Kusir Delman Diberi Pengarahan Kamtibmas Hingga Harus Berhati-hati Hadapi Tahun Politik
Ketua Paguyuban Perdokar Kuningan, Kombes Pol (Purn) H Irwan Sukmawan, foto bersama puluhan kusir Delman, usai pengarahan, Jumat (19/5/2023). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

Kusir Delman Diberi Pengarahan Kamtibmas Hingga Harus Berhati-hati Hadapi Tahun Politik

SiwinduMedia.com – Puluhan kursir Delman atau dokar di wilayah Kabupaten Kuningan, diberikan pengarahan terkait Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), hingga berhati-hati dalam menghadapi tahun politik.

Pengarahan tersebut disampaikan Ketua Paguyuban Perdokar Kabupaten Kuningan, Kombes Pol (Purn) H Irwan Sukmawan SH, di hadapan para kusir Delman, Jumat siang (19/5/2023). Acara tersebut dilaksanakan di halaman rumah tokoh Perdokar Kuningan, Sukri (Wa Uking), Jalan Delman, Lebakardin, Kuningan.

Irwan yang juga Ketua Persatuan Purnawirawan (PP) Polri Cabang Kabupaten Kuningan ini, memberikan pengarahan terkait pentingnya para anggota Perdokar untuk menjaga ketertiban dan keamanan, khususnya bagi mereka yang beroperasi malam hari di wilayah Kuningan kota.

“Pada kesempatan yang baik ini, dengan dihadiri anggota Perdokar yang jalan operasionalnya malam hari berjumlah 42 orang, ditambah koordinator 5 orang, saya mengingatkan untuk kita semua menjaga kedisiplinan, seperti parkir delman agar tertib, jangan sampai semrawut,” kata Irwan.

Disamping itu, Irwan juga meminta para kusir Delman ini untuk menjaga kebersihan. Apabila ada kotoran Kuda, agar segera dibersihkan dengan memasukkannya ke dalam karung. Untuk itu, kata Irwan, setiap Dokar / Delman harus mempunyai serok Sekop, yakni alat kebersihan untuk membersihkan kotoran kuda yang berceceran.

Baca Juga:  Ajak Anak Yatim, PP Polri Kuningan Resmikan Kantor Sekretariat

“Apabila Kudanya kencing, harus segera dibersihkan, disebor,” imbaunya lagi.

Selain untuk menjaga kebersihan, Irwan juga meminta para kusir Delman ini agar bisa menjaga ketertiban. Seperti apabila mereka melewati Masjid agar suara volume musik dapat dikecilkan. Hal itu sebagai bentuk menghormati para jamaah yang ada di Masjid, terutama yang sedang beribadah.

“Disamping itu pula, saya selaku Ketua Perdokar, ingin memberikan kesejahteraan dari kita untuk kita, dengan cara hayu (mari, red) kita galakan iuran setiap Dokar Rp10.000, dengan dikumpulkan setiap malam Minggu,” ajaknya.

Jadi, lanjut Irwan, seminggu sekali iuran tersebut ditarik oleh bendahara dua Paguyuban Perdokar Kuningan. Uang iuran tersebut, kegunaannya untuk menjenguk rekan sesama Kusir Delman yang sedang sakit, untuk memberi santunan bagi sesama Kusir Delman yang terkena musibah, baik itu kecelakaan atau musibah Kudanya mati.

“Dan apabila rekan kita yang meninggal, nah dari iuran itu kita menggunakan uang yang dikumpulkan oleh bendahara. Mudah-mudahan kita semua diberi kesehatan, dan umur panjang dan barokah, untuk senantiasa beribadah mencari nafkah untuk keluarga,” terangnya

Baca Juga:  Para Purnawirawan Polri Bersatu! Kombes Pol (Purn) Irwan: Sekali Bhayangkara Tetap Bhayangkara

Dalam kesempatan itu, Irwan juga meminta kepada para anggota Paguyuban Perdokar, karena saat ini telah memasuki tahun politik, agar berhati-hati, dan selalu berkoordinasi dengan pengurus. Jika ada pertemuan-pertemuan atau sejenisnya, diminta untuk memberikan laporan kepada Ketua.

“Segala sesuatunya harus sepengetahuan Ketua, harus melapor kepada Ketua, jangan berjalan sendiri-sendiri. Mohon hormati pengorbanan kami, baik tenaga dan pikiran yang selama ini diberikan. Untuk itu, sekali lagi saya minta, dengan tahun politik ini siapapun yang datang sama kalian, harus sepengetahuan Ketua Perdokar,” tegasnya.

Cek Juga

Ujang Beri Kode PKB Belum Tentu Usung Yanuar Prihatin Calon Bupati

Ujang Beri Kode PKB Belum Tentu Usung Yanuar Prihatin Calon Bupati

SiwinduMedia.com – Ketua DPC PKB Kabupaten Kuningan H Ujang Kosasih, memberikan pernyataan bahwa pengumuman DPP …