Kebakaran Hebat! Gedung SDN 1 Situgede Dilalap Si Jago Merah
Salah satu ruang SDN 1 Situgede, yang terbakar pada hari Sabtu (10/6/2023). Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

Kebakaran Hebat! Gedung SDN 1 Situgede Dilalap Si Jago Merah

SiwinduMedia.com – Kebakaran hebat yang terjadi pada hari Sabtu (10/6/2023), sekitar pukul 18.20 WIB menimpa SDN 1 Situgede, yang berlokasi di RT 03 RW 01 Desa Situgede  Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan.

Kepada SiwinduMedia.com penjaga sekolah SDN 1 Situgede, Didi (41) menceritakan awal mula terjadinya kebakaran.
“Sekitar pukul 18.10 WIB saya membeli kopi di warung yang tidak jauh dari sekolah, saat itu saya melihat seperti ada api di salah satu bangunan sekolah. Setelah saya cek, ternyata api sudah membesar dibagian gudang sekolah yang berdempetan dengan ruang perpustakaan dan ruang guru,” ucap Didi.

Lanjut Didi (41), setelah melihat api yang membesar, saya langsung meminta tolong kepada kepada warga sekitar. Bersama warga masyarakat serta aparat Pemerintahan Desa, bergotong royong berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya.
Lalu pada pukul 19.20 WIB, Kapolsek Subang Bapak IPDA. Dedi kurniadi SH, melaporkan kejadian kebakaran ke kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Setelah menerima laporan, Mh.Khadafi Mufti, S.Pd,M.Si. selaku Kepala UPT Damkar Kabupaten Kuningan melakukan koordinasi dengan pihak aparat Polsek Subang dan juga aparat Pemerintahan Desa Situgede. Terkait teknis pengiriman anggota dan kendaraan pemadam. Hasil koordinasi didapatkan keterangan sebagai berikut :
– Lokasi jalan yang berbatu, menanjak, sempit, dan curam.
– Kendaraan besar tidak mungkin bisa memasuki ke lokasi kebakaran dan dapat membahayakan keselamatan anggota Damkar.

Baca Juga:  6 Fakta Tentang Kasus Penganiayaan Anak Perwira Polisi Terhadap Mahasiswa di Medan

“Dengan pertimbangan tersebut, saya mengajak 3 anggota dari jajaran piket Regu 2. Berangkat ke lokasi menggunakan kendaraan R4 Double Cabin pada pukul 20.00 WIB, dengan membawa 4 buah alat pemadam kebakaran (APAR),” ujar Khadafi.

Tiba dilokasi kebakaran pada pukul 22.15 WIB (2 jam 15 menit), api sudah berhasil dipadamkan oleh warga masyarakat, guru, penjaga sekolah dan juga aparat pemerintahan desa setempat.
“Melihat kondisi bangunan SDN 1 Situgede, setelah api berhasil dipadamkan, bisa saya informasi kan bangunan yang mengalami kerusakan parah yaitu ruang gudang yang menjadi sumber api kerusakan 100%, ruang perpustakaan dan ruang guru kerusakan hanya 40% saja. Total kerugian materiil diperkirakan
Rp53.600.000. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” terang Khadafi.

Kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap penyebab kebakaran, bersama – sama dengan:
– Kapolsek Subang Bapak Ipda. Dedi kurniadi, SH. bersama 1 orang Kanit Intel dan 3 orang anggota Polsek Subang.
– 2 Anggota INAFIS Polres Kuningan
– 2 Anggota Koramil Subang
– 1 Orang Kasi Trantib Kecamatan Subang dan 1 anggota Pol PP Kecamatan Subang
– Aparat Pemerintahan Desa Situgede
– Guru SDN 1 Situgede
– Warga masyarakat

Baca Juga:  2.700 Peserta dari Berbagai Kabupaten/Kota Ramaikan Karnaval Budaya West Java Festival 2023

“Setelah dilakukan pemeriksaan bersama pihak terkait, pengumpulan bukti dan keterangan para saksi. Penyebab kebakaran diduga dari arus pendek listrik (konsleting listrik) atau terminal listrik yang terbakar dengan menggunakan kabel rambut (bukan kabel SNI), kemudian membakar tumpukan kasur busa diruang gudang,” ungkap Khadafi.
Lebih lanjut, Khadafi menyampaikan pesan kepada masyarakat agar mewaspadai setiap potensi terjadinya kebakaran, yang diakibatkan dari puntung rokok, konsleting listrik, tungku atau gas, pembakaran sampah dan lain-lain.
Khusus untuk daerah pelosok yang jauh dari kami (Kantor pemadam kebakaran), untuk pihak Sekolah, Pemerintahan Desa, wajib membuat  proteksi kebakaran di lingkungannya, seperti Alat Pemadam Kebakaran, tandon air, dan lain-lain.

“Untuk itu pada malam hari ini, saya berikan bantuan 1 buah alat pemadam api ringan (APAR) jenis powder. Untuk bisa di gunakan oleh pihak sekolah dan masyarakat Desa Situgede. Sebagai antisipasi awal untuk pencegahan kebakaran. Dan jangan sungkan untuk melapor ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan di Nomor (0232) 871113 & 081322698881. Layanan Gratis atau tidak dipungut biaya apapun,” pungkas Khadafi.

Baca Juga:  Resto Saung Gunung! Romantisme di Kaki Gunung Ciremai
Kepala UPT Damkar Kabupaten Kuningan, Mh. Khadafi Mufti, S.Pd,M.Si. menyerahkan bantuan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), kepada perwakilan  sekolah SDN 1 Situgede. Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com
Kepala UPT Damkar Kabupaten Kuningan, Mh. Khadafi Mufti, S.Pd,M.Si. menyerahkan bantuan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), kepada perwakilan sekolah SDN 1 Situgede. Foto: Purnomo Widodo/SiwinduMedia.com

Cek Juga

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

SiwinduMedia.com – Menanggapi banyaknya laporan warga terkait pembuangan limbah ternak yang tidak tepat sasaran, Penjabat …