Meski Sistem Pileg 2024 Tertutup, PAN Tetap Bakal Terapkan Suara Terbanyak yang Menang
Ketua DPD PAN Kuningan H Uba Sobari, menyerahkan berkas pendaftaran 50 Bacaleh kepada Ketua KPU Asep Z Fauzi, Jumat (12/5/2023). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/SWIMDUMEDIA.COM

Meski Sistem Pileg 2024 Tertutup, PAN Tetap Bakal Terapkan Suara Terbanyak yang Menang

SiwinduMedia – 50 Bakal Caleg PAN telah didaftarkan ke KPU Kabupaten Kuningan, Jumat pagi (12/5/2023). Para Bacaleg ini akan bersaing dengan 50 Bacaleg lainnya dari partai lain untuk memperebutkan 50 kursi DPRD Kabupaten Kuningan.

Ketua DPD PAN Kuningan H Uba Sobari dalam konferensi persnya usai pendaftaran di KPU, menyampaikan, jika nantinya Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk pelaksanaan Pileg 2024 nanti menggunakan sistem proporsional tertutup, bagi PAN itu tidak menjadi persoalan. Namun yang pasti, meskipun umpamanya Pileg dilaksanakan sistem tertutup, namun bagi PAN tetap akan menerapkan suara terbanyak yang akan menjadi pemenang.

“Kalau umpamanya sistem Pemilu nanti tertutup, di PAN itu tetap yang menang yang suara terbanyak. Jangan takut, kita siap menyongsong Pemilu 2024,” kata Uba di hadapan puluhan wartawan di KPU.

Uba menuturkan, PAN Kuningan optimis pada Pileg 2024 nanti akan meraih maksimal 9 kursi dari saat ini PAN punya 5 kursi di DPRD Kuningan. Itu karena dirinya melihat ada nama H Udin Kusnaedi yang pada Pileg 2024 akan maju dari Dapil 1.

Baca Juga:  Angka Kasus Covid-19 Kembali Naik, KPU Jabar Batasi Jumlah Pendamping yang Daftar Bacaleg DPRD dan Balon DPD

“Pak Haji Udin kan nanti dari Dapil 1, dulunya dari Dapil 2. Insya Allah ini menjadi kekuatan besar bagi PAN, Dapil 1 bisa dua kursi. Untuk Dapil 2 pengganti H Udin, ada Ibu Lin Yulyanti, dulu pernah 2 periode jadi anggota dewan, sekarang maju lagi,” tuturnya.

Meski Sistem Pileg 2024 Tertutup, PAN Tetap Bakal Terapkan Suara Terbanyak yang Menang
Jajaran Pengurus DPD PAN Kuningan tiba di kantor KPU untuk mendaftarkan 50 Bacaleg, Jumat pagi (12/5/2023).

Yang menjadi sorotan lagi, PAN berani memajukan Toto Suharto pada Pileg 2024 nanti ke Provinsi Jabar. Menurut Uba, Toto sudah 3 periode di DPRD Kuningan, sehingga sudah saatnya melangkah lebih maju lagi menuju kursi DPRD Jabar.

“Pak Toto nanti ke Provinsi ya. Beliau sudah lama di Kuningan, bosen, sudah 3 periode. Sudah saatnya ke Jabar. Insya Allah juga ini menjadi kekuatan besar kita untuk kemenangan PAN pada Pemilu 2024,” ujarnya.

Peluang lainnya yang dimiliki PAN, yakni dengan bergabungnya mantan politisi senior PKS Iwan Sonjaya, untuk mencalonkan diri dari PAN mengisi kekosongan Dapil 5. Itu pula yang membuat Uba optimis PAN akan meraih kursi lebih banyak dari saat ini.

“Sari Dapil lima sekarang kan kosong. Nah untuk mengisi kekosongan ini, saya senang karena ada Pak Iwan Sonjaya yang sekarang bergabung dengan PAN dan menjadi Bacaleg PAN dari Dapil 5,” sebut Uba.

Baca Juga:  Sosialisasi Pemilu 2024, KPU Kuningan Gelar Turnamen Sepakbola Antar PPK-PPS

Dalam kesempatan itu, tampak pula salah satu Bakal Caleg muda yang juga menjabat Bendahara DPD PAN, Ade Abdul Jafar Sidiq. Ade saat ini menjabat anggota DPRD Kuningan dari Dapil Kuningan 3, dan optimis akan kembali menang dan duduk sebagai anggota DPRD Kuningan pada Pileg 2024 nanti.

“Insya Allah pasukan sudah disiapkan, dan saya mewakili kaum milenial siap memenangkan PAN. Kita akan berusaha keras dengan apa yang kita miliki, kemampuan kita masing-masing untuk meraih kemenangan,” tegas Ade.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …