Profil Singkat Prof Dr Sulianti Saroso, Salah Satu Dokter Wanita Indonesia Yang Jadi Doodle Google Hari ini
Google Doodle ulang tahun ke-106 Profesor Dr Julie Sulianti Saroso. (Foto: Ruangtekno.com)

Profil Singkat Prof Dr Sulianti Saroso, Salah Satu Dokter Wanita Indonesia Yang Jadi Doodle Google Hari ini

Siwindumedia.com – Google Doodle hari ini merayakan hari jadi Prof Dr Julie Sulianti Saroso, ia merupakan salah satu dokter wanita pertama di Indonesia.

Semasa hidupnya, Prof Dr Saroso  mendedikasikan diri untuk membantu masyarakat rentan mendapatkan akses layanan kesehatan berkualitas.

Sosoknya dikenal banyak orang sebagai salah satu pakar kesehatan paling signifikan pada masanya karena mempromosikan kesehatan ibu hamil dan keluarga.

Sulianti Saroso lahir pada 10 Mei tahun 1917 di Karangasem, Bali. Sang ayah juga merupakan dokter dan menjadi inspirasinya menggeluti bidang kedokteran di usia muda.

Sulianti Saroso lulus dengan gelar kedokteran dari Sekolah Geneeskundige Hoge pada tahun 1942 dan melanjutkan pendidikannya di Eropa dan Amerika Serikat. Di sana, dia meraih beberapa gelar lanjutan dalam kesehatan masyarakat.

Selama mengenyam pendidikan di AS, Sulianti belajar di Johns Hopkins University dan Universitas California, di mana ia memperoleh gelar PhD dalam kesehatan masyarakat.

Prof Dr Saroso Sulianti juga menerima beasiswa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempelajari sistem kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa.

Baca Juga:  Nadiem dalam Upacara Peringatan Hardiknas 2023: Gerakan Merdeka Belajar Menjadi Sejarah Baru dalam Pendidikan di Indonesia

Sekembalinya ke Indonesia pada tahun 1952, dia membantu membawa pendidikan KB dan keluarga berencana ke Tanah Air.

Dia juga bergabung dengan Kementerian Kesehatan untuk memimpin program yang meningkatkan akses kesehatan bagi perempuan, anak-anak, dan penduduk desa.

Sukses berkarir di bidang kesehatan masyarakat, Prof Dr Saroso Sulianti mulai mengajar di Universitas Airlangga pada tahun 1969 dan membantu melatih generasi dokter dan petugas kesehatan berikutnya.

Setelah itu, Prof Dr Saroso Sulianti kemudian menjadi Presiden perempuan kedua Majelis Kesehatan Dunia dan bertugas di beberapa organisasi terkemuka, termasuk Komite Pakar Kesehatan Ibu dan Anak Organisasi Kesehatan Dunia, Komisi Pengembangan Masyarakat PBB di Negara-negara Afrika, dan Komisi Nasional Perempuan Indonesia.

“Selamat ulang tahun ke-106, Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso! Komitmen Anda yang tak tergoyahkan terhadap pemerataan layanan kesehatan mengubah arah kedokteran di Indonesia. Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso di Jakarta meneruskan warisan Anda,” sebut perayaan di Google Doodle, seperti yang dilihat siwindumedia.com Rabu (10/5/2023).

Baca Juga:  Pascalebaran, Angka Perceraian Meningkat. Jumlah Janda di Kota Bandung Bertambah

Cek Juga

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

SiwinduMedia.com – Perhelatan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kuningan semakin mendekat. Banyak tokoh yang telah …