Kepala Diskominfo Kuningan Bakal Ikuti Pelatihan Digitalisasi di Amerika Serikat
Kepala Diskominfo Kuningan, Dr Wahyu Hidayah (ke empat dari kanan), foto bersama sejumlah peserta lainnya di depan gedung Kedubes RI di AS, untuk mengikuti pelatihan digitalisasi di Amerika Serikat. (Foto: IST)

Kepala Diskominfo Kuningan Ikuti Pelatihan Digitalisasi di Amerika Serikat

SiwinduMedia.com – Pelatihan Digitalisasi yang dilaksanakan di Amerika Serikat, Dr. Wahyu Hidayah sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika menjadi salah satu orang yang terpilih dalam kegiatan Internasional Visitor Leadership Program (IVLP) on Demand Tahun 2023.

Kegiatan IVLP tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 10 hingga 22 Juni 2023 di Amerika Serikat dengan tema “US Best Practices in Digital Economy and Governance”. Peserta yang terpilih dari Indonesia untuk mengikuti kegiatan Pelatihan ini berjumlah 10 orang.

Sebelum ditentukannya peserta terpilih tentunya ada tahap seleksi yang ketat sesuai prestasi yang telah telah dicapainya. Diantara data peserta yang terpilih yaitu dari Kemenkominfo sebanyak 3 orang, dari Perguruan Tinggi sebanyak 2 orang, dari BUMN/Perusahaan sebanyak 4 orang.

Yang menjadi nilai plus untuk Kuningan, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dr Wahyu Hidayah, jadi perwakilan Kuningan dalam kegiatan Pelatihan Digitalisasi yang diselenggatakan di Amerika Serikat itu.

Wahyu menuturkan, Internasional Visitor Leadership Program US Departement of State suatu program pelatihan yang diselenggarakan langsung oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, guna memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan praktisi sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

“Program IVLP ini tentunya mempunyai tujuan yang baik diantaranya meneliti praktil terbaik untuk kepemimpinan dan tata kelola ekonomi digital dari praktisi Amerika Serikat. Selain itu untuk memperkuat jaringan Amerika Serikat dengan Indonesia agar bisa bertukar wawasan dalam ekonomi digital,” ucap Wahyu.

Ia menjelaskan, untuk jadwal pemberangkatan ke Amerika Serikat pada 9 Juni esok, dan kembali ke Kuningan pada 24 Juni 2023 mendatang. Dari kegiatan Pelatihan Digitalisasi tersebut, ada beberapa tempat yang nantinya akan dikunjungi oleh para peserta pelatihan. Diantara Washington DC, Boston dan Releigh North Carolina.

Selama di Amerika Serikat, para peserta akan bertemu dengan perwakilan dari pemerintah, lembaga digital AS dan juga pastinya membahas kebijakan dan strategi keamanan dunia maya, serta berdiskusi perihal kolaborasi yang selaras.

“Saya sangat bersyukur karena telah terpilih sebagai peserta IVLP, untuk menjadi bagian yang memberikan kontribusi dalam pembangunan dan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat,” ungkap Wahyu dengan ekspresi wajah sumringah.

Cek Juga

Sosok Acep Dimata Yanuar : Banyak Berjasa untuk Kuningan

Sosok Acep Dimata Yanuar : Banyak Berjasa untuk Kuningan

SiwinduMedia.com – Wafatnya mantan Bupati Kuningan Periode 2018-2023 H Acep Purnama menjadi kabar duka yang …