Gempa bumi guncang Tuban Jawa Timur pada pukul 16.55 WIB 14/4/2023 (Foto: suara.com)

Gempa Bumi M 6,6 Guncang Tuban Provinsi Jawa Timur, Tak Berpotensi Tsunami

Siwindumedia.com – Gempa magnitudo 6,6 mengguncang Tuban, Jawa Timur pada Jumat (14/4/2023). Gempa terjadi pada pukul 16.55 WIB. Pusat gempa diperkirakan berada di kedalaman 623 km. Titik koordinat gempa 6.27 Lintang Selatan dan 111.93 Bujur Timur. “70 km Barat Laut TUBAN-JATIM,” tulis BMKG melalui Twitternya.

BMKG juga menjelaskan pemicu gempa kuat tersebut dikarenakan “Deep focus earthquake laut Jawa dipicu slab pull activity,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, kepada wartawan, Jumat (14/4/2023).

BMKG menerangkan gempa ini terasa hingga Garut, Pelabuhan Ratu, Bayah, Malingping, Labuan, hingga Lembang. Gempa terjadi pukul 16.55 WIB.

Untuk informasi gempa yang mengguncang Tuban ini tidak berpotensi tsunami. Belum ada laporan mengenai dampak gempa, namun masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan.

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Baca Juga:  Kapan Musim Kemarau di Indonesia Berakhir? Ini Prediksi BMKG

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis BMKG

Masyarakat juga perlu memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Indonesia sendiri memang sering mengalami bencana alam gempa bumi. Hal tersebut dikarenakan Indonesia terletak di antara lempeng Australia, lempeng Eurasia dan lempeng pasifik. Sangat penting bagi kita untuk mengantisipasi diri dari bencana seperti gempa bumi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diingat untuk mengantisipasi gempa bumi.

Antisipasi Gempa Bumi

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum Terjadi Gempa:

– Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempa bumi.

– Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.

Baca Juga:  BMKG Pastikan Indonesia Tak Terkena Dampak Gelombang Panas yang Terjadi di India Hingga Thailand

– Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.

– Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.

– Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

– Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

Saat Terjadi Gempa:

– Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

– Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

– Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

– Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

Baca Juga:  Ngeri! Muncul Fenomena Tornado Api di Kebakaran Gunung Bromo

– Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Cek Juga

Tak Bisa Dilihat di Indonesia, Jelang Idul Fitri Bakal Terjadi Gerhana Matahari

Tak Bisa Dilihat di Indonesia, Jelang Idul Fitri Bakal Terjadi Gerhana Matahari

SiwinduMedia.com – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), mengumumkan sebagian wilayah Bumi akan mengalami …