12 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terpopuler Bagi Pemula 2023
Ada banyak aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan untuk membuat penampilan semakin glow up! Beberapa juga digunakan oleh selebgram lho. Simak daftarnya berikut ini (Foto: Le Buzz Studio/Unsplash)

12 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terpopuler Bagi Pemula 2023

Siwindumedia.com – Media sosial merupakan ajang menyimpan sekaligus memamerkan memori dalam bentuk foto maupun video singkat. Kamu tentu ingin tampil terbaik di setiap postingan kamu kan? Ada banyak aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan untuk membuat penampilan semakin glow up!

Saat ini sangat banyak pilihan aplikasi untuk mengedit foto, baik untuk smartphone android maupun iOS . Yang menarik, sebagian besar aplikasi edit foto ini menawarkan fitur yang beragam dan gratis.

Untuk pengguna hp Android  bisa mendownload aplikasi edit foto di Play Store. Sedangkan untuk iOS bisa mengunduhnya di Apps Store.

Cara mengedit foto melalui aplikasi ini juga sangat mudah dilakukan. Kamu bisa mengedit foto seperti crop, cut hingga menggabungkan beberapa foto menjadi satu. Hasilnya bisa kamu share di sosmed, seperti Instagram atau facebook.

Berikut ini ada sejumlah aplikasi edit foto terbaik yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Yuk, simak rekomendasinya berikut ini.

1. Adobe Lightroom

Aplikasi edit foto terbaik pertama adalah Adobe Lightroom. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi buatan Adobe. Di mana, Adobe terkenal karena menghadirkan sejumlah software terbaik untuk kebutuhan editing foto maupun video. Selain menyediakan versi Android, Adobe Lightroom juga mudah digunakan bagi para pemula.

Di mana, kamu hanya cukup mengklik beberapa opsi untuk mengedit foto. Ditambah dengan Lightroom yang dibekali sejumlah fitur image sharing untuk dibagi ke sejumlah media.

Dapatkan Sekarang

2. Afterlight

Selanjutnya ada aplikasi Afterlight yang merupakan aplikasi populer tahun 2021 dengan dilengkapi beberapa filter dan efek eksklusif yang khas. Selain mampu menghasilkan hasil foto yang estetik, Afterlight sendiri menyediakan kemudahan dalam penggunaannya. Di mana, ada sejumlah tools yang mudah untuk digunakan dalam mengedit foto maupun video.

Dengan begitu, kamu bebas berimprovisasi dalam mengedit foto. Apalagi, beberapa foto dapat diedit dalam waktu yang bersamaan.

Dapatkan Sekarang

3. Photo Editor Pro

Ketika kamu mencari keyword ‘edit foto’ atau ‘foto editor’ di Play Store, yang ada di daftar teratas adalah Photo Editor Pro. Aplikasi ini menawarkan semua yang dibutuhkan untuk mengedit foto.

Baca Juga:  8 Situs Ubah Background Foto Online Gratis dan Mudah

Tersedia lebih dari 60 filter foto, efek blur atau bokeh hingga bisa menggabungkan 2 foto untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda. Cara menggabungkan foto ini juga cukup mudah dan bisa dilakukan semua pengguna.

Kamu juga bisa mengedit tubuh menjadi lebih langsing serta edit wajah lebih menarik.

Download

4. PicsArt Photo Editor: Pic, Video & Collage Maker

Jika ingin punya aplikasi edit foto sekaligus edit video, PicsArt Photo Editor bisa kamu pilih. Fitur-fiturnya terbilang lengkap, mlai dari efek, drawing tools, image editor, membuat kolase, filter foto dan lainnya.

Beberapa efek yang cukup popular di PicsArt adalah Sketch, Canvas, Drip, Glitch, dan Magic. Hasilnya bisa langsung di share ke Instagram. Aplikasi edit foto keren ini juga memungkinkan kamu untuk mengedit video.

Beberapa fitur untuk edit video diantaranya filter kekinian dan stiker yang lucu. Hasilnya bisa kamu upload ke TikTok

5. Snapseed

Snapseed merupakan salah satu aplikasi edit foto yang cukup terkenal. Aplikasi ini lebih banyak digunakan oleh fotografer profesional yang memang pekerjaannya adalah untuk mengedit foto.

Meski begitu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengedit foto milikmu supaya terlihat lebih aesthetic. Tools yang tersedia di aplikasi ini seolah tidak ada habisnya. Mulai dari brushes, filters, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengubah warna, mengubah bentuk, masking, menggunakan filters, dan masih banyak lagi. Kerennya lagi, aplikasi satu ini sepenuhnya gratis. Kamu bisa menikmati semua tools yang ada secara cuma-cuma.

6. Instagram

Tidak perlu jauh-jauh, Instagram juga bisa digunakan sebagai aplikasi edit foto. Dilansir laman Tom’s Guide, aplikasi satu ini telah digunakan lebih dari 850 juta pengguna saat ini. Kamu dapat mengedit foto dengan cepat dan mudah. Cara menggunakannya pun tidak ribet. Fitur edit foto yang tersedia pun tidak kalah dengan aplikasi edit foto lainnya.

7. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express merupakan versi lebih simpelnya Adobe Photoshop sehingga bisa menjadi salah satu aplikasi edit foto pilihan. Selain tampilan minimalis dan sederhana, penggunanya bisa dengan mudah menghasilkan foto berkualitas walau hanya menggunakan smartphone.

