Rektor Universitas Islam Al-Ihya Kuningan Nurul Iman Amrullah menerima kunjungan tim asesor LAMEMBA/ Foto: SiwinduMedia.com/ Iwan Setiawan

Prodi Perbankan Syariah Unisa Terima Visitasi Akredirasi LAMEMBA

SiwinduMedia.com – Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ilmu Keislaman Universitas Islam Al-Ihya Kuningan menerima kunjungan tim asesor LAMEMBA. Kunjungan dalam rangka re-akreditasi program studi itu dilaksanakan di kampus Cigugur, Selasa dan Rabu, (13-14/6/2023).

 

Rektor Nurul Iman Amrullah, S.Ag., M.Si, Menerangkan, proses akreditasi yang dilakukan di bawah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (LAMEMBA) tersebut merupakan kali pertama di lingkungan Unisa Kuningan. Menurutnya, melalui visitasi itu unit pengelola program studi dan para stakeholder lainnya, baik internal maupun eksternal, mahasiswa maupun alumni diwawancara dalam rangka verifikasi data yang dilaporkan pada tahap sebelumnya.

 

“Alhamdulillah setelah beberapa tahapan kita ikuti, dua hari ini kami kedatangan tim asesor dari LAMEMBA. Ini pertama kali akreditasi di bawah LAMEMBA, mudah-mudahan lancar dan bisa menunjukkan hasil yang maksimal,” tuturnya.

 

Selain memotret pengelolaan program studi selama tiga tahun terakhir dan menghasilkan status akreditasi baru, visitasi itu akan menghasilkan  rekomendasi dan saran untuk perbaikan dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Sehingga menurutnya, rekomendasi perbaikan-perbaikan itu akan menjadi semangat baru untuk peningkatan kualitas Unisa Kuningan.

Baca Juga:  Mahasiswa Unisa Berbagi Ilmu Pengolahan Ubi Jalar di Desa Nanggerang

 

“Sistem penjaminan mutu secara eksternal ini penting dilakukan untuk memastikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Insyaallah kami terus berupaya maksimal memberikan layanan pendidikan yang profesional,” Imbuhnya.

 

Ketua Tim Akreditasi, Sopandi, M.Pd. menerangkan, pelaksanaan asesmen lapangan merupakan tahapan lanjutan setelah beberapa tahapan sebelumnya, termasuk asesmen kecukupan sudah dilakukan LAMEMBA. Pada kesempatan visitasi itu tim asesor melakukan evaluasi dan verifikasi data, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif yang sudah dilaksanakan dan dilaporkan oleh unit pengelola program studi.

 

“Evaluasi dan verifikasi data ini dilakukan melalui tahapan wawancara langsung terhadap unit pengelola prodi, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan pengguna. Kemudian dilakukan peninjauan sarana prasarana atau pasilitas yang menunjang pelaksanaan tridarma perguruan tinggi,” tandasnya.

Cek Juga

Rakyat Palestina Terus Dianiaya, Pontren Al-Multazam Kirim Do'a

Rakyat Palestina Terus Dianiaya, Pontren Al-Multazam Kirim Do’a

SiwinduMedia.com – Pondok Pesantren (Pontren) Terpadu Al-Multazam Kuningan, mengelar Aksi Solidaritas Pesantren untuk Palestina, Jumat …