Operasi Ketupat Lodaya Pengamanan Idul Fitri 1444 H, 148.261 Personel Gabungan Disiagakan
Pasukan gabungan TNI-Polri dan elemen lainnya, disiagakan untuk pengamanan lebaran Idul Fitri 1444 H. Apel Gelar Operasi Ketupat Lodaya di Kuningan dilaksanakan di halaman Mapolres, Senin pagi (17/4/2023). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

Operasi Ketupat Lodaya Pengamanan Idul Fitri 1444 H, 148.261 Personel Gabungan Disiagakan

SiwinduMedia.com – Guna menjamin keamanan dan ketertiban pemudik saat berpergian, Polres Kuningan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya, dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H tahun 2023 tingkat Kabupaten Kuningan. Apel berlangsung di halaman Mapolres Kuningan, Jalan RE Martadinata, Ancaran, Senin pagi (17/4/2023).

Kegiatan Apel dengan tema “Mudik Aman Berkesan” ini, dipimpin langsung oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH. Hadir mendampingi Bupati, Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian dan Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan SE MA.

Turut hadir Ketua DPRD Nuzul Rachdy SE, Kepala Pengadilan Negeri Kuningan Lusiana Amping SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan Dudi Mulyakusumah SH MM, Kepala Satpol PP Drs Agus Basuki MSi, Kepala Dinas Perhubungan H Muhamad Mutofid SH MT, Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana SSTP, Kepala UPT Pemadam Kebakaran Mh Khadafi Mufti MSi, serta seluruh jajaran Polres Kuningan.

Acep Purnama bertindak sebagai pimpinan upacara. Ia didaulat menyampaikan sambutan Kapolri Drs Listyo Sigit Prabowo MSi. Isi sambutan Kapolri ini mengatakan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023.

Baca Juga:  Berburu Berkah Tamadhan! Ibu-ibu IKIAD Berbagi Ratusan Nasi Kotak dan Makanan Takjil di Depan Gedung DPRD

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait, dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah,” katanya.

Operasi Ketupat Lodaya Pengamanan Idul Fitri 1444 H, 148.261 Personel Gabungan Disiagakan
Bupati Kuningan Acep Purnama didampingi Kapolres dan Dandim, menjadi pemimpin Apel Gelar Operasi Ketupar Lodaya di halaman Mapolres Kuningan untuk pengamanan Idul Fitri 1444 H.

Operasi Ketupat Lodaya 2023, melibatkan sebanyak 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian Perhubungan dan kementerian terkait lainnya, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya.

“Nantinya para personel tersebut akan menempati 2.787 pos, dengan rincian 1.857 pos pengamanan, 713 pos pelayanan, dan 217 pos terpadu,” ungkap Kapolri melalui Bupati Kuningan.

Kegiatan tersebut dalam rangka memastikan kelancaran Hari Raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan”, begitu pula pada saat arus balik.

Terdapat beberapa penekanan dari Kapolri untuk dipedomani dan dilaksanakan. Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri untuk melakukan pengamanan dalam operasi ketupat 2023.

Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP. Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan dan pos pelayanan terpadu.

Baca Juga:  Sekda Buka Ruang Komunikasi Konflik antara Desa Trijaya Dengan BTNGC

Keempat, berbagai langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik. Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik, melalui iklan layanan masyarakat.

Keenam, perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait lainnya.

Cek Juga

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

Dukung Yanuar Prihatin Jadi Bupati Kuningan, Warga Kadatuan : Butuh Pemimpin Merakyat

SiwinduMedia.com – Sejumlah masyarakat Desa Kadatuan Kecamatan Garawangi menggelar deklarasi dukungan kepada H Yanuar Prihatin …