasi saat ini, kata Dian sebagai sumber tercepat akan penyebaran informasi hoaks. Dimana informasi hoaks ini dianggap benar oleh kaum milenal sebagai bentuk kebenaran dan menganggap Pancasila sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman.

Akan ada dampak lain juga dengan hadirnya informasi hoaks, yaitu dapat memecah belah masyarakat karena ketidakjelasan dan bahkan dapat menimbulkan pertikaian. Oleh karena itu, peran kita adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menjaga kondusifitas.

Husni F Mubarok, sebagai perwakilan DPD Korps Alumni KNPI Jawa Barat. Memberikan dorongan dan motivasi kepada para alumni KNPI Kabupaten Kuningan untuk menjalankan perannya dengan komitment.

Baca Juga:  Asep Nana Mulyana Calon Pj Gubernur Jabar, Perjalanan dari Hukum ke Pemerintahan

Ia menyebutkan pentingnya sinergi yang kuat antara alumni KNPI dan KNPI Kabupaten. Pemerintah, masyarakat, dan pihak lainnya agar dapat mencapai perubahan positif dan kemajuan yang berkelanjutan.

“Pemuda adalah pemimpin kaum muda Indonesia, oleh karena itu semangat harus tetap muda dengan membudayakan keinginan untuk terus maju,” tegas Husni.

Sementara itu H Momon Rochmana MM, selaku Ketua Dewan Kehormatan DPD Korps Alumni KNPI Kabupaten Kuningan, menceritakan tentang kenangan indah saat pelantikan DPD KNPI Kuningan pertama kali pada tahun 1976.

“Tahun 1976 saya menjadi saksi hidup, untuk pertama kalinya Musyawarah Daerah dilaksanakan. Awalnya struktur kepengurusan itu ditunjuk langsung oleh Bupati,” ujar Momon.

Saya kaget juga, bahwa ini model baru dalam berorganisasi. Dimana setelah dikukuhkan langsung rapat kerja. “Mungkin inj bisa diadopsi oleh Bapak Bupati, begitu melantik dinas lalu diperintahkan besoknya untuk rapat kerja,” kata Momon sambil tertawa.

Momon berpesan untuk Korps Alumni, sekarang kan sudah terorganisir, jangan sampai para alumni ini meninggalkan adiknya. Jadi antara generasi muda yang tergabung di dalam DPD KNPI bersama-sama Korps Alumni. Akhirnya tetap yang berkibar adalah sama-sama KNPI.

Baca Juga:  Memanusiakan Manusia! Hanyen Tenggono Siap Bantu Warga

“Mudah-mudahan korps ini tetap bermanfaat bagi orang lain, seperti pepatah sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Terutama untuk membantu Pak Bupati, di akhir masa jabatannya dengan mengawal program-program beliau supaya sampai garis finish. Dan meninggalkan karya besar yang bermanfaat untuk masyarakat,” harap Momon.

Untuk sambutan terakhir dari Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH, menyampaikan kebanggaannya dan mengapresiasi kontribusi serta kerja keras para alumni KNPI Kabupaten Kuningan dalam menjaga Kuningan, Jawa Barat, dan NKRI.

Melalui pelantikan dan Rakerda ini, diharapkan semangat dan dedikasi para alumni KNPI Kabupaten Kuningan, semakin terpacu untuk berkontribusi nyata dalam pembangunan Kabupaten Kuningan.

“Terlebih lagi kita akan bersama-sama menyambut pesta demokrasi, dimana ini merupakan perhelatan yang cukup rawan dan sensitif. Namun Insya Allah di Kuningan khususnya, umumnya kita berharap di Indonesia akan terbangun kondusifitas,” harap Acep.

Cek Juga

Innalillahi! Mantan Bupati Kuningan Acep Purnama Tutup Usia

Innalillahi! Mantan Bupati Kuningan Acep Purnama Tutup Usia

SiwinduMedia.com – Kabar duka datang dari Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Mantan Bupati H Acep Purnama …