Mahfud MD Blak-blakan Tolak Jadi Cawapres Anies, Ini Alasannya
Mahfud menolak tawaran tersebut dengan alasan khawatir Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) pendukung Anies akan pecah. (Foto: tribunnews.com)

Mahfud MD Blak-blakan Tolak Jadi Cawapres Anies, Ini Alasannya

SiwinduMedia.com – Menko Polhukam Mahfud Md secara blak-blakan mengatakan jika dirinya dapat tawaran dari Presiden PKS Ahmad Syaikhu untuk jadi bakal cawapres pendamping, Anies Baswedan. Akan tetapi, Mahfud menolak tawaran tersebut.

Pada April lalu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu berkomunikasi dengan Mahfud Md. Komunikasi keduanya terjadi untuk menjalin silaturahmi sekaligus bertanya perihal ketertarikan Mahfud menjadi cawapres Anies Baswedan.

“Kepada Pak Syaikhu waktu ke rumah bersama Al Muzzammil kan beliau menjajaki untuk mencari cawapresnya Anies, antara lain bertanya, ‘Pak Mahfud bersedia tidak? (Saya jawab) tidak,” jawab Mahfud.

Syaikhu yang dimaksud Mahfud adalah Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sedangkan Al Muzzammil yang dimaksud adalah Al Muzzammil Yusuf, politisi PKS yang menjabat sebagai anggota DPR RI.

Kala itu, Syaikhu menyebut kedatangan dirinya ke tokoh-tokoh potensial akan dilaporkan ke Majelis Syuro PKS. Ia menyebut ada tokoh yang ingin disebutkan secara langsung, tetapi ada juga yang tidak.

“Saya khususnya hari-hari ini banyak bersilaturahim dengan tokoh-tokoh bangsa dalam rangka mencari siapa pasangan Pak Anies Rasyid Baswedan, tentu ini banyak yang muncul-muncul di survei-survei. Nah, itu saya berusaha untuk mendatangi,” kata Syaikhu kepada wartawan di DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga:  Dalam Waktu Dekat! MK Segera Putuskan Sistem Pemilu Legislatif 2024, Tertutup atau Terbuka

“Berkomunikasi dan mungkin setelah lengkap saya akan melaporkan kepada Ketua Majelis Syuro dan akan dibawa ke musyawarah Majelis Syuro. Banyak tokoh-tokoh, ada yang ingin disebutkan secara langsung, ada juga yang tidak. Saya kira nggak perlu disebutkan, tapi sebagiannya sudah muncul barangkali di media-media,” tutur Syaikhu.

Ketika ditanya apakah salah satu tokoh yang didatangi adalah Mahfud Md, Syaikhu membenarkan hal itu. Ia menyebut pertemuan dengan Mahfud untuk berbagai pandangannya sekaligus bertanya ketertarikan Mahfud menjadi cawapres Anies.

“Itu tadi kita bilang, kita silaturahim ke Pak Mahfud, tokoh-tokoh yang lain juga akan kita datangi silaturahim. Kita minta tanggapannya, kita minta sharing-nya, bahkan kita tanya juga minatnya untuk mencawapreskan. Karena saya saat ini fokusnya mencari cawapres,” imbuh Syaikhu.

Cerita tawaran menjadi bakal cawapres Anies dari Presiden PKS Ahmad Syaikhu kembali diulas Mahfud Md seusai rapat dengan Komisi I DPR RI. Mahfud menolak tawaran tersebut dengan alasan khawatir Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) pendukung Anies akan pecah.

Baca Juga:  Gibran Resmi jadi Cawapres Prabowo, Ganjar-Mahfud: Selamat Bertanding

Mahfud mulanya mengulas pesannya kepada Denny Indrayana untuk menjaga tiket Anies maju pilpres. Menurutnya, hal tersebut juga ia sampaikan ke Presiden PKS Syaikhu, yang sempat bertandang ke kediamannya.

“Saya pesan ke Denny, tolong itu dijaga, jangan sampai dari internalnya nanti yang gagal. Kan gitu, kalau pemerintah nggak akan ikut-ikut,” kata Mahfud di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Cek Juga

PKB Resmi Bakal Usung Yanuar Prihatin Calon Bupati Kuningan

PKB Resmi Bakal Usung Yanuar Prihatin Calon Bupati Kuningan

SiwinduMedia.com – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi mengumumkan H Yanuar …