PKS Parpol Pertama Daftar ke KPU! Bawa 50 Bacaleg ke KPU, Berbondong-bondong Naik Odong-odong!
Ketua Fraksi PKS DPRD Kuningan, Etik Widiati, bersama jajaran DPD, tampak menaiki Odong-odong saat menuju kantor KPU Kuningan untuk pendaftaran 50 Bakal Caleg PKS, Senin (8/5/2023). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

PKS Parpol Pertama Daftar ke KPU! Bawa 50 Bacaleg Berbondong-bondong Naik Odong-odong!

SiwinduMedia.com – Sesuai nomor urut Parpol nomor 8, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berbondong-bondong naik odong-odong ke kantor KPU, daftarkan 50 Bakal Caleg, Senin (8/5/2023).

Angka 8 benar-benar menjadi angka khusus bagi PKS. Tidak hanya tanggal 8 yang digunakan untuk hari pendaftaran, jam 8 pun menjadi waktu keberuntungan bagi partai dakwah ini untuk merapat ke KPU.

Dengan pengawalan aparat kepolisian, ratusan kader PKS berangkat ke kantor KPU, dengan titik kumpul di kantor Sekretariat DPD PKS, Jalan Ir H Juanda, Kelurahan Cijoho, Kuningan. Pernak pernik PKS pun menghiasi 5 kendaraan odong-odong yang juga menjadi perhatian masyarakat.

Kedatangan rombongan PKS disambut jajaran KPU yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kuningan. Tampak Ketua KPU Kuningan Asep Z Fauzi beserta 4 komisioner lainnya, menyambut baik jajaran DPD PKS yang diikuti 50 Bakal Caleg, di Aula KPU setempat.

Rombongan PKS dipimpin langsung Ketua DPD, H Dwi Basyuni Natsir dan Sekretaris Saipudin. Tampak pula mendampingi, jajaran MPD dan DED PKS beserta organisasi sayap partai.

Menurut Ketua DPD PKS Kuningan, H Dwi Basyuni Natsir, pendaftaran Bakal Caleg PKS dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Sengaja dilakukan tanggal 8 Mei, untuk disesuaikan dengan nomor urut PKS, yakni juga nomor 8.

Baca Juga:  12 Mantan Narapidana Kasus Korupsi Maju Berebut Kursi Caleg DPR RI, Berikut ini Daftarnya

“Hari ini, Senin tanggal 8 Mei 2023, kami datang ke KPU untuk mendaftarkan Bakal Caleg. Hari ini kami daftar serentak di seluruh Indonesia, sesuai instruksi dari DPP. Kita naik 5 Odong-odong sesuai jumlah 5 Dapil di Kuningan,” kata Dwi.

Dwi menjelaskan, terdapat sebanyak 50 Bakal Caleg PKS yang didaftarkan ke KPU, sesuai dengan kuota jumlah kursi DPRD Kabupaten Kuningan, 50. Dari 50 Bacaleg, 33% merupakan keterwakilan perempuan.

“Insya Allah atas izin Allah kami optimis dukungan masyarakat Kuningan kepada PKS semakin tinggi, untuk perubahan. Tidak hanya Kuningan, tapi dukungan dari pusat sampai daerah,” jelasnya.

Untuk berkas-berkas pencalegan, kemudian diserahkan ke KPU untuk dilaksanakan penelitian oleh pihak Sekretariat. PKS pun merasa senang, lantaran seluruh berkas sudah lengkap sesuai persyaratan yang telah ditentukan oleh KPU.

Sementara itu, Ketua KPU Kuningan, Asep Z Fauzi, dalam keterangan persnya menyebutkan, Senin ini KPU baru saja menerima pengajuan Bacaleg Kuningan dari PKS. Meskipun KPU telah membuka masa pendaftaran sejak 1 Mei, tapi baru PKS yang mendaftar.

Baca Juga:  Ini 5 Komisioner Baru KPU Kuningan, 1 Incumbent

“Kita langsung melakukan penelitian kelengkapan dokumen persyaratan Bakal Calon dari PKS. Terkonfirmasi secara dokumen sudah lengkap dan kita terima. Total 50 Bakal Calon yang tersebar di 5 daerah pemilihan,” sebut Asfa, sapaan akrabnya.

KPU juga, kata Asfa, telah mengecek keterwakilan perempuan minimal 30%. Selanjutnya, KPU akan menunggu partai lain yang hingga saat ini masih dalam konfirmasi waktu kedatangan ke KPU.

“Yang sudah mengkonfirmasi itu ada PDIP tanggal 11 Mei, tanggal 12 ada PKB dan PAN, dan ada beberapa partai lainnya yang masih dalam konfirmasi. Kita tunggu kepastiannya,” kata Asfa.

Asfa memastikan, KPU akan standby di kantor untuk menerima penyerahan berkas. 1-13 standby hingga pukul 16.00 WIB. Terakhir pada 14 Mei 2023, standby hingga pukul 23.59 WIB.

“Kita standby setiap hari. Meskipun umpamanya di hari-hari tertentu tidak ada jadwal Parpol yang datang ke KPU. Intinya kita menunggu sampai dengan tanggal 14 Mei 2023, pukul 23.59 WIB,” pungkasnya.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …