Diskopdagperin Kuningan Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Idul Adha
Dalam kunjungannya, U Kusmana didampingi oleh Kabid Pengelolaan Pasar, Dede Sutardi, dan Kabid Perdagangan, Asep Tomi. Mereka melakukan monitoring internal di Pasar Baru dan Pasar Kepuh untuk memantau ketersediaan dan stabilitas harga komoditas pangan menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H. (Foto: siwindumedia.com)

Diskopdagperin Kuningan Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Idul Adha

Siwindumedia.com – Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Kopdagperin) Kabupaten Kuningan, U Kusmana, bersama Kabid Pengelolaan Pasar, Dede Sutardi, dan Kabid Perdagangan, Asep Tomi, melakukan monitoring harga kebutuhan bahan pokok ke Pasar Kepuh dan Pasar Baru di Kabupaten Kuningan, Rabu (28/06/2023).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memantau dan memastikan ketersediaan bahan pangan dan stabilitas harga jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa kenaikan harga pangan masih berada dalam batas normal dan tidak signifikan.

Dari hasil pantauan ini, U Kusmana mengatakan bahwa ada kenaikan harga pada komoditi daging ayam potong. Namun demikian, ia memastikan bahwa kenaikannya masih dalam batas wajar. Dia menjelaskan bahwa hanya ada 1-2 pedagang saja yang menjual dengan harga Rp 50 ribu per kilogram.

Namun demikian, kenaikan harga yang terpantau hanya sekitar Rp 5-7 ribu per kilogram dengan harga dominan di Pasar Kepuh dan Pasar Baru Kabupaten Kuningan berkisar Rp 40-45 ribu per kilogram.

Kenaikan harga terjadi dikarenakan permintaan masyarakat terhadap daging ayam yang meningkat menjelang Hari Raya Idul Adha atau dalam istilah lain sedang “Marema”.

Kunjungan monitoring yang dilakukan oleh Kadis Kopdagperin Kuningan beserta rombongan di Pasar Baru dan Pasar Kepuh ini merupakan salah satu langkah nyata pemerintah daerah (Pemda) dalam memantau ketersedian dan harga kebutuhan bahan pokok, terutama daging ayam yang menjadi fokus utama menjelang Hari Raya Idul Adha.

Pengawasan harga dan ketersediaan daging ayam serta komoditi lainnya menjelang Idul Adha dilakukan sebagai tanggung jawab pemerintah dalam memastikan ketersediaan dan stabilitas harga komoditi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Tidak hanya daging ayam, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan juga memantau harga dan ketersediaan bahan pangan lainnya seperti beras, sayuran, dan bahan makanan lainnya.

Terpantau harga cabai merah, dan daging kambing juga mengalami kenaikan. Harga cabai merah naik dari semula Rp 50 ribu per kilogram menjadi Rp 80 ribu per kilogram. Kemudian, diikuti daging kambing yang juga mengalami kenaikan harga signifikan, dari Rp 150 ribu per kilogram menjadi Rp 180 ribu per kilogram.

Dalam hal ini, Dede Sutardi, Kabid Pengelolaan Pasar, menjelaskan bahwa mereka telah melakukan komunikasi intensif dengan para pedagang dan memberikan imbauan agar menjual barang dengan harga yang wajar serta tidak melakukan penimbunan. Mereka juga melakukan pemantauan terhadap kualitas dan keamanan produk yang dijual di pasar.

Upaya menjaga stabilitas harga ini juga melibatkan kerjasama antara Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan dengan pihak terkait, seperti peternak dan supplier. Hal ini dilakukan untuk memastikan pasokan daging ayam yang cukup dan stabil selama periode menjelang Hari Raya Idul Adha.

Dengan adanya langkah konkret ini, diharapkan Masyarakat di Kabupaten Kuningan dapat merayakan momen Idul Adha dengan tenang dan memiliki akses yang cukup terhadap bahan pangan yang dibutuhkan dalam merayakan perayaan tersebut.

Cek Juga

Mencicipi Melon di Pendopo Smart Green House, Bey: Kuningan Bisa Menjadi Penghasil Melon Premium

Mencicipi Melon di Pendopo Smart Green House, Bey: Kuningan Bisa Menjadi Penghasil Melon Premium

SiwinduMedia.com – Pendopo Smart Green house by e-QuaNik Agri Nusantara, menjadi salah satu agenda dari …