Rekrutmen BUMN Akan Segera Dibuka: Kabar Baik Bagi Kaum Milenial dan Gen-Z
Unggahan IG Menteri BUMN Erick Tohir terkait perekrutan BUMN 2023 (Foto: Instagram @ericktohir)

Rekrutmen BUMN Akan Segera Dibuka: Kabar Baik Bagi Kaum Milenial dan Gen-Z

Siwindumedia.com – Kabar gembira bagi Anda yang sedang menanti kabar soal pembukaan Rekrutmen Bersama BUMN tahun ini. Sebab Rekrutmen Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan segera dibuka kembali tahun ini. Lebih tepatnya pembukaan rekrutmen tersebut akan dimulai pada Mei 2023.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir melalui akun Instagram pribadi miliknya @erickthohir pada Rabu (12/4/2023). “Rekrutmen Bersama BUMN kembali lagi tahun ini! Kabar baik untuk kalian semua, milenial dan gen-z yang ingin bergabung menjadi keluarga besar BUMN,” tulisnya dalam unggahan di akun @erickthohir.

Apabila melihat proses Rekrutmen Bersama BUMN pada tahun 2022 lalu lowongan kerja di sejumlah perusahaan milik pemerintah ini hanya dibuka untuk beberapa kategori saja. Adapun beberapa kategori tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Lulusan D3 (maksimal usia 27 tahun)
  • Lulusan S1/D4 (maksimal usia 30 tahun)
  • Lulusan S2 (maksimal usia 35 tahun)

Untuk sampai saat ini Kementerian BUMN hanya membagikan jadwal pendaftaran hingga proses seleksinya saja. Untuk posisi yang akan tersedia di BUMN apa saja, masih belum diumumkan. Adapun berikut jadwal lengkap seleksi Rekrutmen Bersama BUMN:

Jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2023

1. Registrasi

Registrasi rekrutmen BUMN mencakup pendaftaran dan seleksi administrasi yang dilakukan oleh PIC (person in charge) BUMN.

Pendaftaran: 5-20 Mei 2023
Pengumuman: 1 Juni 2023

2. Tes Kemampuan Dasar & Akhlak

Tes Kemampuan Dasar (TKD) & akhlak memiliki pembobotan sebesar 40% dan 60% masing-masing.

Pelaksanaan TKD & akhlak: 10-19 Juni 2023
Pengumuman: 28 Juni 2023

3. Tes Bahasa Inggris

Nilai ambang batas tes bahasa Inggris rekrutmen BUMN adalah >450. Selain itu, ranking sesuai rasio.

Pelaksanaan tes bahasa Inggris: 8-12 Juli 2023
Pengumuman: 19 Juli 2023

4. Tes oleh BUMN

Tes oleh BUMN terdiri atas beberapa tahap yaitu tes kompetensi bidang, user interview, socmed analytic & digital, mindset, dan MCU (medical check up).

Pelaksanaan tes oleh BUMN: 22 Juli-9 Agustus 2023

5. Pengumuman

Pengumuman final rekrutmen BUMN akan didasarkan hasil kelulusan tes oleh BUMN.

Pengumuman final rekrutmen BUMN: 16 Agustus 2023.

“Catat tanggalnya, persiapkan diri, dan jangan lupa minta restu orang tua,” ungkap Erick Thohir dalam unggahan yang sama.

BUMN akan cegah adanya antisipasi kecurangan

Sedangkan untuk mengantisipasi tindakan kecurangan, salah satunya yaitu penggunaan joki. Arya Sinulingga selaku Juru Bicara Kementerian BUMN mengatakan dalam rekrutmen kali ini pihaknya akan mengantisipasi kecurangan-kecurangan yang mungkin terjadi, seperti penggunaan joki. “Sudah pasti semua kita antisipasi, secara sistem diperbaiki,”

Ia menambahkan bahwa ementerian BUMN memiliki teknologi yang memadai untuk mengantisipasi kecurangan jika tes dilakukan secara online. Bahkan, jika perlu tes akan dilakukan secara offline guna benar-benar menghindari adanya joki. Opsi offline ini pun masih dalam pertimbangan. “Kita kan punya teknologi, kalau untuk online dan sebagainya. Nanti mungkin bisa offline juga. Ya pokoknya berbagai cara lah dicoba,” tutup Arya.

 

 

Cek Juga

Gasspool! Karang Taruna Luncurkan Program Pendataan Pengurus Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan

Gasspool! Karang Taruna Luncurkan Program Pendataan Pengurus Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan

SiwinduMedia.com – Sesuai dengan amanat pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, mengenai keteraturan database pengurus …