Rekomendasi 10 Aplikasi Scan Gratis untuk HP Android dan iPhone 2023
Aplikasi scanner android gratis terbaik (Foto: droila.com)

Rekomendasi 10 Aplikasi Scan Gratis untuk HP Android dan iPhone 2023

Siwindumedia.com – Seringkali urusan administrasi membuat kita kerepotan. Karena ada banyak dokumen yang perlu kita siapkan untuk diserahkan kepada pihak yang berkepentingan.

Dahulu proses scanning dokumen hanya dapat dilakukan dengan perangkat scan yang biasanya terintegrasi dengan mesin fotocopy. Namun sekarang, jika kamu ingin memindai atau scan dokumen, kini kamu tidak perlu lagi memakai perangkat besar seperti printer. Cukup dengan memakai ponsel Android atau iPhone, kamu sudah bisa memindai dokumen dari hardcopy menjadi softcopy dalam format yang beragam.

Aplikasi scanner ini pada dasarnya akan memotret dokumen dari pengguna. Walaupun begitu, aplikasi  scanner ini akan dilengkapi dengan fitur yang membuat dokumen menjadi bersih dan nampak jelas.

Kepentingan untuk memindai dokumen biasanya dilakukan untuk dokumen-dokumen penting yang memang dibutuhkan untuk di-scan, contohnya seperti KTP,SIM, NPWP, atau surat-surat lainnya.

Apa saja aplikasi scanner yang dapat membantu kita dalam memindai berkas? Berikut ini adalah aplikasi scanner android terbaik di tahun 2022 yang dapat kamu coba untuk mempermudah pekerjaan kamu!

1. CamScanner

CamScanner juga mempunyai rating tinggi yakni 4.7 di PlayStore dan 4.9 di AppStore. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh developer INTSIG Information Co., Ltd. CamScanner dapat Anda download secara gratis di PlayStore dan AppStore.

CamScanner mempunyai berbagai fitur mode, seperti scanner, konverter PDF, dan membagikan file ke berbagai media sosial. CamScanner juga menyediakan berbagai tools untuk mengedit dokumen.

2. Adobe Scan

Adobe Scan merupakan salah satu aplikasi yang mempunyai rating yang cukup tinggi yakni 4.8 hingga 4.9 dari 5 di PlayStore dan AppStore. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer Adobe Inc dan memiliki ukuran 158 MB di iOS dan 29 MB di Android.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di PlayStore dan AppStore. Adobe Scan mempunyai fitur scan yang menyediakan berbagai format scan seperti PDF atau JPEG.

3. TapScanner

Aplikasi scanner gratis ketiga yang dapat Anda download di Android dan iPhone yaitu TapScanner. Aplikasi ini merupakan aplikasi keluaran developer Smart Media Internet Marketing LTD yang mempunyai ukuran aplikasi 80 MB untuk iOS dan 25 MB untuk Android dengan rating 4.7 sampai 4.8 dari 5.

Aplikasi ini mempunyai fitur scan dokumen dengan kualitas tinggi, QR scanner, dan berbagai file dengan mudah. Anda dapat download aplikasi ini secara gratis di PlayStore dan AppStore.

4. Adobe Scan

Aplikasi Adobe Scan merupakan salah satu aplikasi scanner di android terbaik dan terlaris yang dapat kamu coba. Adobe Scan memungkinkan kamu untuk dapat melakukan pemindaian dengan mudah hanya dengan memotret dokumen yang ingin kamu scan.

Aplikasi yang telah diunduh oleh 100 juta pengguna ini memiliki berbagai fitur unik yang tidak heran membuat aplikasi ini begitu digandrungi oleh penggunanya. Fitur unik dari aplikasi ini adalah salah satunya pengguna dapat menghapus area dokumen yang tidak diinginkan.

5. Tiny Scanner

Aplikasi Tiny Scanner merupakan aplikasi scanner yang dapat kamu coba. Tiny Scanner memungkinkan pengguna untuk dapat memindai berkas dengan jernih dan bersih. Pengguna dapat  langsung menyimpan berkas hasil pemindaian pada aplikasi cloud pada misalnya Google Drive, OneDrive, DropBox dan lain sebagainya.

