Ba'da Subuh, 366 Jama'ah Calon Haji Kuningan Dilepas dari KIC
Usai melaksanakan Shalat Subuh berjama'ah, 366 Jama'ah Calon Haji Kuningan Kloter 3 Kertajati, dilepas dari KIC menuju Asrama Haji Indramayu, sebelum esok hari terbang dari Bandara Kertajati. (Foto: Mumuh Muhyiddin/SiwinduMedia.com)

Ba’da Subuh, 366 Jama’ah Calon Haji Kuningan Dilepas dari KIC

SiwinduMedia.com – Sebanyak 366 Jamaah Calon Haji dari Kuningan yang masuk pada Kloter 3 Kertajati, dilepas dan diberangkatkan dari Komplek Islamic Center (KIC), jalan Ir Soekarno, Selasa pagi (30/5/2023).

366 jamaah ini terlebih dahulu dilakukan pelepasan dari desa/kelurahan, atau dari wilayah masing-masing sekitar pukul 03.30 WIB. Mereka pun diantar sanak saudara dan tetangga menggunakan kendaraan roda 4 dan 2 menuju KIC.

Ada sedikit kekecewaan dari sejumlah pengantar jamaah, karena mereka tidak diperbolehkan memasuki kawasan KIC yang dikhususkan untuk satu kendaraan yang ditumpangi jamaah dan keluarga saja.

Tampak aparat gabungan disiagakan untuk mengatur lokasi pemberangkatan jamaah. Kendaraan pengantar tidak diperkenankan masuk ke jalur kiri, melainkan masuk jalur kanan dan diminta petugas untuk langsung pulang.

“Dikira bisa berhenti dulu di pinggir jalan, eh ternyata kita cuma boleh lewat aja, tidak boleh berhenti. Tapi gak apa-apa lah, yang penting yang naik haji selamat dan lancar, kembali lagi dengan selamat ke Kuningan dengan menyandang Haji Mabrur dan Mabrurah,” kata Rohanan, warga Kecamatan Kramatmulya yang menghantarkan Kakaknya ke KIC.

Baca Juga:  1.009 Calon Jama'ah Haji dari Kuningan Siap Diterbangkan | Dibagi 3 Kloter 2023

Tampak pula salah satu petugas menjelaskan, dirinya hanya menjalankan tugas untuk tidak membolehkan warga pengantar jamaah berhenti di pinggir jalan menuju kompleks KIC, karena jelas akan terjadi kemacetan parah.

“Mohon maaf, aturannya begini Pak, tidak boleh ada yang masuk untuk pengantar. Dipersilahkan langsung pulang saja ya. Soalnya pasti macet,” kata petugas Sat Pol PP tersebut.

Ba'da Subuh, 366 Jama'ah Calon Haji Kuningan Dilepas dari KIC
Para jamaah calon Haji, siap dihantarkan menggunakan 10 bus pariwisata menuju Asrama Haji Indramayu, Selasa pagi (30/5/2023).

Sementara itu, para jamaah langsung menuju Masjid At-Taufik, kompleks KIC. Sebelum dilepas, mereka bersama para petugas dari Kemenag dan Pemda Kuningan melaksanakan Shalat Subuh berjamaah.

Sekitar pukul 05.00 WIB, para jamaah kemudian dilepas menuju Embarkasi / Asrama Haji Indramayu. Jumlah jamaah Calon Haji 366 ditambah 8 petugas, sehingga keseluruhan sebanyak 374 orang.

Mereka diberangkatkan menggunakan 10 bus pariwisata menuju Indramayu, dengan dikawal mobil Patwal Kepolisian. Suasana haru pun terpantau dari keluarga para jamaah melepas keberangkatan menuju Asrama Haji.

“Kita melepas para Calon Jamaah Haji Kloter 3 ini dari KIC pukul 05.00 WIB. Jamaah akan berangkat ke Asrama Haji di Indramayu, dan berangkat menuju Bandara Kertajati Majalengka besok pagi, Rabu (31/5/2023) sekitar jam 05.15 WIB,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kuningan, H Ahmad Sadudin.

Baca Juga:  Bantu KPU, Kemenag Siap Libatkan 50 Ribu Penyuluh Agama Sukseskan Pemilu 2024

“Jamaah nanti masuk Asrama Haji di Indramayu pukul 08.00 WIB. Lalu besok Rabu, berangkat ke Bandara Kertajati, dan take off (terbang naik pesawat, red) ke Arab Saudi pukul 05.15 WIB,” imbuhnya.

Sadudin menjelaskan, segala kelengkapan para jamaah telah sesuai aturan. Dan pihaknya pun menekankan para petugas agar dapat menjalankan tugas di Kota Suci dengan baik, dalam pengawalan atau bimbingan kepada para jamaah.

“Insya Allah untuk Kloter 3 ini akan Landing atau kembali ke Bandara Kertajati tanggal 11 Juli 2023, sekitar pukul 21.40 WIB. Kita doakan agar semuanya berjalan lancar tanpa ada halangan apapun,” ujarnya.

Cek Juga

Gempa Bumi Kuningan Rusak Sejumlah Rumah, BPBD Imbau Warga Tetap Tenang

Gempa Bumi Kuningan Rusak Sejumlah Rumah, BPBD Imbau Warga Tetap Tenang

SiwinduMedia.com – Gempa Bumi kedua berkekuatan M=41 di wilayah Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Kamis sore …