Harga Daging Sapi Normal, Daging Kambing Malah Melonjak
Purnama Inggit, pedagang daging sapi di Pasar Baru Kuningan. Di dalam kiosnya, siap melayani para pembeli jelang Idul Adha 1444 H. Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

Harga Daging Sapi Normal, Daging Kambing Malah Melonjak

SiwinduMedia.com – Pemerintah sudah menetapkan 10 Dzulhijah 1444 Hijriyah yang menjadi Hari Raya Idul Adha 2023 pada Kamis, 29 Juni 2023. Hal ini sesuai dengan hasil pantauan dan sidang Isbat yang digelar oleh Kementerian Agama pada Minggu (18/6/2023) silam.

Hasil sidang Isbat tersebut diumumkan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid. “1 Dzulhijah jatuh pada hari Selasa, 20 Juni 2023 dan hari raya Idul Adha jatuh pada Kamis 29 Juni 2023,” ucap Zainut saat konferensi pers.

Hasil sidang Isbat ini merupakan hasil pemantauan hilal di 99 titik di seluruh provinsi di Indonesia oleh para petugas Kantor Wilayah Kemenang yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, Ormas Islam, dan Instansi terkait.

Melihat kondisi transaksi perekonomian di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Kuningan, khususnya di Pasar Baru Kuningan. Setiap menjelang hari besar keagamaan. Biasanya akan ada kenaikan harga untuk berbagai jenis kebutuhan bahan pokok.

Update harga daging sapi dan kambing, menjelang Idhul Adha yang di pantau SiwinduMedia.com di Pasar Baru Kabupaten Kuningan, Senin (26/6/23), saat ini harga daging ayam melonjak dari semula harga Rp32.000/kg kini naik jadi Rp50.000/Kg.

Baca Juga:  2 Calon Incumbent Anggota KPU Kuningan "Berebut" Tiket 5 Besar

Sementara untuk daging sapi, masih normal dikisaran harga Rp130.000/Kg. Berbeda dengan harga daging kambing yang sudah mencapai Rp150.000/Kg nya.

Datangnya hari raya Idul Adha 1444 H, banyak dari pedagang daging sapi di Pasar Baru Kuningan, untuk hari ini mengeluhkan dengan kurangnya pembeli daging sapi.

Purnama Inggit, salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Baru. Dirinya mengeluhkan, walapun dari harga daging sapi masih stabil tapi untuk minat pembeli masih kurang.

“Iya peminat hari ini masih kurang, mungkin biasanya kalau Idul Adha masyarakat dapat jatah daging qurban. Jadi tidak terlalu membeli daging ke pasar, sampai hari ini harga masih normal Rp130.000/kg. Tapi biasanya ada kenaikan harga sampai Rp150.000/Kg pas hari raya Idul Adha,” ungkap Inggit.

Inggit mengatakan untuk stok sapi hari ini masih aman, karena masih ada sisa dari sapi qurban. “Walapun stabil dan kurang pembeli dipasar, tapi hari ini alhamdulillah banyak pesanan untuk acara hajatan, jadi seimbang. Kita masih bisa menjual satu ekor sapi dalam sehari,” pungkasnya.

Baca Juga:  Hasil Sidang Isbat, Kemenag Tetapkan Idul Adha 1444 H Jatuh Pada 29 Juni 2023

Cek Juga

Bazar Ramadhan DWP Kuningan, 10 Ton Beras Ludes Diserbu Pembeli

Bazar Ramadhan DWP Kuningan, 10 Ton Beras Ludes Diserbu Pembeli

SiwinduMedia.com – Tak butuh waktu lama sebanyak 10 Ton beras habis dibeli masyarakat pada kegiatan …