32 Biksu Pejalan Kaki dari Thailand Menuju Candi Borobudur, Mampir Dulu ke Kuningan
Puluhan Biksu dari Thailand yang hendak menuju ke Borobudur, mampir ke OW Ipukan, Palutungan, Kuningan, untuk refreshing, Jumat siang (29/5/2023). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

32 Biksu Pejalan Kaki dari Thailand Menuju Candi Borobudur, Mampir Dulu ke Kuningan

SiwinduMedia.com – Publik Indonesia saat ini sedang menyambut kedatangan 32 Biksu yang berjalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Hebohnya lagi, ternyata mereka mampir ke Kabupaten Kuningan.

Para Biksu yang sedang mengemban misi perjalanan jauh dengan berjalan kaki atau yang disebut juga ritual Thudong, berkesempatan mampir ke Kuningan, tepatnya di kawasan Wisata Alam Ipukan-Palutungan, Desa Cisantana Kecamatan Cigugur, Jumat siang (19/5/2023).

Tampak mereka bersantai sambil main ayunan, serta berswafoto di lokasi wisata ini. Mereka pun berbincang dengan para pengunjung, bahkan bermeditasi di Curug Ipukan. Tampak pula puluhan aparat kepolisian dan TNI mengawal kehadiran para Biksu ini.

32 Biksu Thailand tersebut mendatangi Objek Wisata Ipukan, dalam rangka kegiatan refreshing setelah melakukan perjalanan sangat jauh dengan berjalan kaki. Mereka sengaja mampir ke Kuningan sebelum melanjutkan perjalanan ritual Thudong, dari persinggahan di Kota Cirebon menuju Jawa Tengah, Senin mendatang (22/5/2023).

Para Biksu ini tiba di kawasan wisata Ipukan sekitar pukul 13.00 WIB. Tampak mereka sangat menikmati suasana alam di sekitar kawasan wisata Ipukan-Palutungan, yang merupakan objek wisata alam di bawah kaki Gunung Ciremai.

Baca Juga:  Fakta-fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia U22 atas Thailand di Final Sea Games 2023

Biksu lainnya nampak tertarik menyaksikan alat kesenian tradisional karinding, yang diperkenalkan budayawan Kuningan. Sebagian lagi  melakukan meditasi di curug setempat, dan menikmati fasilitas wisata lainnya.

“Teman-teman kami datang ke Kuningan untuk kegiatan refreshing, penyegaran. Kuningan ini memang sejuk,” ujar Wawan, Biksu asal Indonesia yang mendampingi para Biksu dari Thailand itu.

Wawan melanjutkan, Senin nanti para Biksu tersebut akan kembali melanjutkan perjalanan ritual Thudong Internasional, yakni berjalan kaki sejak 23 Maret 2023 dari Thailand menuju Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah untuk memperingati Hari Waisak yang akan berlangsung 2 Juni mendatang.

“Besok kita akan melanjutkan perjalanan dari Cirebon menuju Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Mohon doanya agar perjalanan kami lancar sampai tujuan,” kata Wawan mewakili para Biksu Thailand itu.

Sebagaimana diberitakan banyak media, rombongan biksu Thailand ini disambut baik oleh masyarakat yang berada di daerah-daerah lintasan mereka, dari mulai Jakarta, hingga daerah lain di Pantura, termasuk Indramayu dan Cirebon. Tak sedikit masyarakat memberikan makanan dan minuman kepada mereka, sebagai bentuk toleransi yang tinggi masyarakat Indonesia yang didominasi umat Muslim.

Baca Juga:  Fakta-fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia U22 atas Thailand di Final Sea Games 2023

Mereka pun menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat masyarakat Indonesia, karena begitu tolerannya penyambutan terhadap para Biksu ini. Bahkan diakui melebihi penyambutan di Thailand itu sendiri, dan juga di Malaysia.

Isai berwisata di Ipukan, Kuningan, rombongan Biksu ini kembali ke Cirebon menggunakan sejumlah kendaraan roda empat untuk melanjutkan beberapa agenda, termasuk bertemu dengan pihak Kesultanan Cirebon. Tampak masyarakat Kuningan pun memberikan dukungan atas kehadiran para Biksu Thailand, meskipun hanya untuk bersantai sejenak di Ipukan.

Cek Juga

Warga Desa Kaduagung Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan

Warga Desa Kaduagung Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan

SiwinduMedia.com – Dukungan kepada H Yanuar Prihatin untuk menjadi Bupati Kuningan 2024-2029 terus berdatangan. Kali …