Apa itu Threads Aplikasi Yang Baru Dirilis Instagram, Pesaing Twitter
Threads diposisikan sebagai aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk membuat percakapan publik secara real-time. (Foto: tangkapan layar google playstore)

Apa itu Threads? Aplikasi Yang Baru Dirilis Instagram, Pesaing Twitter

Siwindumedia.com – CEO Meta, Mark Zuckerberg telah merilis aplikasi terbaru yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing Twitter. Aplikasi tersebut merupakan ‘Threads’ uang menjadi bagian dari aplikasi Instagram.

Threads adalah aplikasi media sosial baru yang dirilis oleh Instagram dengan fitur dan fungsi yang mirip seperti Twitter. Threads adalah aplikasi media sosial text-based atau berbasis teks dimana pengguna bisa membagikan unggahan dalam bentuk teks, kalimat, dan tulisan.

Secara garis besar, Threads mirip seperti Twitter yang fungsinya mewadahi pengguna untuk membagikan unggahan berbasis teks. Namun tampilan dan fitur Threads sedikit lebih berbeda dari Twitter, meski beberapa fungsinya ada yang mirip.

Sebuah unggahan juga akan menampilkan jumlah reply, like, hingga repost. Pengguna juga bisa membagikan sebuah unggahan ke Instagram, baik Stories maupun Feed.

Meski mirip Twitter, tampilan Threads didominasi warna hitam dan putih, dengan nuansa yang lebih clean. Selain itu, tampilan ikon maupun menu yang digunakan sama dengan yang ada di Instagram.

Threads dan Twitter.

Perbedaan Threads dengan Twitter lainnya adalah aplikasi ini belum mendukung fitur Direct Messages. Fitur ini sebenarnya sudah hadir di Instagram, sehingga belum diketahui apakah nantinya akan hadir pula di Threads. Lalu, aplikasi Threads kemungkinan masih mengikuti algoritma di Instagram.

Dengan kata lain, pengguna Threads tidak memiliki opsi untuk menampilkan unggahan hanya dari akun-akun yang mereka follow. Saat ini, timeline Threads masih menggabungkan unggahan dari akun yang pengguna follow dengan unggahan dari akun lain.

Threads ramai disebut akan dirilis oleh Instagram setelah kabar pembatasan jumlah tweet yang bisa dibaca oleh akun di Twitter. Buat kamu yang ingin mencoba menggunakan Threads, caranya cukup mudah. Syarat utama adalah kamu harus memiliki akun Instagram.

Mengingat aplikasi ini bagian dari Instagram, pengguna yang ingin membuat akun Threads bisa langsung menghubungkan dengan akun Instagram miliknya. Nantinya, seluruh informasi termasuk username, foto, dan profil Instagram akan muncul juga di Threads.

Pengguna juga bisa mengimpor daftar akun yang mereka follow di Instagram ke Threads. Pengguna dengan akun centang biru di Instagram juga akan secara otomatis terverifikasi di Threads.

Sama seperti Instagram, pengguna juga bisa mengatur apakah akun Threads-nya terbuka untuk publik atau disetel privat. Saat ini, aplikasi Threads sudah bisa diunduh di App Store dan Google Play Store.

Cek Juga

Robot Pengantar Makanan Mulai Beroperasi Telusuri Trotoar Jepang Hari Ini

Robot Pengantar Makanan Mulai Beroperasi Telusuri Trotoar Jepang Hari Ini

SiwinduMedia.com – Seperti mobil-mobilan, dengan dominasi warna hijau berlogo “Uber Eats” tampak menerabas trotoar di …