Inilah Tempat Wisata Favorit di Kuningan! Cocok untuk Liburan Idul Fitri 2023
Salah satu sudut pemandangan jalan baru Lingkar Timur Kuningan, Jawa Barat. (Foto : Mumuh Muhyiddin/SiwinduMedia.com)

Inilah Tempat Wisata Favorit di Kuningan! Cocok untuk Liburan Idul Fitri 2023

SiwinduMedia.com – Berkumpul bareng keluarga dalam suasana Lebaran Idul Fitri, menjadi kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat Muslim khususnya, dan lintas agama pada umumnya. Lebih bahagia lagi bagi masyarakat yang mudik dari daerah perantauan untuk bertemu orang tua, sanak saudara dan tetangga di kampung halaman tercinta.

Berkumpul dengan keluarga setelah melaksanakan Shalat Ied, tidak cukup hanya makan-makan dan bersenda gurau di rumah. Karena juga dianggap sebagai waktu yang tepat, masyarakat pun akan berkunjung ke tetangga, baik yang dekat maupun yang jauh untuk bersilaturahmi setelah setahun tak bertemu (bagi pemudik).

Bahkan tidak hanya itu, dalam suasana penuh kedamaian dan kebahagiaan tersebut, masyarakat juga banyak yang mencari tempat wisata yang nyaman untuk mengisi masa liburan lebaran. Tentu saja, berwisata dengan keluarga, membawa orang tua, sanak saudara, bahkan tetangga sekali pun.

Nah, di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat, tercatat sangat banyak lokasi wisata yang nyaman untuk tempat berkumpul keluarga. Untuk Lebaran Idul Fitri 1444 H / 2023 M, SiwinduMedia.com merekomendasikan beberapa objek wisata terbaru yang cocok untuk liburan musim Lebaran Idul Fitri tahun 2023.

Wisata di Kuningan bisa menjadi alternatif liburan yang recomended bagi anda dan keluarga, apalagi saat liburan Idul Fitri. Tak hanya itu, anda akan diberikan kenyamanan dalam perjalanan dan biaya terjangkau, tentunya tak akan menguras kantong.

Berikut ini adalah lokasi-lokasi wisata terbaru tahun 2023 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, baik wisata alam, kolam renang, wisata sejarah, maupun wisata kuliner :

  1. Arunika Eatery

Inilah Tempat Wisata Favorit di Kuningan! Cocok untuk Liburan Idul Fitri 2023
Salah satu spot foto di wisata Kuliner, Arunita Eatery (Food and Coffee), Kuningan. (Foto : Mumuh Muhyiddin/SiwinduMedia.com)

Arunika Eatery merupakan sebuah obyek wisata terbaru berupa sajian kuliner dengan tempat nongkrong yang mengusung konsep instagramable dan kekinian, dengan view alam perbukitan hingga gunung Ciremai di Kuningan. Cafe hits yang sedang viral ini baru melakukan opening pada 9 Agustus 2022 lalu yang ramai di kunjungi.

Arunika Eatery Kuningan atau Arunika Coffee and Restaurant ini menawarkan tempat yang luas dengan pemandangan alam gunung Ciremai sebagai view utamanya. Konsep cafe outdoor yang menyajikan tempat kekinian dan instagramable yang terlihat seperti ala Jepang. Suasananya yang sejuk dan udaranya yang segar membuat betah berlama lama.

Tempat nongkrong baru yang sedang happening ini berlokasi di kawasan Jalan Cigugur-Palutungan, Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dengan konsep menariknya ala Jepang disuguhi pemandangan alam perbukitan hingga Gunung Ciremai yang membuat banyak orang penasaran ingin mengunjunginya.

Daya tarik utamanya ini tempat nongkrong yang kekinian dan instagramable bergaya ala Jepang dengan view Gunung Ciremai. Tempat nongkrong yang berada di area pegunungan ini memiliki area yang luas dan nyaman dengan view alam yang memanjakan mata. Rekomendasi tempat healing sambil nongkrong dengan tempatnya yang kekinian dan instagramable. Suasananya yang sejuk dan adem membuat betah berlama lama.

Demi kenyamanan para pengunjungnya, Arunika Coffee and Restaurant ini menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Diantaranya, area parkir, spot foto, view alam, toilet, Mushola, Lesehan Bean Bag, dan lain sebagainya.

