Amien Rais Usulkan Cawapres Pendamping Anies di Pilpres 2024 Berasal dari Indonesia Timur, Ini Respon PKS dan Nasdem
Anies Baswedan (Foto: kompas.com)

Amien Rais Usulkan Cawapres Pendamping Anies di Pilpres 2024 Berasal dari Indonesia Timur, Ini Respon PKS dan Nasdem

Siwindumedia.com – Tokoh reformasi, Amien Rais, memberi masukan kriteria cawapres yang pas untuk mendampingi Anies. Ia berharap agar Anies Baswedan dapat memilih calon wakil presiden (cawapres) dari Indonesia bagian timur dalam Pilpres 2024 mendatang. Anies sudah dideklarasikan oleh Partai Ummat sebagai capres pada Februari 2023 lalu.

“Karena itu wakilnya, menurut perhitungan nasional, sebaiknya tokoh yang datang dari Indonesia timur,” kata Ketua Majelis Syuro Partai Ummat tersebut di Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY, Sabtu (29/4/2023).

Ia menilai hal ini menirukan apa yang sudah dilakukan pada zaman pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla pada 2004 lalu. Dengan Jusuf Kalla sebagai wakil presiden kala itu, kata Amien, dapat mewakili masyarakat di Indonesia bagian timur.

“Kemudian karena itu wakilnya menurut perhitungan nasional, tokoh yang datang dari Indonesia timur, ini menirukan apa yang terjadi pada zaman Pak SBY,” bebernya.

“(Masyarakat di Indonesia bagian timur) Itu kadang-kadang terlupakan, kita selalu melebihkan yang di Jawa, Sumatra, mungkin Kalimantan, barat pokoknya,” ujar Amien.

Baca Juga:  Kuningan Bersiap Jadi Tuan Rumah Porpemda Jabar 2023, Digelar November

Disisi lain, Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengucapkan terima kasih kepada Amien Rais. Namun, Tim 8 yang membantu Anies untuk menentukan cawapres akan mengkaji beberapa tokoh yang potensial.

“Terima kasih Pak Amien, tentu sebagai referensi kami jadikan masukan, kami Tim 8 masih berproses untuk melakukan kajian kualitatif ke beberapa tokoh untuk diskusi mendalam,” kata Willy saat dihubungi, Sabtu, (29/4/2023).

Salah satu anggota Tim 8 itu menyebut pihaknya selalu menampung aspirasi.

“Tim 8 lebih banyak mendengarkan masukan jadi kami belum terpatok pada nama-nama,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyampaikan Indonesia Timur menjadi masa depan Indonesia.

“Masukan mesti dihargai. Indonesia Timur adalah masa depan Indonesia dengan segala potensi dan kekuatannya,” kata Mardani, dihubungi terpisah.

 

Cek Juga

Hukwas ; Langkah Konkret KPU

SiwinduMedia.com – Pada Bulan November mendatang kita akan melangsungkan pesta demokrasi dalam lingkup daerah yang …