Tips Jaga Berat Badan Saat Lebaran Agar Tetap Ideal
Ilustrasi menu makanan khas lebaran (Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008)

Tips Jaga Berat Badan Saat Lebaran Agar Tetap Ideal

Siwindumedia.com – Momen merayakan hari raya Idul Fitri selalu identik dengan makanan bersantan dan berlemak. Mulai dari opor ayam, sambal goreng hati dan kentang atau rambak (krecek) hingga rendang. Semuanya cocok dinikmati bersama ketupat.

Ditambah lagi dengan beragam aneka kue Lebaran seperti nastar, kastengel, dan putri salju. Sudah jelas aneka sajian ini menggugah selera semua orang, terlebih setelah kita berpuasa selama satu bulan penuh.

Seringkali, kita kalap dan menghabiskan banyak makanan khas lebaran tersebut. Alhasil, berat badan pun menjadi naik.

Namun tak perlu khawatir, Anda tetap bisa menjaga berat badan agar tetap ideal saat lebaran sekalipun menyantap berbagai makanan dan minuman yang mengandung gula, garam, dan lemak yang tinggi. Seperti dikutip dari liputan6.com, Ahli gizi masyarakat DR. dr. Tan Shot Yen, M.hum membagikan tips mudah cegah tubuh melebar kala Lebaran.

Apa sajakah tips-tipsnya? Simak selengkapnya!

1. Nikmati Kue Lebaran Bareng-Bareng

Berbahan dasar tepung, aneka bentuk kue lebaran yang tersaji di meja sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan sebab tinggi kalori dan gula. Selain itu, makan kue lebaran juga tidak mengenyangkan sehingga Anda akan tergoda untuk makan tanpa henti.

Baca Juga:  Kompak!! Wapres Ma'ruf Amin, Anies, JK dan Sandiaga Uno Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Oleh karena itu, dr. Tan menyarankan untuk tidak rakus dan menghabiskan kue Lebaran bersama-sama.

“Kue lebaran bertoples-toples jangan dinikmati sendiri, berbagi dengan yang lain.”

“Seminggu wajib sudah habis bukan Anda yang makan, tetapi buat kita berbagi, diberi kepada satpam, diberikan untuk tetangga, diberikan untuk teman, diberikan untuk anak-anak saudara. Jadi, Lebaran itu adalah sifatnya berbagi,” kata Tan.

2. Imbangi Makanan Lebaran dengan Buah dan Sayur

Makan ketupat dengan opor ayam dan sambal goreng ati sudah jadi tradisi saat Lebaran. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan sayur dan buah-buahan guna memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan mencegah berat badan naik.

“Nggak masalah kita makan, tetapi bukan untuk beberapa hari berturut-turut. Jadi, usahakan setiap hari Anda makan harus ada yang namanya sayur dan buah,” tutur Tan.

Sayur yang dimakan bisa disesuaikan dengan kegemaran masing-masing, misalnya rujak pengantin, asinan betawi, atau gado-gado. Jika Anda menyajikan bakso saat Lebaran, tambahkan sayuran seperti sawi guna mendapatkan asupan sayur.

Selain itu, siapkan juga aneka buah-buahan seperti jeruk, melon, atau apel untuk dinikmati bersama bersama keluarga.

Baca Juga:  Usai Bertemu Jokowi, Di Hari Lebaran Kedua Prabowo Subianto Bertemu Aburizal Bakrie dan Airlangga Hartarto

Tan juga mengingatkan agar jangan makan berlebihan ketika bertamu ke rumah sanak saudara. Tentunya, setiap rumah menyiapkan jamuan seperti jajanan lebaran serta beberapa masakan lezat untuk para tamunya.

Namun, jangan langsung lupa diri. “Buat yang bertamu dari pintu ke pintu, pastikan jangan ‘makan besar’ di setiap rumah yang dikunjungi.”

3. Variasi Menu Makanan

Menurut Tan, tidak masalah jika ingin makan hidangan khas Lebaran.

“Menu lebaran itu baik baik aja. Yuk kita masih makan ketupat, yuk kita masih makan opor, sambal goreng hati, fine,” tuturnya dalam QnA bertemakan “Cegah Lebar-an Saat Lebaran” pada Selasa (18/04/2023).

Kuncinya adalah jangan berlebihan. “Kalau lebaran hari pertama, habis sholat Id makan siang lengkap dengan ketupat, opor, sambal goreng hati, langsung stop itu aja.”

Perlu diingat bahwa ketika makanan bersantan sudah dihangatkan, santannya berubah menjadi lemak jenuh. Oleh karena itu, sebaiknya tidak memakannya dengan berlebihan.

Kemudian, jika Anda berkunjung ke rumah sanak saudara, pastikan untuk tidak makan masakan yang sudah dinikmati sebelumnya. “Jangan sampai rumah pertama, kedua, ketiga menunya sama.”

Baca Juga:  Memasuki H-4 Lebaran 2023, Pemudik Motor Mulai Memadati Jalur Pantura Cirebon

Jika sebelumnya Anda sudah makan besar dengan opor dan sambal goreng, maka pilih menu lain yang belum sempat dinikmati, misalnya rujak pengantin, asinan Betawi, atau tekwan.

Dengan variasi menu, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi yang lebih lengkap ketimbang jika hanya makan satu jenis makanan.

Demikianlah tips menjaga berat badan saat Hari Raya Idul Fitri agar tetap ideal. Semoga bermanfaat.

Cek Juga

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

Tanggapi Masalah Kohe di Wilayah Cigugur, Pemda Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL

SiwinduMedia.com – Menanggapi banyaknya laporan warga terkait pembuangan limbah ternak yang tidak tepat sasaran, Penjabat …