Ada Gerhana Bulan Penumbra Pekan ini, Bisa Dilihat juga di Wilayah Ciayumajakuning!
Ilustrasi Gerhana Bulan Penumbra akan menghiasi langit Mei pada tanggal 5-6 nanti (Foto: AP/Mark Schiefelbein)

Ada Gerhana Bulan Penumbra Pekan ini, Bisa Dilihat juga di Wilayah Ciayumajakuning!

Siwindumedia.com – Sejumlah fenomena astronomi akan menghiasi langit selama bulan Mei ini, salah satu di antaranya adalah Gerhana Bulan Penumbra. Fenomena langit tersebut dapat dinikmati dengan mata telanjang apabila langit cerah.

Untuk diketahui, menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Gerhana Bulan Penumbra akan menyapa Indonesia pada 5 Mei mendatang.

Gerhana ini akan dimulai pada 5 Mei pukul 22.12 WIB dan berada di puncaknya pada 6 Mei pukul 00.22 WIB. Gerhana Penumbra ini sendiri akan berakhir pada pukul 02.33 WIB, sehingga total durasi gerhana adalah 4 jam 21 menit 28 detik.

Jika Anda merupakan warga yang berada di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan, dan ingin menikmati gerhana bulan penumbra. Jangan ragu, karena Anda juga menikmati fenomena astronomi yang menakjubkan di langit Ciayumajakuning.

Fenomena langit menakjubkan tersebut rupanya bisa disaksikan juga di langit di Wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning).

Jika langit di Ciayumajakuning tidak mendung, maka gerhana bulan penumbra akan bisa dilihat dengan mata telanjang, tanpa harus khawatir atau takut dengan pengaruh radiasi sinar bulan.

Baca Juga:  Diduga Akibat Puntung Rokok, Rumah di Dukuhmaja Terbakar Tewaskan Penghuni

Dilansir situs resmi BMKG, gerhana bulan penumbra adalah posisi bulan, matahari, bumi sejajar di mana bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

Berikut ini proses gerhana bulan penumbra pada pergantian Jumat malam ke Sabtu dini hari, tanggal 5 – 6 Mei 2023 :

  1. Awal gerhana dimulai pukul 22.12.09 WIB
  2. Puncak gerhana pukul 00.22.52 WIB
  3. Akhir gerhana pukul 02.33.36 WIB

Gerhana bulan penumba ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di langit Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan atau Wilayah Ciayumajakuning.

 

Cek Juga

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

Wakili Kaum Muda, Thony Indra Gunawan Daftar Calon Bupati Kuningan ke PKB dan P3

SiwinduMedia.com – Perhelatan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kuningan semakin mendekat. Banyak tokoh yang telah …