Terobosan Baru Kepala Diskopdagperin Kuningan, Ciptakan ProKasi ABadi UMKM
Roadshow ProKasi UMKM Diskopdagperin Kuningan di Sekretariat Komunitas UMKM Baraya, Desa Margasari, Kecamatan Luragung, Senin (8/5/2023). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

Terobosan Baru Kepala Diskopdagperin Kuningan, Ciptakan ProKasi ABadi UMKM

SiwinduMedia.com – Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan, menggelar kegiatan roadshow Program Kolaborasi Anjangsana dan Bina Edukasi UMKM (ProKasi ABadi UMKM), Senin (8/5/2023).

Acara digelar di Sekretariat Komunitas UMKM Baraya, Desa Margasari, Kecamatan Luragung. Kegiatan ini dihadiri oleh para pengusaha dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tergabung dalam Komunitas UMKM Baraya.

ProKasi ABadi UMKM, merupakan salah satu Inovasi/terobosan Kepala Diskopdagperin Kuningan, U Kusmana SSos MSi pada awal tahun 2023 ini.

Biasanya, para pelaku UMKM diundang oleh pihak Diskopdagperin untuk memperoleh edukasi dan informasi. Akan tetapi dengan inovasi ini, Diskopdagperin bekerjasama dengan stakeholder yang turun ke bawah dan jemput bola ke sekretariat Komunitas-Komunitas UMKM.

Adapun rangkaian kegiatan roadshow tersebut, yakni pengukuhan Komunitas UMKM sebagai binaan Diskopdagperin, memberikan informasi dan layanan pendampingan pendaftaran legalitas usaha seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), Sertifikat Halal, dan lain-lain.

Kemudian, memberian informasi mengenai persyaratan dan tata cara mengajukan KUR 2023 dari narasumber yang berkompeten (Promo Si Abank UMKM), mengajak para pelaku usaha untuk memanfaatkan QRIS sebagai alternatif sistem pembayaran nontunai di usaha masing-masing, memperkenalkan produk-produk layanan lembaga keuangan lainya yang dapat membantu pengembangan usaha UMKM di Kabupaten Kuningan.

Baca Juga:  Spesial Harjad Kuningan ke-525, Sudut Printing Cetak Spanduk Gratis untuk 100 Gerobak UMKM

Terakhir, memberikan informasi manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi pelaku Usaha, dan mendengarkan aspirasi dan masukan dari pelaku UMKM dalam rangka meningkatkan pelayanan Diskopdagperin Kab. Kuningan yang lebih baik.

Menurut Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, U Kusmana, pihaknya berusaha memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM mengenai berbagai aspek, yang dapat meningkatkan kualitas dan daya saing usaha mereka.

“Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada pelaku UMKM untuk terus berkembang dan memperluas jangkauan bisnis mereka,” ujar Uu, sapaan akrabnya.

Kegiatan roadshow ini, lanjut Uu, didukung oleh berbagai stakeholder Diskopdagperin yang selalu mengusung konsep Heksahelix-nya, hadir bersama Bank BJB Cabang Kuningan, PT Pegadaian Cabang Kuningan, dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cirebon.

“Para stakeholder tersebut berperan penting dalam menyediakan sumber daya dan dukungan yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka,” sebutnya.

Uu mengungkapkan harapannya, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para pelaku UMKM. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua stakeholder yang telah mendukung kkegiatan tersebut, sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Baca Juga:  Awalnya Hanya Mengisi Waktu, Ropiah dan Sukarta Malah Sukses Jadi Pengusaha Kerupuk

“Saya selaku Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, merasa sangat bangga dan bersemangat untuk meluncurkan ProKasi ABadi UMKM pada tahun 2023 ini. Hari ini kami melakukan roadshow yang perdana ke Komunitas Baraya di Luragung,” Ungkap Uu.

“Saya yakin bahwa kegiatan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Kuningan,” imbuhnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat membantu para pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas usahanya, sehingga dapat bersaing dengan pelaku bisnis lainnya di tingkat lokal maupun nasional.

Pada kesempatan silaturahmi ini juga, sekaligus menyerahkan SK Kadiskopsagperin tentang pengukuhan Komunitas UMKM Baraya dan 23 Komunitas lainnya akan diberikan SK dan resmi menjadi binaan diskopdagperin.

Cek Juga

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

PDI-P Sudah Keluarkan Surat Tugas Calon Bupati, Kuningan kepada Siapa?

SiwinduMedia.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah mengeluarkan surat tugas …