  1. Waduk Darma

Inilah Tempat Wisata Favorit di Kuningan! Cocok untuk Liburan Idul Fitri 2023
Objek Wisata Waduk Darma, Kuningan, Jawa Barat. (Foto : jabarprov.go.id)

Waduk Darma merupakan danau cantik di Kuningan yang recomended untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga. Destinasi wisata alam di Kuningan memang mempesona dengan keindahan yang ditawarkannya.

Kota Kuningan sendiri menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Jawa Barat yang recomended untuk menghabiskan waktu libur. Waduk Darma Kuningan menyajikan pesona bendungan yang indah dengan berbagai macam fasilitas dan spot wisata instagramablenya.

Baca Juga:  Meriah!!! Sambut Idul Fitri 1444 H Warga Desa Kertaungaran Pawai Obor Gema Takbir Keliling Kampung

Bosan dengan suasana perkotaan, beban pekerjaan maupun aktivitas yang padat? Manjakan jiwa anda dengan mengunjungi obyek wisata alam Waduk Darma Kuningan. Menghabiskan libur akhir pekan di Waduk Darma menjadi aktivitas menarik dengan berbagai macam pesonanya.

Wisata Waduk Darma bisa anda jadikan referensi berlibur ketika berencana berlibur di Kuningan mengunjungi waduk satu ini.

Menikmati keindahan alam Waduk Darma yang mempesona, anda tidak perlu mengeluarkan budget banyak. Karena wisata di Kuningan terkenal dengan wisata murah meriah tapi bukan murahan.

Salah satunya yaitu Waduk Darma Kuningan Jawa Barat. Untuk menikmati pesona keindahannya anda cukup membayar harga tiket masuk Rp.10.000 untuk anak-anak dan Rp.15.000 untuk orang dewasa. Sedangkan untuk biaya tambahan yang harus dikeluarkan yaitu retribusi parkir wisata Rp.3.000 untuk motor dan Rp.5.000 mobil. Namun harga tiket masuk dan retribusi parkirnya dapat berubah kapan saja. 

  1. Telaga Biru

Objek Wisata Talaga Biru Kuningan, Jawa Barat. (Foto : foto: https://www.instagram.com/ramdanauthentic)

Telaga Biru menjadi destinasi populer yang recomended untuk menghabiskan libur akhir pekan bersama keluarga. Keindahan yang disajikan, Telaga Biru cocok untuk berburu foto instagenic yang mempesona.

Harga tiket masuk Telaga Biru Kuningan sendiri Rp.5.000/orang. Wisata murah di Kuningan yang recomended untuk rekreasi keluarga, terlebih di musim liburan Idul Fitri saat ini. Operasional Telaga Biru Kuningan sendiri buka setiap hari mulai dari jam 07.00 – 18.00 WIB.

Lokasi dari Telaga Biru Cicerem berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Untuk fasilitas yang tersedia di Telaga Biru Cicerem cukup lengkap. Seperti tempat parkir wisata, warung wisata, toilet, gazebo, wahana permainan air, tempat duduk, dan spot foto instagramable. 

  1. Pemandian Air Alami Cibulan

Inilah Tempat Wisata Favorit di Kuningan! Cocok untuk Liburan Idul Fitri 2023
Kolam Renang Cibulan di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat. (Foto : https://tribunjabartravel.tribunnews.com)

Wisata Cibulan adalah sebuah kolam pemandian yang sangat terkenal di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Wisata ini tepatnya berada di Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

Di Cibulan juga terdapat 7 sumur mata air yang menurut kabarnya tiap sumur memiliki manfaat masing-masing. 7 sumur ini bahkan sering didatangi sejumlah pejabat penting di negeri ini, termasuk sejumlah artis papan atas Indonesia juga pernah datang ke tempat ini.

Selain pemandian dan sumur, panorama di sini panoramanya elok, asri, dan hawanya juga sejuk. Oh ya, saat mampir ke Cibulan jangan lupa menengok ikan dewa ya. Bahkan jika pengunjung mau mencium ikan yang lumayan ukurannya itu, juga bisa. Unik, bukan?

Cibulan memiliki beragam wahana selain pemandian dan kolam ikan. Antara lain ada Bebek air, sepeda gantung, kolam bermain anak, set foto, kereta mini untuk anak, kolam terapi ikan, lahan belajar memanah, dan sebagainya.

Anda dapat mampir dari Senin-Minggu mulai pukul 07.00-17.00, namun usahakan singgah awal supaya tidak terlalu penuh, ya. Harga tiketnya Rp18.000-Rp20.000, namun saat weekend tiket bisa naik Rp2.000.

