Ramadhan Ceria di MTs Negeri 3 Kuningan
Sejumlah siswi MTs N 3 Kuningan, sedang melaksanakan kegiatan Ramadhan Ceria, Rabu (12/4/2023). FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/SIWINDUMEDIA.COM

Ramadhan Ceria di MTs Negeri 3 Kuningan

SiwinduMedia.com – Momentum Ramadhan tahun 1444 Hijriah di MTs Negeri 3 Kuningan, diisi dengan berbagai kegiatan amaliah yang dibingkai dalam Acara Ramadhan Ceria. Acara tersebut bertema “Memperluas Kebaikan untuk Keberkahan Bangsa”.

Untuk seluruh kegiatan selama Ramadhan ini, siswa diharuskan mengisi aktivitas ibadah individu mereka pada Buku Mutaba’ah, yang kemudian akan dievaluasi pengisian dan pelaksanaannya oleh Guru dan Wali Kelas.

Adapun rangkaian kegiatan siswa dimaksud, yakni setiap hari diawali dengan membaca atau muroja’ah hafalan Al-Qur’an di kelas masing-masing. Kemudian ada lagi tadarus jama’i dibimbing langsung oleh guru Qur’an.

Untuk kegiatan mengasah kreatifitas siswa dilanjutkan dengan Ramadhan crafting, yakni dengan praktek pembuatan kaligrafi, kartu ucapan ldul Fitri, pembuatan poster Ramadhan dengan menggunakan aksara sunda, serta pembuatan kemasan ketupat lebaran.

Kegiatan lainnya, yakni tebar takjil kepada masyarakat di Desa Sukamulya Kecamatan Cigugur dan sekitarnya. Sedangkan untuk mengisi kegiatan di rumah dan lingkungannya, para siswa diarahkan untuk aktif mengikuti program Ramadhan, yang diselenggarakan di desa atau lingkungannya masing-masing.

Baca Juga:  Sahur, Sahur..!! Ibu-Ibu Bangunkan Sahur, Keliling Gang Sambil Karaokean

Dalam kegiatan ini, mereka dibekali dengan perangkat instrumen dari guru, dengan diberi tajuk Ramadhan asyik di desaku.

Tak berhenti sampai disitu, kegiatan lainnya yang dilakukan siswa, yakni pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah yang dilaksanakan oleh Amil Zakat MTs N 3 Kuningan.

Menurut Ketua Panitia, Maman Sumari MPdI, kegiatan Ramadhan Ceria ini bertujuan untuk melatih dan memotivasi para siswa, untuk mempraktekan amaliah ibadah di bulan yang penuh berkah.

Selain itu juga, kegiatan tersebut memadukan antara pengetahuan, praktek langsung serta proses pembiasaan keagamaan siswa, ditambah dengan pengembangan kreatifitas motorik. Sehingga memberikan kesan ceria para siswa dalam menjalani puasa ramadhan.

“Dalam kegiatan ini, siswa diharapkan memiliki empati serta kepekaan dengan sesama. Seperti pada tebar takji dan distribusi zakat, sehingga diharapkan para siswa memiliki keshalehan sosial sebagai bekal di masyarakat,” ujarnya, Rabu (12/4/2023).

Sementara itu, Kepala MTsN 3 Kuningan (dulu MTs Model Cigugur) H Soiman Iman Santoso MA, mengatakan, kegaiatn Ramadhan Ceria yang melibatkan seluruh siswa serta guru ini, dimaksudkan agar terjalin kebersamaan antara guru dengan siswa, sehingga tercipta suasana kekeluargaan yang menceriakan.

Baca Juga:  Sekda Buka Ruang Komunikasi Konflik antara Desa Trijaya Dengan BTNGC

“Selain itu juga supaya tercipta spirit Ramadhan tahun 1444 Hijriah untuk semua dengan menggali potensi diri, kreatifitas serta semangat berbagi,” terang Soiman.

“Tentunya, kami merasa bangga dengan semangat para siswa dan guru, yang sangat antusias mengikuti acara ini,” pungkasnya dengan mengangkat dua jempol dan senyum tanda bahagia.

Cek Juga

Sekolah 'Keukeuh' Study Tour, Kadisdik: Penuhi Dulu Persyaratannya

Sekolah ‘Keukeuh’ Study Tour, Kadisdik: Penuhi Dulu Persyaratannya

SiwinduMedia.com – Atas kecelakaan bus di jalanan Ciater, Subang, Jawa Barat, yang mengangkut rombongan pelajar …