Ditanya Soal Peluang jadi Cawapres Anies, AHY Mengaku Semua Keputusan Tergantung Anies
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: viva)

Ditanya Soal Peluang jadi Cawapres Anies, AHY Mengaku Semua Keputusan Tergantung Anies

Siwindumedia.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) enggan berspekulasi apakah ia akan dipilih sebagai pendamping Anies Baswedan dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Usai dideklarasikan sebagai bakal calon presiden (capres) oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan, pendamping Anies memang belum juga diumumkan hingga saat ini. Partai Keadilan Sejahtera (PKS), salah satu partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan, sempat menyebut Anies bakal mengumumkan nama cawapres setelah pulang menunaikan ibadah haji pada Rabu dinihari, 12 Juli 2023.

Jika sudah ada pasangan pasti yang akan diusung, maka parpol dalam Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai Demokrat, Nasdem dan PKS dapat segera bekerja untuk mematangkan strategi pemenangan.

“Kalau bisa lebih cepat kenapa tidak. Artinya bukan menunggu siapa dengan siapa, tapi kita terus mematangkan strategi pemenangan. Kita mematangkan tim sukses pemenangan untuk bisa meyakinkan, begitu deklarasi jangan lagi baru ngobrol, jangan lagi baru diskusi, tapi sudah matang semuanya,” ucap dia.

AHY menekankan seluruh keputusan dan pengumuman cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) berada di tangan Anies Baswedan selaku capres. Hal itu mengacu pada piagam perjanjian yang disepakati oleh Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2024, BKPSDM Kuningan Ingatkan ASN untuk Netral

“Itu sudah final. Kita sudah menyerahkan semua itu ke capres kita, Mas Anies Baswedan dan tentunya beliaulah yang pada saatnya akan menyampaikan itu kepada publik,” ujar AHY.

Satu hal yang jelas, menurut AHY, nama cawapres yang dipegang Anies Baswedan memenuhi kriteria yang ditetapkan ketiga partai. Hal itu diiringi optimisme untuk membawa koalisi ketiga partai itu meraih kemenangan di Pilpres 2024.

AHY diketahui menghadiri Apel Siaga Partai Nasdem dengan didampingi sejumlah elite Partai Demokrat. Beberapa di antaranya, Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya; Bendahara Umum, Renville Antonio; dan Ketua Fraksi Partai Demokrat di MPR sekaligus Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Benny K Harman.

Acara Apel Siaga Perubahan ini disebut dihadiri oleh kader dan simpatisan Partai Nasdem dari seluruh Indonesia. Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dijadwalkan menyampaikan orasi politiknya pada perhelatan ini.

Dalam gelaran ini, capres KPP, Anies Baswedan akan menyampaikan pidato politik di hadapan simpatisan. Namun, tidak diketahui pasti apakah Anies juga mengumumkan nama cawapres yang bakal mendampinginya di Pilpres 2024 nanti. Nama AHY sendiri sering disebut sebagai salah satu bakal cawapres Anies.

Baca Juga:  Gaspoll, Partai Ummat di Kuningan Undang Perhatian

Cek Juga

Ujang Beri Kode PKB Belum Tentu Usung Yanuar Prihatin Calon Bupati

Ujang Beri Kode PKB Belum Tentu Usung Yanuar Prihatin Calon Bupati

SiwinduMedia.com – Ketua DPC PKB Kabupaten Kuningan H Ujang Kosasih, memberikan pernyataan bahwa pengumuman DPP …