Fakta-fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia U22 atas Thailand di Final Sea Games 2023
Indonesia Juara Sepak Bola SEA Games 2023 (foto: instagram/erickthohir)

Fakta-fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia U22 atas Thailand di Final Sea Games 2023

Siwindumedia.com – Pertandingan final cabang sepak bola SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia melawan Thailand berlangsung seru dan menegangkan. Dalam laga yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh pada Selasa (16/5/2023), Timnas Garuda berhasil mengalahkan Thailand dengan skor akhir 5-2.

Meski pertandingan sempat diwarnai kericuhan antara pemain dan juga tim official kedua tim, dan hujan kartu merah.

Timnas Indonesia U22 sukses membantai  dengan skor telak 5 Timnas Thailand U22 dengan skor meyakinkan 5 -2 melalui babak extra time.

Kemenangan Indonesia pada ajang SEA Games kali ini mencetak sejarah baru untuk sepak bola Tanah Air.

Penantian selama 32 tahun Indonesia merebut kembali medali emas akhirnya tiba. Kemenangan telak Timnas Indonesia atas Thailand di SEA Games 2023 kali ini mengingatkan kembali momen terakhir skuad Garuda meraih medali emas pada 1991.

Atas kemenangan ini, ucapan selamat dan pujian untuk Timnas Indonesia U-22 tidak henti-hentinya mengalir di media sosial. Kemenangan Timnas Indonesia ini menyimpan beberapa fakta unik yang tak terduga. Berikut fakta-fakta menarik kemenangan Timnas Indonesia U-22.

Baca Juga:  32 Biksu Pejalan Kaki dari Thailand Menuju Candi Borobudur, Mampir Dulu ke Kuningan

1. Timnas Indonesia Permalukan Thailand

Seperti yang sudah disinggung, Timnas Indonesia U-22 berhadapan kontra rival beratnya di Asia Tenggara yaitu Timnas Thailand U-22. Di laga itu, Timnas Indonesia U-22 berhasil mendulang kemenangan dengan skor telak 5-2!

Lima gol Timnas Indonesia U-22 lahri dari Ramadhan Sananta (20’ dan 45+4’), Irfan Jauhari (93’), Fajar Fathur Rachman (106’), dan Beckham Putra (109’). Sedangkan, Tim Gajah Perang -julukan Timnas Thailand U-22- hanya bisa membalas dua gol via Anan (65’) dan Burapha (90+7’).

2. Pertandingan Berlangsung Panas dan Dihujani Kartu Merah

Laga final ini berlangsung panas penuh drama lantaran terjadi keributan antara pemain dan staf dari kedua tim negara.

Pada awal perpanjangan waktu babak pertama, usai Irfan Jauhari sukses cetak gol untuk Indonesia, terjadi adu pukul di antara staf ofisial. Dalam insiden tersebut, Sumadji selaku manajer Timnas Indonesia terjatuh lantaran terkena pukulan staf timnas Thailand.

Keributan itu berujung dengan kartu merah untuk ofisial kedua tim. Wasit Ali Al Hatmi juga memberikan kartu merah kepada kiper Thailand Soponwit Rakyart dan bek Indonesia Komang Teguh.

Baca Juga:  SEA Games 2023: Insiden Terbaliknya Bendera Merah Putih Warnai Opening Ceremony SEA Games 2023

Kartu merah kembali diberikan kepada pemain timnas Thailand Jonathan Khemdee, usai dirinya mendapat kartu kuning kedua lantaran berbenturan dengan Rio Fahmi.

Kartu merah tersebut membuat Thailand harus bermain dengan 9 pemain dengan Indonesia 10 pemain. Setelah itu lagi-lagi Timnas Thailand kembali mendapatkan kartu merah untuk Theerasak.

3. Tebus Kegagalan di Final SEA Games 2013 atas Thailand

Perjuangan Garuda Muda semalam, tentu jadi tinta sejarah bagi sepakbola Indonesia. Bagaimana tidak, Timnas Indonesia U-22 akhirnya berhasil mendulang medali emas SEA Games 2023.

Capaian itu sekaligus menebus kegagalan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2013 atas Thailand. Ketika itu, Timnas Indonesia U-22 kalah 0-1 dari Thailand, yang sekaligus memupus harapan Indonesia menggondol medali emas SEA Games 2013.

4. Gelar Juara Ke-3 di Ajang SEA Games

Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 jelas jadi tinta sejarah baru di ajang SEA Games. Jika ditotal Indonesia sudah delapan kali masuk final sepakbola SEA Games.

Namun, baru tiga gelar juara yang berhasil ditorehkan Indonesia. Termasuk medali emas SEA Games 2023, Indonesia meraih gelar juara pada SEA Games 1987 dan 1991.

 

 

 

 

Cek Juga

Warga Desa Kaduagung Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan

Warga Desa Kaduagung Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan

SiwinduMedia.com – Dukungan kepada H Yanuar Prihatin untuk menjadi Bupati Kuningan 2024-2029 terus berdatangan. Kali …