Perlu diketahui! Tiga Peristiwa Besar di Bulan Ramadhan
FOTO : A-H-S

Perlu diketahui! Tiga Peristiwa Besar di Bulan Ramadhan

SiwinduMedia.com – Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh ampun dan juga keberkahan bagi umat manusia, khususnya umat muslim diseluruh penjuru dunia.

Dibalik Bulan Suci Ramadhan ternyata terdapat beberapa peristiwa penting bersejarah yang harus diketahui. Dalam peristiwa tersebut Allah SWT menyimpan banyak rahasia dan keistimewaan dalam penciptaan-Nya.

1. PERANG BADAR

Perang Badar merupakan peristiwa penting yang terjadi tepatnya pada hari ke-17 di bulan ramadhan. Peristiwa tersebut merupakan perang besar pertama kali umat islam melawan kaum kafir Quraisy.

Perang Badar terjadi pad Bulan Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah atau 624 Masehi. Pasukan muslim yang hanya berjumlah 313 orang menghadapi pasukan kafir Quraisy Makkah yang berjumlah 1.000 pasukan lebih.

Dalam pertempuran melawan kaum kafir Quraisy Makkah Allah SWT memberikan kemenangan kepada pasukan islam yang pada saat itu dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam buku “SAHABAT MUHAMMAD” karya Dr. Nizar Abazhah diterangkan bahwa pasukan islam dibantu oleh pasukan malaikat denga izin Allah SWT sehinggal kemenangan tiba.

Perang badar menjadi kemenangan besar pertama umat islam melawan kaum kafir Quraisy Makkah di bulan ramadhan.

2. PENAKLUKAN MAKKAH (FATHU MAKKAH)

Peristiwa penting selanjutnya pada bulan ramadhan yaitu penaklukan kota makkah atau disebut dengan (Fathu Makkah).

Penaklukan Kota Makkah terjadi pada bulan Ramadhan tanggal 10 tahun ke-8 Hijriyah. Peristiwa tersebut dimulai saat kaum kafir Quraisy melanggar perjanjian Hudaibiyah yang telah disepakati Nabi Muhammad SAW.

Pelanggaran terjadi karena pasukan kafir Quraisy pada saat itu membunuh salah seorang dari kabilah Bani Khuzaah yang termasuk diantara golongan yang dilindungi Nabi Muhammad SAW.

Kejadian tersebut sampai kepada telinga Nabi, setelah itu Nabi bersama 10.000 pasukan islam dari Madinah melakukan penyerangan ke Kota Makkah.

Dalam penaklukan tersebut kaum kafir Quraisy tidak dapat melawan karena pasukan islam jauh lebih tangguh dari sebelumnya. Dengan kemuliaan Nabi Muhammad tidak sedikitpun terjadi pertumpahan darah dalam peristiwa penaklukan tersebut.

Kaum muslim mengahancurkan berhala-berhala kaum kafir dan pada saat itu penduduk Makkah yang masih kafir berbondong-bondong memeluk islam.

3. LAILATUL QADAR

Peristiwa besar ke tiga pada Bulan Ramadhan yang wajib diketahui yaitu malam seribu bulan (Lailatul Qadar). Lailatul Qadar disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Lailatul Qadar menjadi bukti turunnya ayat Suci Al-Qur’an , hal tersebut dijelaskan dalam Q. S. Al-Qadar ayat 1-5. ” Sesungguhnya kami telah menurunkan (Al-Qur’an) pada malam qadar. Dan tahukan kamu apa malam kemulian itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhan-Nya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar”.

Pada umumnya umat muslim akan berlomba-lomba untuk mendapatkan kemuliaan Lailatul Qadar dengan cara bertafakur memuji atas kekuasaan Tuhan-Nya (Allah SWT).

Tiga peristiwa besar sejarah Islam pada Bulan Ramadhan yang harus diketahui, sejatinya Bulan Ramadhan dijadikan sebagai bulan penuh kemuliaan dan keistimewaan untuk merubah hidup ke arah yang lebih baik lagi

Cek Juga

Rampak Genjring si Windu Jadi Penampil Kabupaten Kuningan, di Gelaran MTQ ke-38 Provinsi Jawa Barat

Rampak Genjring si Windu Jadi Penampil Kabupaten Kuningan, di Gelaran MTQ ke-38 Provinsi Jawa Barat

SiwinduMedia.com – Perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat resmi dibuka. Kegiatan …