Penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) dan PGRI kabupaten Kuningan// Foto: Iwan setiawan/Siwindumedia.com

Uniku Selenggarakan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bekerjasama dengan PGRI

Siwindumedia.com – Minggu terakhir di bulan Ramadan 1444 H, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) menyelenggarakan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) dengan PGRI kabupaten Kuningan di Aula FKIP, Sabtu (15/04/2023).

Selain penandatanganan MoA, FKIP menggelar acara Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Strategi Publikasi di Jurnal Ilmiah bagi Guru-Guru PGRI Kabupaten Kuningan. Acara yang dihadiri Ketua PGRI kabupaten Kuningan, H Pipin Mansyur Aripin, Wakil Rektor IV Uniku, Dr Haris Budiman, Dekanat FKIP Uniku, para Kaprodi di lingkungan FKIP Uniku, para pengurus PGRI Kuningan dan 64 guru-guru peserta workshop.

Dekan FKIP Uniku, Asep Jejen Jaelani, mengatakan pada Siwindumedia.com bahwa, acara ini digagas sebagai bentuk kepedulian Fakultas FKIP Uniku terhadap guru-guru khususnya yang ada di Kuningan.

“Kami (FKIP Uniku) sebagai LPTK penghasil calon guru merasa terpanggil untuk membantu guru-guru dalam menulis artikel ilmiah dan juga publikasinya. Oleh karena itu, selain melatih guru-guru menulis artikel dan publikasi tentunya kami juga menyiapkan jurnal ilmiah khusus untuk guru yang diberi nama Jurnal Guru Uniku (JGuruku),” ujarnya.

Baca Juga:  Prinsip Hidup Memberi Manfaat Bagi Banyak Orang, Rany Febriani Berani “Banting Stir” dari Akademisi Menjadi Politisi

Bukan hal ini saja, lanjutnya, Fakultas FKIP Uniku juga siap berkolaborasi dengan guru-guru hebat di Kuningan dalam mendukung mimpi Kuningan sebagai kabupaten pendidikan.

“Mari bapak/ibu kita kolaborasi, kami siap membantu. Tinggal bersurat atau telepon kami, kami siap turun memecahkan persoalan-persoalan pendidikan di kuningan. Kami berani tampil dan terpanggil karena di Kuningan hanya kami lah satu-satunya LPTK yang berhak menyelenggarakan program Pendidikan Profesi Guru (PPG),” tambah Jejen.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua PGRI Kabupaten Kuningan, Pipin Mansur, mengucapkan terima kasih kepada FKIP Uniku atas respon dan kepeduliaannya kepada guru-guru yang tergabung dalam PGRI kabupaten Kuningan dan PGRI siap berkolaborasi dengan FKIP Uniku, apalagi FKIP Uniku sudah mempunyai PPG, dan guru-guru butuh dengan PPG.

“Betul memang yang disampaikan Dekan FKIP tadi bahwa kami (guru-guru) membutuhkan wadah publikasi di jurnal ilmiah untuk kepentingan kenaikan pangkat dan golongan. Selama ini kami kesulitan mencari jurnal khusus guru,” ujarnya.

Pihaknya merasa bersyukur kesulitan ini bisa dibantu dan dipecahkan oleh FKIP Uniku dengan menyediakan jurnal khusus untuk guru.

Baca Juga:  Resmi Ditutup, Kabupaten Kuningan Raih Juara 2 Porsenitas X di Majalengka

“Oleh karena itu pada kesempatan yang baik dan bahagia ini sekali lagi saya atas nama Ketua PGRI kabupaten Kuningan mengucapkan terima kasih dan salam hormat untuk FKIP Uniku,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Uniku, Dr Haris Budiman menyampaikan ucapan selamat atas kerjasama yang terjalin antara FKIP Uniku dengan PGRI Kuningan.

“Atas nama pimpinan Uniku, saya mengucapkan selamat atas terjalinnya kerjasama ini dan semoga membawa keberkahan dan manfaat khususnya bagi pendidikan di kabupaten Kuningan. Menyambung dari apa yang disampaikan oleh Dekan FKIP tadi, pada intinya kami siap menjadi corong pendidikan di kabupaten Kuningan,” ucap Haris.

Dirinya mengatakan, Uniku punya FKIP yang merupakan fakultas tertua di Uniku dan tentunya sudah teruji dan dapat dipercaya. Salah satu buktinya bahwa FKIP Uniku dipercaya oleh pemerintah pusat untuk menyelenggarakan PPG melalui Program Studi PPG.

“Maka dari itu kami siap mewujudkan guru-guru yang profesional khususnya di kabupaten Kuningan,” pungkasnya.

Cek Juga

Gasspool! Karang Taruna Luncurkan Program Pendataan Pengurus Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan

Gasspool! Karang Taruna Luncurkan Program Pendataan Pengurus Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan

SiwinduMedia.com – Sesuai dengan amanat pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, mengenai keteraturan database pengurus …