Kelebihan dan Kekurangan Bata Merah vs Hebel Untuk Dijadikan Bahan Bangunan
Bata merah dan bata hebel menjadi dua jenis bata yang cukup sering digunakan untuk pembangunan rumah. (Foto: kontraktormedia.com)

Kelebihan dan Kekurangan Bata Merah vs Hebel Untuk Dijadikan Bahan Bangunan

Siwindumedia.com – Salah satu kunci keberhasilan dalam mewujudkan bangunan impian adalah dalam hal memilih material terbagus, ada banyak pertimbangan dalam memilih bahan bangunan yang perlu dikaji,dipikir dan dianalisa sebelum memutuskan untuk menggunakanya atau tidak, dalam pembangunan proyek besar, sang kontraktor akan mengusulkan beberapa jenis material kepada owner atau pemilik bangunan untuk dipilih mana yang akan digunakan. nah.. berikut ini contoh beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Salah satu pertimbangan dalam memilih bahan bangunan antara lain yaitu memilih antara memakai hebel atau bata merah. Bata merah dan bata hebel menjadi dua jenis bata yang cukup sering digunakan untuk pembangunan rumah. Meski demikian, keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Bata Merah

Bata merah merupakan jenis bata yang banyak digunakan untuk membangun rumah maupun gedung. Bata merah adalah jenis bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat yang dicetak dalam bentuk dan ukuran yang sama, kemudian dibakar pada suhu tinggi.

Bata merah cenderung bersifat poros dan dapat menyerap air dengan mudah. Namun, jika tidak ditangani dengan benar maka kelembaban dapat muncul dan mempengaruhi kekuatan bangunan.

Baca Juga:  Melihat dari Dekat Pengrajin Pertama Batu Bata di Desa Kramatmulya

Kelebihan Bata Merah
– Banyak tersedia di toko bangunan
– Mudah diangkut karena ukuran lebih kecil
– Harganya cenderung murah

Kekurangan Bata Merah
– Mudah menyerap air sehingga dinding cepat lembab yang dapat memengaruhi kekuatan bangunan
– cukup berat

Bata Hebel

Bata hebel adalah jenis bahan bangunan ringan yang terbuat dari campuran beton, pasir dan gypsum. Berat bata hebel jauh lebih ringan dibandingkan dengan bata merah dan beton, jadi instalasinya lebih mudah.

Selain itu, hebel juga memiliki kemampuan isolasi termal yang baik dan dapat membantu mengurangi pendinginan dan pemanasan ruangan. Hebel juga sangat tahan terhadap api dan dapat membantu memperlambat penyebaran api jika kebakaran.

Bata hebel menggunakan pengikat seperti semen dalam proses produksinya agar lebih kuat, sehingga kekuatannya jauh lebih baik daripada bata merah yang hanya menggunakan tanah liat. Selain itu, pembuatan bata hebel juga sama dengan beton jadi bahan ini memenuhi standar untuk membuat bangunan tahan gempa.

Kelebihan Bata Hebel
– Lebih ringan
– Tahan api
– Memiliki isolasi termal yang baik
– Ketahanannya cukup baik

Baca Juga:  Melihat dari Dekat Pengrajin Pertama Batu Bata di Desa Kramatmulya

Kekurangan Bata Hebel
– Harganya cenderung lebih mahal
– Ukurannya lebih besar

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://www siwindumedia com/5342/kelebihan-dan-kekurangan-bata-merah-vs-hebel-untuk-dijadikan-bahan-bangunan

Cek Juga

Fakta Unik! Ini Alasan Rumah di Arab Berbentuk Kotak dan Tanpa Genteng

Fakta Unik! Ini Alasan Rumah di Arab Berbentuk Kotak dan Tanpa Genteng

Siwindumedia.com – Kamu pasti pernah melihat rumah-rumah di Timur Tengah yang pada umumnya berbentuk kotak …