Fitur tersebut tentunya dapat mempermudah pengguna yang ingin mengakses dokumen di berbagai perangkat (pada misalnya android dan laptop). Selain itu, pengguna pun dimungkinkan untuk melindungi dokumen dengan kata sandi sehingga privasi pengguna terjaga.

6. Microsoft Lens

Microsoft Lens merupakan aplikasi keluaran Microsoft Corporation. Aplikasi ini mendapatkan rating 4.8 hingga 4.9 dari 5 di PlayStore dan AppStore. Microsoft Lens memiliki ukuran aplikasi sebesar 50MB untuk iOS dan 55MB untuk Android.

Ada banyak fitur yang terdapat dalam aplikasi ini, seperti fitur untuk mengubah dokumen menjadi file PDF, PowerPoint, dan Excel, mengubah teks cetak atau tulisan menjadi digital, dan menyimpannya ke smartphone Anda.

7. SwiftScan

SwiftScan merupakan salah satu aplikasi scanner gratis yang bisa digunakan untuk memindai dokumen dan juga bisa digunakan untuk memindai kode QR.

Aplikasi ini merupakan keluaran developer Maple Media LLC dan mendapatkan rating 4.6 sampai 4.8 dari 5 di PlayStore dan AppStore.

Nah, aplikasi ini sendiri mempunyai banyak fitur, seperti fitur untuk memindai dokumen dengan kualitas tinggi, fitur untuk membagikan file melalui e-mail, hingga untuk mengupload ke berbagai penyimpanan di cloud.

SwiftScan mempunyai ukuran aplikasi sebesar 66 MB di Android dan 234,7 MB di iOS yang bisa Anda unduh secara gratis di PlayStore dan AppStore.

8. Fast Scanner

Perangkat lunak scanner dokumen Fast Scanner juga adalah salah satu aplikasi pemindah yang dapat kamu coba. Salah satu aplikasi scanner android gratis terbaik ini sesuai dengan namanya, menawarkan kecepatannya dalam memindai dokumen.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini walaupun gratis tidak memiliki jumlah batasan dalam pemindaian dokumen. Pun pengguna dimungkinkan untuk membuka hasil pemindaiannya ke aplikasi seperti Dropbox dan Google Drive, sehingga pengguna lebih memiliki akses fleksibel atas dokumen digitalnya.

9. Image Scanner

Aplikasi pemindai media lainnya adalah Image Scanner. Image Scanner pun menawarkan berbagai fitur yang akan mempermudah proses scan berkas kamu. Aplikasi Image Scanner saat ini telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna.

Selain menawarkan fitur pemindaian, pengguna dimungkinkan untuk membagikan dokumennya pada kontak mereka. Pengguna juga dapat mengunggah berkasnya ke email dan aplikasi cloud. Dengan begitu, aplikasi ini cukup fleksibel dan mendukung pengguna yang ingin memindahkan dokumen ke device lain.

10. Genius Scan

Perangkat lunak pemindai dokumen lain yang dapat kamu coba adalah Genius Scan. Genius Scan memungkinkan pengguna untuk memindai berkas dengan berbagai fitur tambahan. Pengguna dapat melakukan ekspor dokumen ke berbagai format dokumen.

Genius Scan menawarkan pemindai yang pintar atau jenius di mana hasil scan dapat dikoreksi, diberi filter, serta dihapus bayangannya. Scanner dalam bentuk aplikasi android  ini pun memungkinkan pengguna untuk menyimpan dokumen pada berbagai platform seperti email, aplikasi cloud, serta layanan WebDAV.

Itu dia 10 aplikasi scanner gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan memindai dokumen-dokumen penting Anda. Semoga membantu.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://www siwindumedia com/4872/rekomendasi-10-aplikasi-scan-gratis-untuk-hp-android-dan-iphone-2023

Cek Juga

Robot Pengantar Makanan Mulai Beroperasi Telusuri Trotoar Jepang Hari Ini

Robot Pengantar Makanan Mulai Beroperasi Telusuri Trotoar Jepang Hari Ini

SiwinduMedia.com – Seperti mobil-mobilan, dengan dominasi warna hijau berlogo “Uber Eats” tampak menerabas trotoar di …