Mengenal Jenis BBM Baru, Pertamax Green 95 yang Akan Resmi Diluncurkan Pertamina Bulan Juli ini
BBM Pertamax Green memiliki nilai RON lebih tinggi dari Pertamax, yakni 95. (Foto: ayobogor.com)

Mengenal Jenis BBM Baru, Pertamax Green 95 yang Akan Resmi Diluncurkan Pertamina Bulan Juli ini

Siwindumedia.com – Pertamax Green 95 siap diluncurkan PT Pertamina (Persero) pada Juli 2023. Produk ini, merupakan bahan bakar hasil campuran bioetanol. Pertamax Green 95 merupakan BBM terbaru yang dibuat menggunakan campuran Pertamax dengan Bioetanol sebesar 5 persen (E5).

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, BBM jenis baru itu termasuk ke dalam kategori BBM nonsubsidi.

Rencananya, BBM Pertamax Green akan dijual mulai Juli 2023. “Perkiraan (dijual) di pertengahan Juli,” ujarnya, saat dikonfirmasi pihak wartawan, Selasa (4/7/2023).

Ega mengungkap sudah ada 15 SPBU Pertamina yang siap menyediakan Pertamax Green 95 di wilayah Surabaya. Namun, saat ini masih dalam proses administrasi.

“Etanol saat ini kita menyiapkan ada 15 SPBU di Surabaya. Karena sumber bioetanolnya dari Mojokerto. Sekarang ada 15 SPBU yang siap dan sekarang tinggal tunggu administrasi niaga,” kata dia seperti ditulis, Jumat (30/6/2023).

“Kita siapkan kualitasnya di atas Pertamax. Karena (menggunakan campuran) bioetanol memberi kontribusi kenaikan octan number,” sambung Ega.

Dikutip dari Autofun.co.id, Pertamax Green 95 ini merupakan campuran bahan bakar dari Pertamax dengan etanol sebesar 5% yang berasal dari sari tebu dan singkong yang diubah menjadi biomassa.

Baca Juga:  Pertamina Segera Luncurkan Pertamax Green 95, Segini Bocoran Harganya

Karena terbuat dari bahan alami, Pertamax Green 95 mempunyai kelebihan lebih ramah lingkungan. Selain itu, kelebihan lainnya terletak di kandungan pelindung anti karat untuk mesin kendaraan bermotor.

BBM terbaru dari Pertamina yang juga dikenal dengan bioetanol ini memiliki kadar RON yang lebih tinggi dibandingkan dengan Pertamax, yakni mencapai 95.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memperkirakan, produk BBM baru RON 95 tersebut tidak akan mendapatkan subsidi dari pemerintah selayaknya Pertalite (RON 90).

“Harganya seharusnya tidak mempengaruhi yang ada sekarang. Kalau bisa jangan sampai lah. Masa subsidi lagi Pertamax,” ujar Arifin Tasrif di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Secara target, Pertamina rencananya akan meluncurkan produk BBM campuran RON 95 Pertamax 95 persen dan etanol 5 persen ini pada Juli 2023. Namun, Arifin belum bisa memastikan kapan produk baru tersebut bakal diberikan izin komersialisasi. “Kan baru uji coba, karena kuantumnya sudah memadai belum,” imbuh dia.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …