Ditugaskan Pemprov Jabar, Desa Jagara Pengelola Sementara OW Waduk Darma Dimulai Liburan Idul Fitri
Objek Wisata Waduk Darma untuk sementara dikelola Pemdes Jagara, usai pengeloaan dari PDAU diambil alih oleh Pemprov Jabar. (Foto : Mumuh Muhyiddin)

Ditugaskan Pemprov Jabar, Desa Jagara Pengelola Sementara OW Waduk Darma Dimulai Liburan Idul Fitri

SiwinduMedia.com – Surat teguran yang dilayangkan Pemprov Jabar melalui Dinas SDA kepada PDAU / Perumda Aneka Usaha Kuningan, beberapa waktu lalu, terkait adanya pengelolaan Objek Wisata Waduk Darma tanpa seizin Provinsi, cukup menggemparkan Kuningan.

Menjelang musim liburan Lebaran Idul Fitri, banyak pihak yang bertanya-tanya, apakah masuk ke OW WIsata (OW) Waduk Darma itu gratis, atau berbayar. Sebab, sejak adanya persoalan Pemprov Jabar dengan PDAU, status pengelola Waduk Darma telah diambil alih lagi oleh Provinsi.

Direktur Perumda Aneka Usaha Kuningan, Hj Heni Susilawati SSos MM, enggan memberikan komentar terkait update terbaru pengelolaan Waduk Darma menjelang Idul Fitri. Begitu pula pihak Disporapar, belum memberikan komentarnya.

Yang mau berkomentar saat dihubungi SiwinduMedia.com, adalah Kepala Desa Jagara Kecamatan Darma, Umar Hidayat. Ia menjelaskan, untuk musim liburan Idul Fitri mulai pekan depan, OW Waduk Darma akan dikelola oleh pihak Desa Jagara, dalam hal ini penarikan tiket pengunjung.

Dikatakan Umar, OW Waduk Darma sebagai aset Pemprov Jabar, dalam pengelolaan Pemprov Jabar menugaskan PT Jaswita Jabar sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jabar. Selanjutnya, dalam waktu 1-2 bulan ke depan diawali sejak liburan Idul Fitri 1444 H, PT Jaswita menugaskan Pemdes Jagara secara perseorangan untuk mengelola Objek Wisata ternama di Kuningan dan Jabar itu.

Baca Juga:  Hasil Coklit Pantarlih, Bawaslu Temukan Carut Marut Data Pemilih

“Setelah PT Jaswita merangkul pihak Desa Jagara, melalui orang-orang yang ditugaskan oleh Jaswita untuk mengelola Waduk Darma, terutama tiket pengunjung dalam momen liburan Idul Fitri 1444 H, saya atas nama Pemerintah Desa setempat (DEsa Jagara, red), berharap ke depan Obyek Wisata Waduk Darma bisa terjaga, terawat, bahkan mampu berkembang dalam penataannya,” harap Umar, Minggu (16/4/2023).

“Sehingga ke depan Obyek Wisata Waduk Darma ini bisa menjadi pioner obyek wisata di Kabupaten Kuningan, guna menuju destinasi wisata taraf internasional. Untuk tiket masuk, tetap Rp15 ribu/orang. Motor Rp5.000, dan mobil Rp10.000 dengan sistem plat,” imbuhnya.

Seperti diketahui, setiap musim liburan, OW Waduk Darma selalu dipadati pengunjung dari Kuningan dan dari sejumlah wilayah di Jabar. Terlebih saat liburan Idul Fitri, para pemudik langsung berdatangan ke Waduk Darma untuk menikmati keindahan alam di tempat wisata yang kini telah ditata lebih rapi oleh Pemprov Jabar.

Cek Juga

Usir Hama Tikus, Diskatan Kuningan Bangun Rumah Burung Hantu

Usir Hama Tikus, Diskatan Kuningan Bangun Rumah Burung Hantu

SiwinduMedia.com – Dalam rangka pengendalian hama tikus yang merebak di beberapa wilayah yang menyerang areal …