Gandeng BNN, Dishub Kuningan Tes Urine Sopir Bus Angkutan Lebaran di Terminal Kertawangunan
Petugas BNNK Kuningan, melakukan tes urine kepada sopir Bus Angkutan Lebaran di Terminal Kertawangunan, Kuningan, Rabu (12/4/2023). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

Gandeng BNN, Dishub Kuningan Tes Urine Sopir Bus Angkutan Lebaran di Terminal Kertawangunan

SiwinduMedia.com – Keselamatan penumpang adalah yang utama bagi seluruh Perusahaan Otobus (PO), terlebih saat musim angkutan lebaran yang beberapa hari kedepan akan dimulai.

Dengan menggandeng pihak Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kuningan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kuningan melakukan tes urine kepada para pengemudi bus, baik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), ataupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), termasuk bus pariwisata. Tes urine dilakukan di Terminal Type A Kertawangunan, Rabu (12/4/2023).

Kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Polres, dan Polisi Militer Kabupaten Kuningan. Kegiatan tersebut dengan melakukan deteksi dini narkoba melalui tes urine, terhadap para pengemudi bus yang akan membawa penumpang saat akan mudik lebaran ke Kuningan.

Sebanyak 26 pengemudi bus tujuan Jakarta-Kuningan dan Bandung-Kuningan, diperiksa kelengkapan kendaraan dan kesehatan pengemudinya.

Untuk memastikan kelancaran kegiatan tersebut, tampak hadir Kepala BNN Kabupaten Kuningan AKBP Yaya Satyanagara, Kepala Dishub Kuningan HM Mutofid beserta Kepala Bidang Angkutan Sukirman, Kabag Operasional Polres Kuningan Kompol Endang Kusnandar, Kasat Lantas AKP Vino Lestari, Ka BO Kapusdempom dan perwakilan Dinkes, Jasa Raharja serta unsur terkait lainnya.

Baca Juga:  Siap Bertanggung Jawab, Bupati Takziah ke Rumah Duka Korban Kecelakaan Maut Sindangagung

Tes urine kepada para sopir bus ini dimulai pukul 07.00-12.00 WIB. Sebanyak 26 sampel yang diperoleh untuk dilakukan uji menggunakan rapid test narkoba. Hasilnya, enam parameter dan 26 sampel urine dinyatakan negatif narkoba.

Gandeng BNN, Dishub Kuningan Tes Urine Sopir Bus Angkutan Lebaran di Terminal Kertawangunan
Kepala Dishub Kuningan HM Mutofid (kedua dari kiri) dan Kepala BNNK Kuningan AKBP Yaya Satyanegara, dan jajaran masing-masing, foto bersama usai kegiatan tes urin para sopir di Terminal Kertawangunan, Kuningan.

Dalam keterangannya, Kepala BNN Kabupaten Kuningan AKBP Yaya Satyanegara SH MH, mengungkapkan, pemeriksaan tes urine tersebut dilaksanakan untuk mengetahui apakah pengemudi mengkonsumsi narkoba atau tidak. Karena keselamatan penumpang yang melakukan mudik berada di tangan sopir.

“Jangaan sampai terjadi yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan akibat kelalaian pengemudi angkutan,” ungkap Yaya.

Ikut menambahkan, Kepala Dishub Kuningan HM Mutofid. Didampingi Kepala Bidang Angkutan Sukirman, Mutofid mengatakan, kegiatan seperti ini rutin tiap tahun dilakukan, sebagai bentuk perlindungan keamanan warga Kuningan yang akan mudik Lebaran Idul Fitri.

“Kita tidak hanya pemeriksaan narkotika, tapi dilakukan juga pemeriksaan kendaraan, surat-surat, serta fisik bagi pengemudi bus,” kata Mutofid.

Hal tersebut, lanjut Mutofid, bertujuan untuk memastikan para pengemudi yang bertugas mengantar penumpang antar kota/ antar provinsi, berada dalam kondisi sehat dan prima. Sehingga potensi kecelakaan bus pun dalam perjalanan mudik dapat dihindari.

Baca Juga:  Dede Ismail Beri Sinyal H Rokhmat Ardian Nyaleg RI dari Partai Gerindra, Karena Iwan Bule Targetnya Gubernur Jabar

Cek Juga

Gasspool! Karang Taruna Luncurkan Program Pendataan Pengurus Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan

Gasspool! Karang Taruna Luncurkan Program Pendataan Pengurus Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan

SiwinduMedia.com – Sesuai dengan amanat pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, mengenai keteraturan database pengurus …