Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2023 Menurut Forbes Real Time Billionare
Pendiri Grup Djarum, Budi Hartono dan Michael Hartono kembali merebut posisi orang terkaya di Indonesia. (Foto: IDNTimes.com)

Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2023 Menurut Forbes Real Time Billionare

Siwimdumedia.com – Forbes Real Time Billionare telah merilis daftar orang kaya terbaru di Indonesia per Mei 2023. Diurutan pertama ada nama Robert Budi Hartono, ia kembali ke urutan pertama sebagai orang terkaya di Indonesia setelah tahun lalu Low Tuck Kwong ada di kursi teratas.

Awalnya Low Tuck Kwong menduduki posisi pertama dengan kekayaannya yang mencapai angka 27,6 miliar USD.  Tetapi Low Tuck Kwong harus turun ke posisi 3 sebab isu batu bara yang sedang ramai.

Dilansir dari Forbes Billionaires Index, kekayaan ‘bos Djarum’ Budi Hartono diperkirakan mencapai 26,1 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 391,5 triliun.

Sementara, harta Michael Hartono tercatat sebesar 25 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 375 triliun. Dengan nilai tersebut, Hartono bersaudara menempati peringkat pertama dan kedua orang terkaya Indonesia.

Sementara itu, kekayaan Low Tuck Kwong ditaksir mencapai 21,3 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 319,5 triliun.

Berikut ini adalah daftar 10 orang terkaya Indonesia berdasarkan Real Time Billionaires Forbes pada Senin (6/2/2023).

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono yang merupakan pemilik Bank Central Asia dan Djarum ini sudah jadi langganan peringkat pertama orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya mencapai angka 26,8 Miliar USD.

2. Michael Bambang Hartono

Diurutan kedua ada nama Michael Bambang Hartono yang merupakan kakak kandung dari Robert Budi Hartono. Michael Bambang Hartono berada di posisi 2 orang paling kaya di Indonesia. Bambang, begitu sapaannya, memiliki usaha yang sama dengan R Budi Hartono dengan kekayaan mencapai 25,6 miliar USD.

3. Low Tuck Kwong

Sementara bos Bayan Resources, Low Tuck Kwong turun ke peringkat 3. Pengusaha yang bererak di sektor tambang ini harus rela merugi sekitar 2,6 miliar USD lantaran harga batu bara yang kian anjlok. Kekayaannya turun 9,99% dan kini harta totalnya menyentuh angka 23,1 miliar USD.

4. Sri Prakash Lohia

Di urutan selanjutnya ada nama Sri Prakash Lohia, ia merupakan pengusaha tekstil dan petrokimia terbesar di Indonesia, Indorama Corporation. Total kekayaan yang ia miliki ditaksir mencapai 7,1 miliar USD.

5. Prajogo Pangestu

Dilanjutkan di urutan kelima ada Prajogo Pangestu yang merupakan pemilik Barito Pacific dan Chandra Asri Petrochemical, dengan total kekayaan sebesar 5,5 miliar USD.

6. Chairul Tanjung

Pemilik CT Corp yang bergerak di bidang perbankan melalui Allobank, swalayan seperti Transmart dan Carrefour, juga media menempatkakannya  sebagai orang terkaya di Indonesia di peringkat 6. Jumlah total kekayaannya ditaksir mencapai 4,7 miliar USD.

7. Tahir dan Keluarga

Tahir merupakan founder dari Mayapada Group yang bergerak di bidang perbankan, kesehatan, dan real estat. Total kekayaannya mencapai 4,4 miliar USD.

8. Djoko Susanto

Djoko Susanto adalah pemilik retail minimarket Alfamart dengan total kekayaan mencapai 4,1 miliar USD.

9. Dewi Kam

Dewi Kam masih tergolong baru dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Ia mendapatkan kekayaannya ini melalui sahamnya di PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) yang merupakan bisnis milik Low Tuck Kwong. Total kekayaannya mencapai 3,8 miliar USD.

10. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Keluarga Lim Hariyanto Wijaya Sarwono merupakan pemilik Grup Harita dan saham mayoritas produsen minyak kelapa sawit di bursa Singapura, Bumitama Agri. Total kekayaan yang dimilikinya mencapai 3,7 miliar USD.

Cek Juga

Ujang Beri Kode PKB Belum Tentu Usung Yanuar Prihatin Calon Bupati

Ujang Beri Kode PKB Belum Tentu Usung Yanuar Prihatin Calon Bupati

SiwinduMedia.com – Ketua DPC PKB Kabupaten Kuningan H Ujang Kosasih, memberikan pernyataan bahwa pengumuman DPP …