Baca Juga:  8 Situs Ubah Background Foto Online Gratis dan Mudah

Menariknya, Adobe membekali aplikasi ini dengan fitur blemish-removal untuk menghapus noda yang mengganggu. Dengan begitu, hasil editan akan semakin tampak rapi dan bersih.

8. Canva

Aplikasi edit foto terbaik yang terakhir adalah Canva. Aplikasi ini termasuk paling banyak digunakan, terutama pelajar dan mahasiswa. Canva menyediakan banyak template editan dan elemen-elemen gratis yang bisa kamu gunakan. Apalagi, aplikasi ini juga menyediakan Canva Student supaya kamu bisa mendapatkan semua template dan elemen premium tanpa harus membayar biaya langganan.

9. Pixlr

Selanjutnya ada Pixlr sebagai rekomendasi aplikasi edit video selanjutnya. Selain gratis dan mudah dioperasikan, Pixlr menyediakan berbagai filter estetik dan fitur lain seperti menambahkan teks dan membuat foto kolase. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung sejumlah format foto seperti PSD, JPEG, PNG, dan PXD. Apalagi Pixlr bisa digunakan baik di sistem Android atau iOS.

10. Aviary

Aviary sudah sejak lama menjadi salah satu photo editor yang cukup populer. Dengan serangkaian fitur yang sangat berguna dan mudah dilakukan. Bagi kamu yang malas mengotak atik foto, disediakan fitur satu sentuhan.

Tetapi bagi yang ingin lebih bereksplorasi bisa menggunakan fitur manual untuk menyesuaikan warna, kecerahan, suhu, kontras, saturasi, dan lainnya. Termasuk keberadaan stiker, filter, dan tools kecantikan untuk membuat foto makin terlihat menarik.

11. Cupslice

Beragam filter menjadi juga menjadi andalah aplikasi Cupslice. Termasuk pembekalan stiker lucu yang didasarkan pada perkembangan tren saat ini. Menariknya, pihak pengembang akan terus memperbaharui stiker agar tetap update dengan kondisi terkini.

Untuk tool mengedit foto dasar, kamu bisa menggunakan crop, frame, hue dan pengaturan saturasi hingga pengaturan kecerahan dan kontras.

12. AirBrush

AirBrush bisa menjadi andalan untuk edit foto selfie kamu. Aplikasi foto ini cukup cepat untuk melakukan perubahan image, seperti wajah dan kulit, pemutihan gigi, hingga membuat mata kamu terlihat lebih cerah.

Baca Juga:  8 Situs Ubah Background Foto Online Gratis dan Mudah

Disediakan pula filter untuk menambah daya tarik foto. Menggunakan aplikasi ini cukup mudah hanya dengan satu kali klik. Disediakan pula AirBrush versi pro yang memiliki fitur lengkap tapi berbayar.

Tips Edit Foto di HP agar Aesthetic ala Selebgram

Ingin foto terlihat aesthetic ala selebgram? Kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Gunakan Filter

Gunakan filter yang sesuai dengan ambience foto. Jangan gunakan dengan intensitas 100%. Coba cari yang intensitas yang cocok untuk foto.

2. Perhatikan Komposisi

Foto yang baik harus diawali dari hasil jepretan yang baik pula. Proses editing sebenarnya takkan bisa menyembunyikan foto yang komposisinya sejak awal sudah buruk.

Dilansir situs Plann That, ikuti beberapa tips ini supaya hasil jepretan lebih maksimal.

  • Pakai pencahayaan yang natural.
  • Fokus ke subjek utamanya.
  • Gunakan grid supaya hasil foto lebih proporsional.
  • Jangan gunakan tools editing apa-apa ketika mengambil foto.

3. Atur Lux

Lux bisa membuat foto terlihat semakin cerah, kontras, dan juga lebih realistis. Untuk itu, coba atur lux ketika sedang mengedit foto. Setiap aplikasi edit foto pasti memiliki fitur satu ini.

4. Fokus ke Basic Edits

Ketika mengedit foto, jangan terlalu banyak menggunakan efek dan filter. Kadang, beberapa basic edits sudah cukup membuat foto terlihat lebih aesthetic.

Basic edits yang dimaksud adalah:

  • Contrast
  • Shadows
  • Color temperature
  • Highlight

5. Ubah Ukuran

Sebelum mengedit foto, pastikan ukurannya sudah disesuaikan dengan media sosial di mana foto itu akan kamu unggah. Sebagai contoh, Instagram tidak menyarankan mengunggah foto di atas 1080px.

Kalau kamu tetap memaksa, kualitas foto akan rusak ketika diunggah. Hasil editan pun menjadi sia-sia. Untuk itu, pastikan ukuran foto telah sesuai dengan ketentuan.

Itulah sejumlah aplikasi edit foto terbaik yang bisa kamu coba. Selain hanya bermodalkan smartphone,  aplikasi ini cocok digunakan supaya foto bisa tampil estetik.

Cek Juga

Robot Pengantar Makanan Mulai Beroperasi Telusuri Trotoar Jepang Hari Ini

Robot Pengantar Makanan Mulai Beroperasi Telusuri Trotoar Jepang Hari Ini

SiwinduMedia.com – Seperti mobil-mobilan, dengan dominasi warna hijau berlogo “Uber Eats” tampak menerabas trotoar di …