Agenda Sosialisasi Pemilu Serentak 2024 PPK Pancalang bersama Ibu-ibu Majelis Ta’lim//Foto:SiwinduMedia.com/Iwan Setiawan

Sosialisasi Pemilu Serentak 2024, PPK Pancalang : Genjot Partisipasi Masyarakat Lewat Ibu-ibu Majelis Ta’lim

SiwinduMedia.com-Tahapan Pemilu (pemilihan umum) tahun 2024 tinggal menghitung bulan, Selain proses panjang penyusunan daftar pemilih menuju DPT, agenda sosialisasi kepemiluan juga menjadi kegiatan yang harus digalak-kan guna meningkatkan angka partisipasi masyarakat baik selama tahapan berlangsung maupun saat hari-h pelaksanaan pemungutan suara.

Begitu dengan PPK kecamatan Pancalang yang aktif terus menerus mengajak kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk menjadikan pemilu sebagai sarana integritas bangsa. Hal itu diutarakan langsung oleh ketua PPK Kecamatan Pancalang, Dian Aprianti dalam sambutannya sebagai pembuka agenda sosialisasi pada acara Dirosah Islamiyah Majelis Ta’lim se-Kecamatan Pancalang, Minggu (28/5/2023).

Diterangkan Dian, meskipun Ibu-Ibu majelis ta’lim sudah terbiasa menghadapi pemilu, namun tidak sedikit ibu-ibu menjadi pemilih yang melahirkan perpecahan hanya karena perbedaan pilihan. Peran seorang ibu dalam pemilu sangat dibutuhkan. Dalam hal ini bukan berarti mendikte pemilih lain harus pilih si A atau si B, melainkan dalam hal menjaga kerukunan juga sebagai suri tauladan pemilih pemula.

“Ibu-ibu (majelis) khususnya, harus bisa melahirkan pemilih yang bijak. Tolak money politic, waspada hoax, juga tetap jaga kerukunan. Tentu, itu menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk senantiasa memberikan contoh yang baik.” Ujarnya dalam sambutan pembuka sosialisasi sekaligus menyampaikan rasa terima kasih.

Baca Juga:  Pemkab Kuningan Siapkan Dana Hibah Rp43,5 Miliar untuk Pilkada 2024

Dirosah Islamiyah yang merupakan agenda triwulan majelis ta’lim se-kecamatan Pancalang dihadiri sedikitnya 1.300 jamaah dari 13 desa. Melalui kegiatan sosialisasi di majelis ta’lim ini, kata Dian, harapannya, ibu-ibu bisa menjadi pelopor sosialisasi ke masyarakat luas, atau minimal ke sanak saudaranya.

“Kami (PPK) berterima kasih kepada pimpinan Dirosah, para kasepuhan, panitia lokal, dan seluruh pimpinan majelis yang telah memberikan kami ruang untuk mensosialisasikan pemilu serentak 2024,” tambahnya sembari memperkenalkan anggota PPK lainya.

Acara dilanjut dengan penyampaian alur atau tahapan pemilu 2024 oleh Hasan Fauzi yang mengamini sambutan ketua PPK. Pemilu sebagai sarana integritas bangsa. Dan ini berawal dari kita sebagai orang tua.

“Leres, naon anu didugikeun bu ketua, hayu sama-sama kawal pemilu” ucap Hasan sebelum mulai menyampaikan tahapan-tahapan.

Perlu diketahui juga, kegiatan Dirosah Islamiyah ini dihadiri oleh forkopincam, ketua dan jajaran KUA kec. Pancalang, dan diisi tausiah oleh Habib abdurrahman  bin Ahmad Al-jufri dari Sangkanurip.

Sebelum beranjak ke acara inti Dirosah, kegiatan sosialisasi ditutup dengan kuis menarik seputar kepemiluan yang dipandu oleh Yayat sebagai wakil divisi SDM Sosdiklih, dan Parmas. Diselipi sendau gurau dan gelak tawa, menjadikan suasana pagi begitu ceria.

Baca Juga:  Konsolidasi Besar-Besaran Jelang Pemilu, Caleg RI Narendra : Saya Ingin Jadi Pelayan Masyarakat

 

Cek Juga

Warga Desa Kaduagung Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan

Warga Desa Kaduagung Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan

SiwinduMedia.com – Dukungan kepada H Yanuar Prihatin untuk menjadi Bupati Kuningan 2024-2029 terus berdatangan. Kali …