3 Hari Pasca Lebaran Idul Fitri 1444 H, 15 Ribu Lebih Pengunjung Masuk ke OW Waduk Darma Kuningan
Kendaraaan antri memasuki OW Waduk Darma di hari ketiga Idul Fitri 1444 H. (Foto: Mumuh Muhyiddin/SiwinduMedia.com)

3 Hari Pasca Lebaran Idul Fitri 1444 H, 15 Ribu Lebih Pengunjung Masuk ke OW Waduk Darma Kuningan

SiwinduMedia.com – Meski masih berpolemik dan kini dikelola oleh Pemprov Jabar melalui PT Jaswita, Objek Wisata (OW) Waduk Darma Kuningan tetap jadi kebanggaan masyarakat.

Terbukti pada musim liburan saat ini, tepatnya di 3 hari Pasca Lebaran Idul Fitri 1444 H, tercatat sebanyak lebih dari 15 ribu pengunjung masuk ke OW Waduk Darma. Angka tersebut didapat dari data sistem yang disampaikan pihak pengelola.

Penanggung Jawab OW Waduk Darma yaang juga Kepala Desa Jagara Kecamatan Darma, Umar Hidayat, melalui Humas, Sujono, menjelaskan, pihak pengelola mulai sedikit kerepotan atas membeludaknya pengunjung OW Waduk Darma, sejak sehari setelah Lebaran, Minggu (23/4/2023).

“Alhamdulillah pengunjung cukup membeludak dari hari Minggu tanggal 23 April, kemudian Senin kemarin dan sekarang hari Selasa di hari ketiga setelah Lebaran. Ya sekitar 15 ribu lebih pengunjung masuk ke Waduk Darma, selama 3 hari ini,” kata Sujono.

Dari data yang masuk, Minggu (23/4/2022) terdapat sebanyak 6.668 pengunjung, dengan jumlah kendaraan motor sebanyak 1.087 unit, dan mobil 743 unit. Kesemuanya terdata melalui sistem komputerisasi yang ada di pintu masuk.

Baca Juga:  Prajurit Kodim 0615/Kuningan Ikut Karnaval Mobil Hias dalam Memeriahkan Harjad Kuningan ke-525

Kemudian, lanjut Jono, pada hari kedua, Senin (24/4/2023), terdapat sebanyak 4.430 pengunjung masuk ke Waduk Darma sejak pagi sekitar jam 08.00 hingga sore hari. Di hari yang sama jumlah kendaraan bermotor sebanyak 971 unit, dan mobil sebanyak 622 unit.

“Untuk hari pertama dan kedua, jumlah pengunjung sebanyak 11.098 orang, kendaraan motor 2.058 unit, serta kendaraan mobil masuk sebanyak 1.365 unit. Nah, untuk hari ini (Selasa, red), datanya belum tercover, karena biasa sore baru bisa dilaporkan,” jelas Jono.

“Tapi diperkirakan tidak begitu jauh dari dua hari sebelumnya, ya sekitar 5000 pengunjung atau bisa lebih. Jadi 3 hari ini pengunjung masuk ke Waduk Darma ada sekitar 15 ribu lebih pengunjung,” imbuhnya.

3 Hari Pasca Lebaran Idul Fitri 1444 H, 15 Ribu Lebih Pengunjung Masuk ke OW Waduk Darma Kuningan
Kawasan Dermaga Waduk Darma dipenuhi pengunjung yang hendak naik perahu wisata.

Menurut Jono, kebanyakan masyarakat pengunjung merasa penasaran dengan view yang baru di Waduk Darma pasca direvitalisasi beberapa waktu lalu. Fasilitas yang sangat disukai para pengunjung, diantaranya naik perahu keliling Waduk Darma dengan tiket Rp20 ribu per orang, sekali putaran.

“Pengunjung sangat menikmati fasilitas perahu ini. Keamanannya juga Insya Allah ketat, karena disediakan jaket pelampung untuk menjaga keamanan penumpang Perahu,” sebut Jono.

Baca Juga:  DPC Apdesi Kuningan Masa Bhakti 2023-2028 Resmi di Lantik, Henny Ajak Membangun Desa, Dari Kita untuk Kita

Jono mengungkapkan, untuk lahan parkir di OW Waduk Darma ini cukup memadai, dengan lahan yang luas di sebelah utara barat dan utara timur kawasan wisata. Sayangnya, kata Jono, pihak pengelola saat ini mengeluhkan beberapa fasilitas yang rusak, padahal baru saja direvitalisasi.

“Kita menyayangkan ada beberapa fasilitas yang rusak, padahal baru direvitalisasi. Toilet mampet, ruangan tunggu yang di bagian sampingnya bocor saat hujan. Harusnya oleh pihak pekerja ini dibetulkan,” harap Jono, seraya menambahkan pengelola Waduk Darma kini dipegang BUMDes dan Karang Taruna Desa Jagara dibawah PT Jaswita.

Di akhir wawancara, Jono menuturkan, harga tiket masuk ke OW Waduk Darma cukup terjangkau, yakni untuk pengunjung sebesar Rp15 ribu / orang, parkir motor Rp5.000 dan parkir mobil Rp10.000.

Sementara itu, Enok Hasanah (36), pengunjung asal Garawangi Kuningan, menuturkan rasa senangnya bisa berkunjung ke OW Waduk Darma saat liburan Idul Fitri ini. Ia bersama suami, anak-anak dan keluarga besarnya, datang ke Waduk Darma karena mengetahui ada perbedaan lebih baik setelah direvitalisasi.

Baca Juga:  Marak Peredaran Rokok iIegal, Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Bea Cukai Cirebon Sita 5.944 Bungkus

“Saya baca berita dari Siwindu (SiwinduMedia.com, red), Waduk Darma sudah dibenahi. Sekarang banyak perbedaan, fasilitasnya lebih enak lagi. Luar biasa lah untuk Waduk Darma Kuningan,” sebut Enok.

Cek Juga

Gempa Bumi Kuningan Rusak Sejumlah Rumah, BPBD Imbau Warga Tetap Tenang

Gempa Bumi Kuningan Rusak Sejumlah Rumah, BPBD Imbau Warga Tetap Tenang

SiwinduMedia.com – Gempa Bumi kedua berkekuatan M=41 di wilayah Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Kamis sore …