SEA Games 2023 Insiden Terbaliknya Bendera Merah Putih Warnai Opening Ceremony SEA Games 2023
Upacara Pembukaan - Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja - 5 Mei 2023 Para pengisi acara membawa bendera negara peserta selama upacara pembukaan. (Foto: Reuters)

SEA Games 2023: Insiden Terbaliknya Bendera Merah Putih Warnai Opening Ceremony SEA Games 2023

Siwindumedia.com – Insiden terbaliknya bendera Merah Putih mewarnai pembukaan SEA Games 2023 di Kamboja. Hal tersebut langsung mendapatkan protes dari Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

Dalam upacara pembukaan SEA Games 2023 tersebut, terlihat bendera Indonesia yang dibawa terpasang terbalik sehingga menjadi mirip seperti bendera Polandia.

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara mengatakan panitia penyelenggara langsung bergerak cepat merespons kejadian tersebut. Mereka disebut telah meminta maaf kepada Indonesia.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujar Harry, Jumat (05/05).

NOC Indonesia langsung mengirimkan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

“NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techno National Stadium, Phnom Phen,” kata Harry dalam surat tersebut.

Baca Juga:  Kantor Dinsos Didemo, GMNI Tuding Bantuan PKH Tidak Transparan

“Penempatan bendera kami yang terbalik tidak dapat diterima karena kami telah memberi tahu CAMSOC berkaitan dengan pemasangan bendera Indonesia yang telah disetujui sebelumnya. Kami berharap ada perbaikan yang dilakukan pada Opening Ceremony dan menanti tindakan cepat Anda.”

SEA Games Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini merupakan pertama kalinya Kamboja menjadi tuan rumah pesta (multievent) olahraga solidaritas negara kawasan ASEAN. Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim berpartisipasi di 31 cabang olahraga.

Cek Juga

Peserta Tertua! Ketua DPRD Ikut Susuri Hutan Linggasana, Meriahkan Fun Hiking Ciremai Fest

Peserta Tertua! Ketua DPRD Ikut Susuri Hutan Linggasana, Meriahkan Fun Hiking Ciremai Fest

SiwinduMedia.com – Tidak mau kalah dengan anak-anak muda yang gemar hiking, Ketua DPRD Kuningan Nuzul …