Breaking News Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023
Indonesia menggantikan Peru karena tak lolos dari segi infrastruktur. (Foto: skor.id)

Breaking News: Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Siwindumedia.com – Indonesia resmi ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang akan digelar mulai tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang.

Keputusan itu disampaikan FIFA melalui keterangan pada Jumat (23/6/2023) malam WIB, yang juga menyampaikan penunjukkan Amerika Serikat sebagai tuan rumah Piala Dunia Klub dengan format baru pada 2025.

Artinya, Indonesia akan menggantikan Peru yang sebelumnya dicopot sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

“Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023, Kolombia sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U20 2024, Dominika sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U17 2024, dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal 2024. Kerangka waktu pelaksanaan untuk masing-masing kompetisi akan dikonfirmasi pada waktunya,” demikian bunyi keterangan FIFA.

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir mengaku hanya bisa bersyukur atas berkah setelah Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah FIFA U-17 World Cup 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat (23/6/2023) petang.

“Saya hanya bisa mengucapkan rasa syukur dan Alhamdulillah, karena FIFA Council mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Ini salah satu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo”.

“Saya belum mendapat surat pemberitahuan secara resmi. Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council Jumat malam di Zurich. Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agarf menjadi tuan rumah yang baik,” tambah Erick Thohir di Jakarta, Jumat malam.

Sejauh ini, FIFA masih mengagendakan FIFA U-17 World Cup 2023 akan digelar 10 November hingga 2 Desember tahun ini.

FIFA selaku induk sepak bola dunia secara resmi mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 pada Senin (3/4/2023) malam WIB. Alasan FIFA kala itu mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 adalah problem infrastruktur.

FIFA menilai, Peru tidak mampu memenuhi komitmen menyelesaikan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen, yang sedianya dijadwalkan berlangsung pada 10 November-2 Desember 2023.

“Langkah itu diambil karena ketidakmampuan negara tuan rumah dalam memenuhi komitmen menyelesaikan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen,” tulis FIFA.

Sementara itu, di situs resmi FIFA, tidak dijelaskan secara detail alasan penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen bagi pesepakbola usia muda ini.

“Mungkin saja beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepak bola dunia selama tiga bulan terakhir, seperti perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA,” tutur Erick.

Cek Juga

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

SiwinduMedia.com – Perhelatan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kuningan semakin mendekat. Banyak tokoh yang telah …