PPK Cigugur Gandeng Unisa Tingkatkan Parmas Pemilu 2024

SiwinduMedia.com – Puluhan mahasiswa dari berbagai Program Studi (Prodi) Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan tampak asyik menyimak paparan demi paparan serta quiz game yang disuguhkan Panitia Pamilihan Kecamatan (PPK) Cigugur KPU Kabupaten Kuningan. Senin(17/7/2023).

Acara yang dikemas dalam dialog interaktif tersebut berlangsung pada Jumat (16 Juni), dalam program Sosialisasi Pendidikan Pemilih untuk Pemilu 2024 dengan tema “Pemilih Cerdas Generasi Millenial di Era Transformasi Digital” yang dibuka Kepala Biro BAAK Unisa, Asep Nugraha.

Ketua PPK Cigugur, Nunung Nurhasanah, S.IP., menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), dan upaya untuk mendongkrak Partisipasi Masyarakat.

“Kami mengajak para mahasiswa Unisa untuk bisa ikut mengedukasi masyarakat dalam menyikapi Pemilu 2024 secara cerdas, diantaranya, bisa menangkal berita hoax yang berseliweran di media sosial, dan juga menangkal serangan money politic, dan hal negatif lainnya,” ujar Nunung.

Generasi milenial harus sangat cerdas ketika menyikapi berbagai suguhan informasi seputar Pemilu, terutama seputar kandidat baik calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon Legislatif maupun Calon Kepala Daerah yang tentunya suguhan informasi kedepan akan semakin kompleks. Pemilih harus bisa memilih mana informasi yang mencerdaskan dan jangan terjebak pada Black Campaign (kampanye hitam).

Sejumlah mahasiswa pun berharap dengan adanya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), bisa diimplementasikan dalam menangkal berita hoax tersebut, sehingga Pemilu 2024 benar-benar menjadi Pemilu yang berkualitas, dan masyarakat pun dicerdaskan dengan suguhan informasi yang positif.

“Kami sangat berharap cyber crème kepolisian bisa berfungsi dan bisa membantu dalam Pemilu nanti,” pinta Andri, salah seorang mahasiswa Unisa.

Sementara itu, tingkat Partisipasi Masyarakat di Kecamatan Cigugur pada Pemilu 2019 berada di urutan ke-dua setelah Kecamatan Kuningan, yaitu 84,82 persen, sehingga PPK Cigugur akan berupaya keras meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat, minimal berada pada posisi yang sama. Salah satu upayanya yaitu dengan gencar melakukan sosdiklih, baik melalui PPS-PPS se-Kecamatabn Cigugur, maupun PPK yang turun langsung ke lembaga pendidikan, dan masyarakat umum lainnya.

Hadir dalam rangkaian itu, seluruh anggota PPK, diantaranya, Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas, Jusar, Divisi Logistik, Hukum, dan Pengawasan, Rudi Yanto, Divisi Data dan Informasi, Caca Cahyadi, dan Divisi Tekhnik Penyelenggara.

Cek Juga

Pemda Kuningan Bekali Ratusan Wartawan Karlipda

SiwinduMedai.com – Sebagai bentuk terjalinnya kemitraan Pemerintah Daerah dengan media massa, Pemda Kabupaten Kuningan melalui …