Puluhan anggota Linmas mendapat penyuluhan siskamling / Foto : Iwan Setiawan/ SiwinduMedia.com

Kodim 0615/Kuningan Beri Penyuluhan Siskamling kepada Puluhan Anggota Linmas

SiwinduMedia.com – Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) dan keamanan lingkungan Puluhan anggota Linmas mendapat penyuluhan siskamling dari Kepala Desa Sukaraja, Encu Suharso, di Aula Balai Desa Sukaraja, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Sabtu (15/7/2023).

Penyuluhan siskamling ini merupakan bagian dari kegiatan non fisik dalam program TMMD ke-117 Kodim 0615 Kuningan. Adapun materi yang diberikan yakni tentang pengertian, tujuan, fungsi/manfaat dari ronda dalam siskamling untuk ketertiban masyarakat.

Kepala Desa Sukaraja, Encu Suharso menyatakan pada SiwininduMedia.com, kegiatan ronda atau monitoring wilayah desa atau kelurahan sangat penting untuk di laksanakan guna memantau dan memastikan kondisi lingkungan di wilayah yang bersangkutan. Siskamling ini dilaksanakan oleh pengurus wilayah dan linmas masing-masing RW.

“Monitoring desa atau kelurahan diharapkan semakin memicu semangat warga untuk rutin melakukan siskamling. Sebab, kegiatan siskamling atau ronda sanga penting untuk menciptakan lingkungan yang kondusif,” ujar Encu.

Menurutnya, menjaga keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan dan penegak hukum. Namun sangat dibutuhkan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kondusifitas keamanan, di wilayah yang menjadi tanggungjawab masing-masing masyarakat yang menempatinya

Baca Juga:  Jaga Kondusifitas Tahun Politik, Kodim dan Polres Kuningan Gelar Apel Gabungan

Koordinator kegiatan Danramil 1505 Ciwaru Kapten Inf Nandang menambahkan, kegiatan penyuluhan tersebut diikuti oleh 30 orang peserta baik dari anggota Linmas maupun warga setempat.

Dalam menjaga keamanan lingkungan masyarakat desa/kelurahan, Kapten Inf Nandang menyampaikan pesan kepada warga ataupun anggota Linmas yang akan melaksanakan kegiatan ronda malam di Poskamling agar selalu waspada dan mengamati lingkungan dengan melakukan patroli guna menjaga situasi agar tetap aman.

“Jaga malam di Poskamling yang selama ini dilaksanakan dapat mencegah dan mengurangi perbuatan dari orang yang tidak bertanggung jawab serta perbuatan yang menjurus kepada kegiatan kriminalitas dan deteksi dini bencana alam di wilayah,” tutupnya.

Cek Juga

Berkunjung ke Kuningan, BI Dorong Pengembangan Budidaya Melon Berteknologi e-Quanik

Berkunjung ke Kuningan, BI Dorong Pengembangan Budidaya Melon Berteknologi e-Quanik

SiwinduMedia.com – Pejabat Bank Indonesia (BI) Perwakilan Wilayah Cirebon, mengunjungi lokasi budidaya Melon Hidroponik dengan …