Para Purnawirawan Polri Bersatu! Kombes Pol (Purn) Irwan: Sekali Bhayangkara Tetap Bhayangkara
Acara potong tumpeng oleh Ketua PP Polri Cabang Kuningan Kombes Pol (Purn) H Irwan Sukmawan. Dalam perayaan HUT PP Polri ke -24, Rabu (5/7/2023). Foto: Purnomo Widodo/Siwindumedia.com

Para Purnawirawan Polri Bersatu! Kombes Pol (Purn) Irwan: Sekali Bhayangkara Tetap Bhayangkara

Siwindumedia.com – Bertempat di Kantor Sekretariat Jalan Veteran, Komplek Asrama Polri Kabupaten Kuningan. Rabu (5/7/2023), Persatuan Purnawirawan (PP) Polri Cabang Kabupaten Kuningan, menggelar peringatan hari jadinya ke-24. HUT PP Polri tahun ini bertema “Tetap Setia Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri, Komitmen dan Konsisten Mendukung Polri yang Presisi untuk Negeri”.

Acara yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB ini, dihadiri Wakapolres Kuningan Kompol Ricky Adipratama SH SIK MM. Tampak pula tamu undangan, jajaran pengurus serta seluruh anggota PP Polri Cabang Kabupaten Kuningan yang turut hadir.

Acara yang berlangsung khidmat ini, diawali sambutan Ketua PP Polri Cabang Kuningan, Kombes Pol (Purn) H Irwan Sukmawan SH. Ia menyampaikan, untuk keanggotaan PP Polri yang tercatat sudah cukup banyak, akan tetapi belum semuanya bisa hadir dalam acara HUT tersebut. Bahkan yang baru di tahun 2022, terdapat 21 orang yang dilepas oleh Kapolres dan yang terakhir itu ada 9 orang.

“Untuk PP Polri yang ada, baru PP Polri Cabang Kuningan yang mempunyai kantor secara resmi. Dan ini merupakan suatu kebanggaan buat kami, karena hingga saat ini kita bisa mengadakan syukuran PP Polri yang ke-24,” ujar Irwan, seraya berucap terima kasih atas kehadiran Wakapolres dan seluruh pengurus dan anggota PP Polri Cabang Kuningan.

Baca Juga:  Tarif Diskon Rp250 Ribu, Bulan Oktober 2023 KCJB Mulai Beroperasi

Sambutan kedua dari Ketua Umum PP Polri, Jenderal Polisi (Purn) Drs Bambang Hendarso Danuri MM, yang dibacakan Wakapolres Kuningan, Kompol Ricky Adipratama SH SIK MM. Bambang mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pengurus PP Polri tingkat pusat, dan seluruh pengurus yang tersebar di 34 daerah terdiri dari 375 cabang, 1.565 ranting, serta 41 paguyuban angkatan profesi, dan seluruh anggota keluarga besar Purnawirawan Polri.

Bambang kemudian berpesan, saat ini masih harus mewaspadai virus Covid-19, meskipun sudah ada keputusan dari WHO pertanggal 5 Mei 2023 tentang pencabutan status darurat global Covid-19. Keputusan tersebut diperkuat dengan keluarnya surat edaran dari Satgas Penanganan Covid-19 nomor 1 tahun 2023, tanggal 9 Juni 2023 tentang protokol kesehatan pada masa transisi pandemi menuju endemi Covid-19. Karena dikhawatirkan adanya potensi virus varian baru.

Disebutkan, 30 Juni 1969 telah dideklarasikan Organisasi PP Polri dengan Ketua Umum pertama, Jenderal Polisi (Purn) Prof Dr Awaludin Djambi MPa. Kemudian, pada 13 September 1969 meresmikan organisasi wanita yang mewadahi kegiatan istri anggota Purnawirawan Polri.

Baca Juga:  Nuzul Rachdy Kenalkan Capres Ganjar ke Kaum Milenial Melalui Kompetisi ML

Dengan dilandasi moto “Tetap Setia Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri, Komitmen dan Konsisten Mendukung Polri Yang Presisi Untuk Negeri”, kata Bambang, sangat tepat untuk diangkat pada penyelenggaraan HUT PP Polri tahun ini. Karena di tahun 2023-2024, seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia, memiliki tugas dan tantangan berat dalam mengamankan perhelatan pesta demokrasi Pemilu 2024, Pilkada, Pileg dan Pilpres. Kesemuanya itu sangat menentukan terpilihnya putra putri terbaik bangsa.

Setelah membacakan sambutan Ketua Umum PP Polri, Ricky menceritakan keberadaannya di tengah-tengah para purnawirawan itu serasa bersama dengan orang tuanya sendiri. Karena orang tuanya juga merupakan Purnawirawan Polri lulusan Akabri tahun 1976.

Di akhir perayaan HUT PP Polri tersebut, diadakan acara potong tumpeng oleh Ketua PP Polri Cabang Kuningan Kombes Pol (Purn) H Irwan Sukmawan. Untuk sajian simbolis nasi tumpeng, Irwan memberikannya kepada Ricky.

Di sela foto bersama, Kompol Ricky mengucapkan selamat ulang untuk PP Polri, dengan harapan PP Polri tetap bersinergi, kompak, dan semakin guyub. “PP Polri menjadi wadah para Purnawirawan Polri yang telah purna tugas di Kepolisian Republik Indonesia,” ucap Ricky.

Baca Juga:  DPC Apdesi Kuningan Masa Bhakti 2023-2028 Resmi di Lantik, Henny Ajak Membangun Desa, Dari Kita untuk Kita
Sesi foto bersama jajaran pengurus dan anggota PP Polri Cabang Kuningan dengan Wakapolres Kuningan, Kompol Ricky Adipratama, S.H., S.I.K., M.M,.
Foto: Purnomo Widodo/Siwindumedia.com

Di tempat yang sama, Kombes Pol (Purn) H Irwan Sukmawan SH, berpesan untuk seluruh anggota yang sudah Purnawirawan agar tetap eksis, tetap menjaga komitmen sesuai moto “PP Polri yang Tetap Setia, Sekali Bhayangkara Tetap Bhayangkara, Sekali Berjuang Tetap Berjuang”.

“Menjelang Pemilu 2024, PP Polri sebagai organisasi, kita tetap netral sesuai dengan arahan pimpinan pusat. Tapi sebagai individual, silahkan sesuai dengan pilihannya masing-masing,” pungkas Irwan menegaskan.

Cek Juga

Warga Desa Kaduagung Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan

Warga Desa Kaduagung Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan

SiwinduMedia.com – Dukungan kepada H Yanuar Prihatin untuk menjadi Bupati Kuningan 2024-2029 terus berdatangan. Kali …