CCTV merekam lontaran abu vulkanik dari Gunung Anak Krakatau saat gunung api di perairan Selat Sunda, Provinsi Lampung, itu mengalami erupsi pada Sabtu pagi (13/5/2023). (Foto: Dokumentasi PVMBG)

Semburkan Abu Setinggi 2 KM, Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi Pagi ini

Siwindumedia.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa ada aktivitas erupsi kembali yang dialami oleh Gunung Anak Krakatau pada Sabtu pukul 07.10 WIB.

Dijelaskan bahwa Anak Gunung Krakatau melontarkan abu vulkanik setinggi kurang lebih 2.000 meter di atas puncak atau sekitar 2.157 meter di atas permukaan laut.

Letusan tersebut terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 65 mm dengan durasi 68 detik. Petugas juga melaporkan semburan abu vulkaniknya mengarah ke barat daya.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 65 mm dan durasi 68 detik,” kata Anggi Nuryo Saputro salah satu petugas pos pantau Gunung Anak Krakatau.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 65 mm dan durasi 68 detik,” katanya.

Sejak Kamis (11/5) Anak Krakatau mengalami berturut-turut mengalami erupsi sebanyak 5 kali hingga pagi ini. Letusan pertama terjadi sehari pascagempa berpusat di laut Sumur, Banten.

Baca Juga:  Dibalik Kritik Megawati Terhadap KPK, Ada Apa?

Status Gunung Anak Krakatau saat ini berada di level III atau siaga. Larangan mendekat dengan radius 5 kilometer dari kawah berlaku bagi masyarakat maupun nelayan.

Sebelumnya, pada Jumat (12/5/2023) pukul 23.20 WIB, Gunung Anak Krakatau juga mengalami erupsi, melontarkan abu vulkanik dengan tinggi kolom abu kurang lebih 1.500 meter di atas puncak gunung atau sekitar 1.657 meter di atas permukaan laut. Erupsi itu terekam seismograf memiliki amplitudo maksimum 70 mm dan durasi 86 detik.

Cek Juga

Ujang Beri Kode PKB Belum Tentu Usung Yanuar Prihatin Calon Bupati

Ujang Beri Kode PKB Belum Tentu Usung Yanuar Prihatin Calon Bupati

SiwinduMedia.com – Ketua DPC PKB Kabupaten Kuningan H Ujang Kosasih, memberikan pernyataan bahwa pengumuman DPP …