Menhub Usul Pelebaran Tol Cipali Jadi 4 Lajur, Astra Tol Cipali Sebut Masih dalam Tahap Proses Usulan
Suasana Arus Mudik 2023 di Gerbang Tol Palimanan (Foto: setkab.go.id)

Menhub Usul Pelebaran Tol Cipali Jadi 4 Lajur, Astra Tol Cipali Sebut “Masih dalam Tahap Proses Usulan”

Siwindumedia.com – Proses pelebaran ruas jalan di Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) dari 2 lajur menjadi 3 sampai 4 lajur masih dalam tahap proses usulan, hal tersebut diakui oleh PT Lintas Marga Sedaya atau Astra Tol Cipali.

Sebab, badan usaha jalan tol (BUJT) bersangkutan mengaku masih menunggu izin dari pemerintah untuk menambah lajur di tol Cipali, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kalau saat ini yang sudah pasti 3 lajur itu mulai dari Km 72-86. Kalau secara keseluruhan kami masih berkoordinasi dengan PIPR, karena masih harus ada perizinan yang harus dikoordinasikan,” ujar Traffic & Security Management Department Head Astra Tol Cipali Prayogi Setyo Pratomo di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Total, Tol Cipali memiliki panjang 116,75 km dari Gerbang Tol Cikampek Utama (GT Cikatama) hingga GT Palimanan. Namun saat ini, Prayogi menyebut, ruas Tol Cipali yang memiliki lebar hingga tiga lajur baru sekitar 89 km.

“Yang belum tiga lajur kurang lebih 89 km,” kata Prayogi.

Baca Juga:  Kepsek SMPN 3 Ciamis Kedapatan Tidur Saat Jam Kerja, Guru: Beliau Hampir Tidak Pernah Bekerja

Guna memuluskan hal tersebut, ia menyebut sudah menyampaikan usulan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, agar ruas tol tersebut bisa diperlebar satu atau dua lajur.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan penambahan lajur dari Jalan Tol Cipali (Cikampek-Palimanan) hingga Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang atau sebagian Tol Trans Jawa dari 2 lajur menjadi 3 atau 4 lajur.

Saran ini diberikan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang terjadi di sepanjang jalur tersebut selama musim mudik lebaran dan balik Lebaran 2023. Sehingga membuat diberlakukannya sejumlah rekayasa lalu lintas, mulai dari sistem lawan arah (contraflow) hingga satu arah (one way).

Hal tersebut diutarakan Menhub Budi Karya Sumadi dalam sesi penutupan posko pusat dan rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun 2023 di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

“Km 72 (Cikampek, Jalan Tol Cipali) ke Kalikangkung idealnya 3-4 jalur. Sehingga tak merubah harus jadi one way. Dari arah Kalikangkung maupun arah Jakarta idealnya 3 jalur agar lalu lintas tidak tersendat,” ujar Menhub.

Baca Juga:  Resmi! Acep Purnama Serahkan Tugas kepada Pj Bupati Kuningan HR Iip Hidajat

Meskipun begitu, Menhub mengaku musim mudik kali ini sukses mencapai sasaran yang ditargetkan, pemerintah perlu melakukan suatu evaluasi untuk lakukan perbaikan. Salah satunya perbaikan sarana dan prasarana di Tol Cipali, dengan melakukan penambahan lajur.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://www siwindumedia com/3604/menhub-usul-pelebaran-tol-cipali-jadi-4-lajur-astra-tol-cipali-sebut-masih-dalam-tahap-proses-usulan

Cek Juga

Wujudkan Ketahanan Pangan, Diskatan Gelar Tanam dan Panen Raya Padi Serentak di Cigarukgak

Wujudkan Ketahanan Pangan, Diskatan Gelar Tanam dan Panen Raya Padi Serentak di Cigarukgak

SiwinduMedia.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Diskatan) Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Gerakan Tanam dan …