PT Pertamina (Persero) bakal merilis produk Bahan Bakar Minyak (BBM) baru dalam waktu dekat. (foto: detik.com)

Pertamina Segera Luncurkan Pertamax Green 95, Segini Bocoran Harganya

Siwindumedia.com – PT Pertamina (Persero) berencana meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru pada bulan Juli ini. Produk tersebut merupakan hasil campuran bioetanol ini dinamakan Pertamax Green 95.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury pun membocorkan harga per liter dari Pertamax Green 95. Dirinya mengungkapkan Pertamax Green 95, BBM bioetanol besutan Pertamina, bakal dijual Rp13.500 per liter. Rencananya, BBM tersebut akan diluncurkan pada pekan ketiga Juli 2023.

“Sekitar Rp13.500 mungkin. Uji coba penjualan sudah dilakukan di Jatim. Launching minggu ke-3 Juli,” katanya kepada wartawan, Selasa (4/7/2023).

Pahala juga menyebutkan, BBM terbaru hasil campuran bioetanol ini, akan difokuskan terlebih dahulu di Surabaya dan Jakarta. Hal itu lantaran suplai bioetanol yang diproduksi oleh PT Energi Agro Nusantara sebagai anak usaha dari PT Perkebunan Nusantara masih terbatas.

Jika hasil uji coba awal memuaskan, dia menyatakan, tak menutup kemungkinan untuk meningkatkan produksi bioetanol.

“Kita akan lakukan penjajakan pasar dulu di dua kota ini, sekarang ada keterbatasan dari jumlah bioetanol yang tersedia, selama ini diproduksi oleh Enero anak usaha PTPN,” kata dia.

Baca Juga:  Tegas! Pertamina Beri Sanksi SPBU Penyelundup BBM dan Agen LPG Nakal

“Tapi nanti kalau misalnya kita lihat Pertamax Green Pertamina ini sukses kita akan kembangkan juga untuk menambah kapasitas produksi bioetanol,” sambungnya.

Lebih lanjut, jika Pertamax Green dibanderol seharga Rp 13.500 maka BBM ini akan di bawah harga Pertamax Turbo yang saat ini dipatok Rp 14.000 per liter di Jakarta. Namun, harga Pertamax Green akan lebih tinggi jika dibanding dengan Pertamax di mana saat ini harganya Rp 12.400 per liter.

Untuk diketahui, Pertamax Green merupakan Pertamax yang dicampur dengan etanol 5%. Pertamax Green akan memiliki RON 95 atau lebih tinggi jika dibanding dengan Pertamax biasa yang memiliki RON 92.

Jika dibanding BBM SPBU swasta dan di kelas yang sama, Pertamax Green akan lebih murah. SPBU Shell menjual Shell V-Power yakni BBM dengan RON 95 dengan harga Rp 13.780 per liter di Jakarta.

Kemudian, SPBU BP menjual BP Ultimate dengan oktan yang sama seharga Rp 13.780 per liter. Berikutnya, SPBU VIVO menjual Revvo 95 dengan harga Rp 13.580 per liter.

Baca Juga:  Mulai Tahun Depan Pemerintah Batasi Pembeli Gas LPG 3 KG Hanya untuk Konsumen Terdata

Cek Juga

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

SiwinduMedia.com – Perhelatan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kuningan semakin mendekat. Banyak tokoh yang telah …