Presiden Jokowi Kurbankan Sapi Berbobot 1 Ton Seharga 110 Juta Untuk Idul Adha
hewan kurban Presiden Jokowi tersebut dihargai sekitar Rp 110 juta. (Foto; nohoakskaltara.com)

Presiden Jokowi Kurbankan Sapi Berbobot 1 Ton Seharga 110 Juta Untuk Idul Adha

Siwindumedia.com – Dalam rangka merayakan hari Idul adha, pada tahun ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli seekor sapi jenis Simental dengan berat 1 ton 5 kilogram dengan harga Rp 110 juta dari seorang peternak di Kabupaten Subang, Jawa Barat, sebagai hewan kurban.

Dadang Subagio (55), seorang warga Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, merupakan pemilik sapi Simental tersebut. Dia mengaku merasa terkejut saat tahu sapi miliknya yang bernama Raja akan dibeli oleh Presiden Jokowi. Raja merupakan sapi jantan berusia 4 tahun dengan jenis Simental.

Sapi yang akan dijadwalkan menjadi hewan kurban Presiden Jokowi tersebut dihargai sekitar Rp 110 juta, sapi tersebut terpilih melalui beberapa tahap proses seleksi.

Sebelum dipilih, sapi tersebut dipastikan dalam keadaan sehat dan telah melewati pemeriksaan kesehatan hewan, sehingga nantinya daging sapi tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat pada hari penyembelihan.

Selain sapi Simental milik Dadang, Tim Sekretariat Presiden juga masih tertarik dengan dua sapi lainnya dengan jenis yang sama yang dimiliki oleh peternak dari Kabupaten Subang.

Baca Juga:  50 Link Download Twibbon Idul Adha 2023 Gratis dengan Berbagai Desain Menarik

“Kami tidak menyangka, hanya sekadar mencoba saja setelah melihat dari teman-teman bahwa sapi yang besar bisa menarik perhatian Presiden. Lalu kami mencoba untuk mencari tahu bagaimana bisa masuk ke sana. Setelah kami mencoba seperti yang dilakukan orang lain, akhirnya tim langsung datang,” ujar Iwan (48), salah satu peternak sapi kurban.

Iwan juga menambahkan bahwa sebagai peternak, dia tidak mengetahui bagaimana bisa masuk ke istana, mungkin sudah menjadi takdir bagi mereka sebagai peternak.

“Saat terakhir ditimbang, Raja memiliki berat 1 ton 5 kilogram. Untuk perawatannya, tidak ada yang berbeda dengan perawatan sapi pada umumnya, hanya saja pola makan yang diatur. Kami memberikan makan sesuai kebutuhan dan berhenti memberi makan saat mereka sudah kenyang, bukan karena kekurangan pakan. Sapi tersebut akan dibawa ke Istana dalam waktu 1 hingga 2 minggu ke depan untuk yang sudah dipilih, yaitu sapi Raja, sedangkan untuk yang lain kemungkinan masih melalui tahapan proses terlebih dahulu. Ketika tim melihat sapi-sapi lainnya, kami merasa beruntung karena awalnya hanya satu sapi, apalagi sekarang ada tiga ekor sapi,” terang Iwan.

Baca Juga:  Hari Raya Idul Adha 1444 H, Agun Gunandjar Salurkan Kurban 13 Ekor Sapi dan 6 Domba

Cek Juga

Warga Desa Kaduagung Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan

Warga Desa Kaduagung Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan

SiwinduMedia.com – Dukungan kepada H Yanuar Prihatin untuk menjadi Bupati Kuningan 2024-2029 terus berdatangan. Kali …