Jelang Idul Adha Jasa Salon Kambing Mulai Ramai Diserbu Pedagang, Apa Sajakah Perawatannya
Sutomo penyedia jasa salon kambing sedang melakukan perawatan pada hewan kurban. (Foto: Beritasatu.com)

Jelang Idul Adha Jasa Salon Kambing Mulai Ramai Diserbu Pedagang, Apa Sajakah Perawatannya?

Siwindumedia.com – Jelang Hari Raya Idul Adha, jasa salon kambing di Kudus Jawa Tengah mulai kebanjiran order. Para penjual hewan kurban sengaja menggunakan jasa salon kambing agar kambing mereka terlihat gagah, bersih, sehat dan cepat laku.

Selain itu, Para pedagang hewan kurban menyalonkan kambingnya agar harga jualnya bisa naik dari harga normalnya.

Kesibukan nampak jelas dari Sutomo, warga Desa Puyoh, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang membuka jasa salon kambing di ujung barat Pasar Hewan Batoh, Kecamatan Bayan.

Dari pagi hari, nampak puluhan kambing sudah mengantre untuk mendapatkan giliran perawatan spesial dari tangan Sutomo yang cekatan.

Biasanya dia keliling ketika pasar hewan buka, dengan alat perkakas sederhana seperti kikir berbagai ukuran, gergaji besi, gunting khusus, tali, dan perlengkapan lainnya selalu dipersiapkan untuk untuk jasa salon kambingnya.

Kambing yang mendapat treatmen pertama diikat kakinya kemudian tanduk, hingga kuku kaki kambing yang kurang bagus ditata Sutomo agar lebih terlihat kembali bagus.

Baca Juga:  Hari Raya Idul Adha 1444 H, Agun Gunandjar Salurkan Kurban 13 Ekor Sapi dan 6 Domba

“Yang diperbaiki tanduk, kuku terutama, kuku kan ada yang kepanjangan bisa digunting atau diperbaiki lah. Sekira tidak terlalu mlengker (bengkok), jadi terlihat lebih bagus,” kata Sutomo, sesaat usai menata kambing di Pasar Pon, Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jumat (9/6/2023).

Tak hanya perawatan tanduk dan kuku, salon kambing keliling Sutomo itupun juga dipijat agar kondisi kambing kembali rileks. Apalagi kata Sutomo, kondisi kakinya usai diikat pasti dipijat karena biasanya kaki kambing kram setelah terikat sekira 15 hingga 20 menit saat perawatan khusus kambing.

Biasanya, Sutomo menawarkan jasanya kepada sejumlah pedagang untuk mempercantik tampilan kambing yang dijual.

Pada momen menjelang perayaan Hari Raya Idul adha ini menjadi berkah tersendiri bagi penyedia jasa salon kambing. Jika hari biasa dia hanya mendapatkan perawatan 5 ekor kambing, namun momen kali ini dia mengaku bisa mencapai hingga 30 ekor kambing.

“Momen ini mungkin banyak karena yaitu memperbaiki tanduk-tanduknya dari tetangga, satu hari bisa mencapai 30 sampai 20 ekor bisa, hari biasa paling sekitar 5 ekor,” jelasnya.

Baca Juga:  Jelang Idul Adha, Warga Depok Dihebohkan dengan Pencurian Hewan Kurban Hanya Sisakan Jeroan di Kandang

Suparmin salah satu pedagang kambing mengaku cukup terbantu dengan adanya jasa salon kambing. Pastinya kondisi kambing selain faktor fisik tubuh, kondisi tanduk hingga kaki yang bagus pun mempengaruhi harga jual dipasaran

“Supaya lebih bagus lah dilihat kan nampak bagus. Memang mempengaruhi harga jual, semisal Rp 3 juta jadi Rp 3,1 juta,” ungkap Suparmin.

Tarif yang ditawarkan dalam sekali perawatan pun terbilang cukup murah. Hanya dengan Rp 25 ribu per ekor kambing sudah mendapatkan perawatan salon kambing mulai menata tanduk, kuku, hingga dipijat.

Selain membuka di salon keliling di pasar, Sutomo juga siap melayani jasa salon kambing panggilan maupun perawatan dirumahnya.

Cek Juga

Gasspool! Karang Taruna Luncurkan Program Pendataan Pengurus Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan

Gasspool! Karang Taruna Luncurkan Program Pendataan Pengurus Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan

SiwinduMedia.com – Sesuai dengan amanat pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, mengenai keteraturan database pengurus …