  1. Curug Sidomba

Inilah Tempat Wisata Favorit di Kuningan! Cocok untuk Liburan Idul Fitri 2023
Objek Wisata Curug Sidomba, Kuningan. (Foto: https://www.instagram.com/edosilitonga__22/)

Curug Sidomba menjadi objek wisata alam di Kuningan yang akan memanjakan liburan anda dan keluarga di Kuningan Jawa Barat. Indahnya air terjun dengan sajian suasana alam yang menenangkan akan mendamaikan jiwa anda. Rasa penat dan jenuh akan hilang seketika dengan sajian pesona yang ada di Curug Sidomba Kuningan.

Kabupaten Kuningan memang menyimpan banyak destinasi wisata recomended yang bisa anda kunjungi ketika berlibur. Selain wisata modern, sejarah, ada wisata alam yang mempesona, salah satunya yaitu Curug Sidomba Kuningan.

Baca Juga:  Operasi Ketupat Lodaya Pengamanan Idul Fitri 1444 H, 148.261 Personel Gabungan Disiagakan

Obyek wisata alam Curug Sidomba bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk berlibur keluarga. Ketika anda ingin mengunjungi destinasi wisata Curug Sidomba Kuningan. Berikut ulasan destinasi wisata Curug Sidomba yang bisa anda jadikan referensi kunjungan berlibur.

Menikmati indahnya alam Curug Sidomba Kuningan, anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Banyak destinasi wisata murah meriah di Kuningan yang recomended untuk anda kunjungi.

Untuk menikmati keindahan dan pesona wisata Curug Sidomba. Anda cukup membayar harga tiket masuk Rp.10.000/orang ketika weekday dan Rp.12.000/orang ketika weekend. Sedangkan biaya tambahan yang harus anda keluarkan ketika berkunjung ke Curug Sidomba yaitu retribusi parkir wisata.

Tiket parkir kendaraan Curug Sidomba yaitu Rp.4.000 untuk motor, Rp.8.000 untuk mobil dan Rp.14.000 ketika anda berkunjung menggunakan bus. (Harga tiket masuk wisata Curug Sidomba dan retribusi parkir wisata bisa berubah-ubah setiap saat).

Liburan yang semakin menyenangkan dan berkualitas di Curug Sidomba bisa anda dapatkan dengan fasilitas pendukung wisata yang tersedia. Berikut beberapa fasilitas wisata yang ada di Curug Sidomba, antara lain, area parkir kendaraan wisata, akses wisata yang baik, warung wisata, sarana olahraga, Camping Ground, sarana bermain, saung, dan lain-lain.

  1. Zam Zam Pool

Inilah Tempat Wisata Favorit di Kuningan! Cocok untuk Liburan Idul Fitri 2023
Wisata kolam pemandian Zam Zam Pool, Kuningan, Jawa Barat. Foto: https://www.instagram.com/zam_zam_pool/

Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah area wisata untuk bermain air, dan bisa dikunjungi oleh berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jadi jika anda sedang bosan di rumah ataupun bosan dengan wisata alam di Kuningan, maka anda dapat mencoba untuk mengunjungi wisata kolam renang ini bersama keluarga dan orang terkasih.

Memiliki beragam permainan pada kolam ini membuat taman wisata air ini ramai dikunjungi oleh keluarga yang membawa putra putrinya untuk berlibur sekaligus bermain air. Selain itu terdapat juga beberapa aktivitas seru lainnya yang dapat dicoba untuk menambah keseruan saat berada disini.

Beberapa aktivitas menarik yang dapat dicoba. Seperti Kolam Busa, Ember Tumpah Raksasa, Perosotan Melingkar, Kolam Ikan Terapi, dan masih banyak aktivitas seru lainnya yang dapat dicoba.

Walaupun nama tempat ini adalah zam zam pool, bukan berarti air di kolam ini menggunakan air zam zam yah guys. Karena air yang digunakan pada setiap kolam yang ada di tempat ini merupakan air yang diambil langsung dari salah satu sumber mata air di daerah Kuningan, sehingga air kolam ini aman untuk semua kalangan. Karena diambil dari sumber mata air langsung, membuat air di kolam ini terasa cukup segar dan menyejukkan. Seluruh area kolam disini juga sangat diperhatikan kebersihannya oleh pengelola wisata ini.

Harga tiket untuk masuk ke taman bermain air ini juga cukup terjangkau, anda hanya perlu membayar Rp. 10.000 – Rp. 15.000,-/orang saja. Harga tiket tersebut juga sudah termasuk harga untuk semua kolam dan aktivitas yang ada di kolam renang. Tetapi untuk mencoba aktivitas kolam terapi anda harus membayar Rp. 5.000,-.

