KTT Asean ke-42 Resmi Dibuka, Hari ini Jokowi Pimpin 5 Pertemuan
Jokowi bersama para pemimpin negara ASEAN (Foto: ASEAN2023 Host Photografer)

KTT Asean ke-42 Resmi Dibuka, Hari ini Jokowi Pimpin 5 Pertemuan

Siwindumedia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, di Labuan Bajo, NTT. Jokowi akan memimpin lima pertemuan di KTT hari ini.

“KTT dimulai hari ini dengan lima pertemuan yang akan dipimpin oleh Bapak Presiden,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, Rabu (10/5/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin lima rangkaian pertemuan. Pertemuan tersebut akan berlangsung di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Adapun pertemuan yang dipimpin oleh Jokowi di antaranya adalah Pembukaan dan Sesi Pleno KTT ke-42 ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV).

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi mengatakan 5 rangkaian pertemuan KTT ASEAN itu, akan ditutup secara langsung oleh Jokowi di malam hari nanti. Penutupan itu bertepatan dengan kegiatan Welcoming Dinner di Ayana Komodo Waecicu Beach.

Baca Juga:  Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Tekad Shin Tae-Yong Loloskan Squad Merah Putih ke Olimpiade Paris 2024

“Keseluruhan acara KTT besok (Rabu 10 Mei,red) akan ditutup insyaallah dengan acara makan malam,” tutur Retno.

Kemudian, untuk Kamis (11/5/2023) ada tiga pertemuan dalam KTT ini. Dari tiga pertemuan itu Jokowi akan memimpin dua pertemuan. Pertama sesi retreat dan KTT Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Kemudian pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) dipimpin Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim karena keketuaan BIMP-EAGA saat ni dipegang oleh Malaysia.

“Pada 11 Mei, akan ada tiga pertemuan, dari tiga pertemuan tersebut, dua pertemuan akan dipimpin oleh Bapak Presiden,” ungkap Retno.

Cek Juga

Mega Proyek Kuningan Caang Rp117 Miliar Masih Berpolemik, DPRD Panggil Eks Kepala Dishub

Mega Proyek Kuningan Caang Rp117 Miliar Masih Berpolemik, DPRD Panggil Eks Kepala Dishub

SiwinduMedia.com – DPRD Kabupaten Kuningan melalui Panitia Khusus (Pansus) Kuningan Caang, memanggil eks Kepala Dinas …