Kolam terapi adalah sebuah kolam yang berisikan banyak ikan kecil yang akan menggigit sel kulit-kulit yang mati dari kaki kita yang membuat kulit pada kaki bawah kita menjadi lebih halus. Aktivitas ini juga sering disebut dengan ‘fish spa’.

Fasilitas umum yang tersedia di taman bermain air ini sudah terbilang cukup lengkap. Pengelola telah menyiapkan beragam fasilitas umum yang dibuat untuk membuat para pengunjungnya betah berlama-lama bermain air disini. Beberapa fasilitas umum yang tersedia di Zam Zam Pool, antara lain area parkir, toilet, Mushola, Gazebo, meja dan kursi di pinggir kolam.

Baca Juga:  Pakar Kebijakan Publik Nasional Kritisi Pemda Kuningan di Akhir Periode Kepemimpinan Acep-Ridho

Adapun beragam aktivitas di kolam renang Zam zam Pool, yakni kamar bilas dan wahana Bermain. Untuk anda yang ingin mengunjungi wisata bermain air ini, anda tidak perlu menempuh jarak yang jauh dari pusat Kota Kuningan. Jarak yang dibutuhkan dari pusat Kota Kuningan menuju ke Zam Zam Pool adalah 19.9 KM atau setara dengan waktu perjalanan 40 menit saja.

Zam Zam Pool berlokasi di Jalan Veteran Blok Pakuwon, Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

  1. J&J

Inilah Tempat Wisata Favorit di Kuningan! Cocok untuk Liburan Idul Fitri 2023
Objek Wisata Kolam Pemandian J & J Kuningan. (Foto: cityawesome.com)

Berenang bisa menjadi alternatif terbaik untuk kamu menghabiskan waktu bersama keluarga. Jika kamu berada di wilayah Kuningan, kolam renang J&J merupakan salah satu wisata air yang cukup populer dan banyak pengunjung.

Sebenarnya tempat ini merupakan resto yang dilengkapi dengan kolam renang sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk berenang di sana. Selain itu harga tiketnya juga terbilang cukup terjangkau dan banyak fasilitas menarik di dalamnya. Untuk kamu yang berniat datang ke tempat wisata ini, berikut beberapa uraian terbaru mengenai harga tiket serta wahana yang bisa kamu mainkan.

Kolam renang J&J di lengkapi dengan kolam renang yang bervariasi mulai dari anak-anak bahkan hingga untuk dewasa. Selain itu tidak hanya kolam renang saja yang tersedia disana, kamu juga akan bisa menemukan berbagai hewan yang dipelihara mulai dari ular, burung, kadal, iguana, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lebih dari itu, fasilitas dan wahana lainnya yang ada di wisata J&J adalah di mana kamu bisa menunggangi kuda. Hanya saja kamu diharuskan untuk membayar tarif tiket yang berbeda dengan biaya masuknya.

Jika tertarik untuk menunggangi kuda, tarif yang harus dibayarkan adalah sekitar Rp 10 ribu per orang untuk 2 kali putaran. Selain itu kamu juga bisa menikmati spot foto yang tersedia bahkan dengan fotografernya sekaligus. Untuk menggunakan jasanya kamu dikenakan biaya Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu tergantung dengan ukuran foto yang akan di cetak.

Wahana lainnya yang ada di J&J adalah Gazebo, tempat terapi ikan bahkan hingga yang terbaru adalah pesawat terbang. Objek wisata J&J berada di Jalan Raya Bojong, Linggarjati, Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasinya sendiri tidak jauh dari RSUD dan juga pom bensin.

Sedangkan untuk harga tiket yang dikenakan pada objek wisata yang satu ini cukup terjangkau. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga tiket yang murah inilah yang pada akhirnya menarik banyak pengunjung untuk menghabiskan waktu di objek wisata J&J.

Harga tiket masuk terbaru tepatnya pada tahun 2022 dikenakan tarif sebesar Rp 14 ribu untuk weekday dan Rp 16 ribu untuk weekend dan hari besar. Harga tiket tersebut sudah termasuk kolam renang dan mini zoo.

Namun jika tertarik untuk berkunjung ke area wisata Dirgantara yang ada di sana, maka kamu akan dikenakan tarif lagi yang berbeda yakni sebesar Rp 10 ribu. Objek wisata J&J di buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …